Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Feb 2020 05:15 WIB

TRAVEL NEWS

Duh, Babon 'Culik' Bayi Singa di Afrika

Syanti Mustika
detikTravel
babon culik bayi singa
Foto: kurtsafarico/Instagram
Johannesburg -

Tingkah babon di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan ini sangat lucu dan mengherankan. Dia menculik seekor bayi singa dan merawatnya seolah singa itu adalah anaknya.

Dilansir detikcom dari beragam sumber, Rabu (5/2/2020) aksi babon menculik bayi singa itu terjadi di Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan. Babon jantan ini terlihat membawa bayi singa dan memanjat sebuah pohon.

Video pemandangan tidak biasa ini pun viral di Instagram dan Youtube. Dalam keterangannya kepada The Associated Press, operator Taman Nasional Kruger, Kurt Schultz, mengatakan bahwa babon jantan ini memperlakukan bayi singa ini seperti anak babon.

"Babon jantan memang suka merawat dan menjaga. Namun ini adalah pemandangan tidak biasa dimana babon jantan merawat bayi singa dan memperlakukannya seperti bayinya. Dan cara babon jantan merawat bayi sama seperti babon betina merawat anaknya.

[Gambas:Instagram]

Kurt mengatakan dia melihat bayi singa digendong babon pada Sabu pagi minggu lalu. Terlihat di sekitar mereka banyak babon lain berkumpul di pohon yang sama. Tak lupa mereka memfoto dan memvideokan pemandangan tidak biasa ini.

Diduga para babon ini menemukan bayi singa ini saat mereka sedang mencari makanan. Bisa jadi bayi singa ini disembunyikan induknya di sela-sela batu dan ditinggal berburu.

Babon adalah hewan yang sangat kuat dan protektif terhadap bayinya. Bisa jadi saat mereka menemukan bayi singa ini terjadi perkelahian sesama mereka, hingga dimenangkan oleh babon jantan ini.

[Gambas:Instagram]

Dalam video yang beredar, terlihat babon menggendong bayi singa dengan santai. Dia juga melompat dari satu pohon ke pohon lain sembari sebelah tangannya menggendong bayi singa.

Babon jantan itu juga memijat dengan merebahkan bayi singa itu di dahan kayu. Dia juga terlihat mencari kutu di bulu-bulu bayi singa ini.

Namun sayang, walau pemandangan ini unik nasib bayi singa ini sangatlah terancam. Dalam video terlihat dia sangat lemas dan dehidrasi.

Kata Schultz peluang anak singa ini selamat sangat kecil. Karena pasukan babon jantan sangat kuat, seekor singa dewasa pun tidak akan bisa mengalahkan rombongan babon jantan.

"Walau terlihat babon itu menjaga bayi singa, namun sifat natural dari predator tidak bisa kita elakkan. Bayi singa tetaplah predator dan ini akan menjadi ancaman bagi babon. Saya telah sering mendengar babon membunuh bayi macan tutul dan bayi singa. Jadi nasib bayi singa di tangan babon tidak bisa kita prediksi," katanya.














Simak Video "Bayi Beruang Madu yang Lucu, Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA