Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Feb 2020 11:07 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Formula E, Jakarta Targetkan 2,5 Juta Wisatawan Tahun 2020

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Tempat wisata Jakarta di malam hari
Jumlah wisatawan tahun ini ditargetkan mencapai lebih dari 2,5 juta orang (Foto: Pool)
Jakarta -

DKI Jakarta sebagai ibu kota Indonesia dan kota metropolitan punya beragam pesona wisata mulai dari gaya hidup, wisata sejarah, budaya, kuliner, hingga alam. Setiap tahunnya, Jakarta juga punya berbagai event berskala lokal, nasional hingga internasional seperti Java Jazz sampai Formula E yang pertama kali akan dilaksanakan di Indonesia tahun 2020 ini.

Melihat berbagai potensi tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia mengungkapkan optimismenya untuk menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke Jakarta tahun ini.

"Target tahun 2020 bisa di atas 2,5 juta,"katanya saat ditemui detikcom pada Jumat (7/2/2020).

Kepala Disparekraf Jakarta menjelaskan penurunan jumlah wisatawan tahun 2019 karena dampak tahun politik.Kepala Disparekraf Jakarta menjelaskan penurunan jumlah wisatawan tahun 2019 karena dampak tahun politik. (Foto: Ari Saputra/detikcom)

Menurutnya, jumlah ini realistis untuk dicapai mengingat akan ada berbagai event dan pengembangan pariwisata yang akan dilakukan Disparekraf, termasuk mengembangkan dua destinasi Jakarta yang masuk dalam 10 kawasan pariwisata prioritas nasional yaitu Kota Tua dan Kepulauan Seribu.

"Kita ke depan akan lebih banyak memasarkan fokus kepada market ya untuk Kepulauan Seribu dan kita juga fokus pada market-market seperti MICE. Terus juga ada beberapa kawasan-kawasan baru yang memang sedang dibangun untuk pariwisata seperti Kemang area, Cikini, Mbloc, dan Thamrin 10 itu juga jadi destinasi wisata baru,"ujarnya.

Setiap tahun kunjungan wisatawan ke Jakarta memang berkisar di angka 2 juta, namun menurut Cucu, Jakarta mengalami penurunan jumlah wisatawan pada tahun 2019 bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Kunjungan tahun kemarin 2,4 juta wisatawan di Jakarta dan memang ada penurunan dari tahun 2018. 2018 itu mencapai 2,8 juta lebih,"tuturnya.

Penyebab penurunan ini menurut Cucu karena pada 2019 lalu Indonesia sedang memasuki tahun politik. Pada saat itu terjadi beberapa kali demonstrasi di Jakarta sehingga itu berdampak pada keinginan wisatawan berlibur ke Jakarta.

"Ini diakibatkan karena kita menghadapi tahun pemilu. Jadi orang agak menahan diri untuk ke Jakarta. Makanya kita bikin banyak event tahun ini supaya persepsi Jakarta aman itu bisa pulih,"tutup cucu.



Simak Video "Bocoran Agenda Wisata Jakarta di 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA