Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Feb 2020 05:25 WIB

TRAVEL NEWS

Imbas Virus Corona, Pemerintah Setop Penerbangan Indonesia-China Mulai Hari Ini

Danang Sugianto
detikTravel
Pesawat tipe A-330 milik Batik Air melakukan persiapan untuk menjemput Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China, di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Sabtu (1/2/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/gp/hp.
Ilustrasi pemerintah hentikan sementara penerbangan dari dan ke China. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia resmi menyetop penerbangan langsung ke dan dari China mulai Rabu (5/2/2020) tepat pukul 00.00 WIB. Itu untuk mencegah penyebaran virus corona.

Jumlah korban jiwa akibat virus corona terus bertambah. Hingga Selasa (4/2), korban yang meninggal dunia menembus angka 400.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, pun memutuskan untuk menghentikan penerbangan ke dan dari China. Keputusan itu diambil setelah para menteri melakukan rapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Budi Karya mengabaikan kritis dari China.

"Iya (tetap berlaku)," ujarnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

Selain menyetop sementara penerbangan langsung, pemerintah juga menghentikan sementara pemberian bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara China. Tak hanya angkutan udara, kebijakan itu juga berlaku untuk angkutan laut. Pemerintah menunda pelayaran dari dan ke China.

"Kalau kita bicara tentang mengapa itu dilakukan dan bagaimana dilakukan, Kemenhub mengacu kepada koordinasi dari pada me-manage bahaya corona dengan leading sektor Kemenkes dan Kemenlu," ujar Budi Karya.

Sementara itu, skema ganti rugi penumpang yang sudah membeli tiket akan ditentukan saat rapat dengan maskapai dan operator bandara yang rencananya digelar Rabu ini. Untuk sementara waktu Kementerian Perhubungan menyerahkan penyelesaian dengan penumpang tersebut kepada masing-masing maskapai.

"Ya kan kita secara informal sudah memberikan arahan untuk memberikan satu solusi kepada customer. Pasti mereka punya cara sendiri-sendiri ya. Kita bakukan setelah rapat. Nantinya kita bisa arahkan, tapi sementara kita serahkan (kepada maskapai)," Budi Karya menuturkan.



Simak Video "Kemenhub Minta Tiket Pesawat ke Bali, Sulut, dan Kep. Riau Didiskon"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA