Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Feb 2020 12:00 WIB

TRAVEL NEWS

Berkaca dari Parasite, Mengapa Orang Korea Terobsesi pada Pendidikan?

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Berkaca dari Parasite, Mengapa Orang Korea Terobsesi pada Pendidikan?
Cuplikan film Parasite (Istimewa)
Seoul -

Film Parasite dibanjiri berbagai penghargaan, termasuk jebol ke ajang Oscar 2020. Film ini mendapatkan penghargaan di kategori, best director, best international film dan best original screenplay di Oscar 2020. Film ini mengangkat berbagai isu sosial masyarakat Korea, salah satunya obsesi pada pendidikan.

Ketika menonton Parasite, penonton tak cuma disuguhi sinematografi film yang apik dan akting para pemainnya yang ciamik. Melalui film itu, penonton juga diajak untuk mengetahui berbagai persoalan yang dialami masyarakat Korea Selatan, salah satunya mengenai kesenjangan sosial dalam akses mendapatkan pendidikan.

Bila traveler ingat, film ini dibuka dengan realita hidup keluarga Kim Ki Taek yang tinggal di sebuah hunian sempit dan kotor. Di sana ia tinggal bersama istri dan kedua anaknya, Kim Ki Woo dan Kim Ki Jung.

Belakangan diketahui bahwa Ki Woo sang anak lelaki punya kecerdasan di atas rata-rata meskipun ia berkali-kali gagal masuk perguruan tinggi. Nasibnya tak beda jauh dengan adik perempuannya, Ki Jung yang gagal masuk sekolah seni.

Ki Woo dan Ki Jung gagal meraih mimpinya masuk universitas ternama karena mereka miskin. Padahal mereka punya kecerdasan yang dibuktikan dengan kesanggupan mereka menjadi guru les privat untuk anak-anak orang kaya.

Sebaliknya, anak-anak orang kaya dari keluarga Park yang mendapatkan pengajaran privat dari Ki Woo dan Ki Jung harus dipaksa orang tua mereka untuk belajar dan mendapatkan pendidikan terbaik. Dalam film itu, kita dapat melihat bagaimana anak perempuan keluarga Park belajar mati-matian dengan bantuan Ki Woo untuk dapat lolos tes bahasa Inggris.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA