Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Feb 2020 20:48 WIB

TRAVEL NEWS

Traveler Bisa, Lo, Berpartisipasi Laporkan Bencana

Syanti Mustika
detikTravel
Penanganan banjir di Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumut (Dok. BNPB)
Ilustrasi banjir. BNPB merancang sistem yang memudahkan traveler melaporkan bencana dis ekitarnya. (Dok. BNPB)
Jakarta -

Wilayah Indonesia sangat berpotensi mengalami bencana alam. Sekarang, traveler bisa berpartisipasi dalam menyikapi bencana dengan platform dari BNPB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) hari ini meluncurkan platform PetaBencana.id. Ini adalah platform yang menampilkan atau memvisualisasikan secara realtime kejadian bencana-bencana sesuai yang dilaporkan masyarakat di media sosial dan aplikasi lokal.

"Dengan adanya petabencana.id kita berharap bencana yang sedang terjadi bisa diketahui publik, hingga bisa meminimalisir kerusakan dan korban. Selain itu, dari data yang kita kumpulkan bisa diketahui daerah mana yang rawan bencana. Hingga kita bisa antisipasi ke depannya," ujar Doni Monardo, kepala BNPB, Selasa (11/2/2020) di Graha BNPB Jakarta.

Adapun peta yang ditampilkan merupakan gabungan dari data infrastruktur suatu wilayah yang diintegrasikan dari kanal media sosial, aplikasi lokal, jurnalisme warga dan badan pemerintahan.

Karena bergerak dari data media sosial, jadi siapapun bisa berpartisipasi dalam siaga bencana. Caranya dengan mang-upload dalam media sosial seperti Twitter, atau mengirim pesan melalui Telegram dan Facebook. Nantinya, petabencana-id akan mengumpulkan data-data lalu membagikannya di platform, hingga bisa diakses oleh semua orang.

Dengan menyertakan hastag bencana alam, lalu tag akun Peta Bencana, sertakan juga foto atau video lengkap dengan keterangan tempat, waktu dan suasana di sana. Tidaklah sulit, karena hal seperti ini biasa kita lakukan dalam bermain di media sosial kan?

Jadi dimanapun dan siapapun bisa mengabari sesama untuk saling menjaga demi meminimalisir bencana alam. Juga dengan adanya platform ini, kita bisa mengecek dahulu keadaan tempat yang ingin kita lalui sebelum berkendara atau keluar rumah. Bisa buat jaga-jaga kan?





Simak Video "Pemerintah: Beberapa Provinsi Mulai Terkendali, Kita Sarankan Relaksasi"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA