Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Feb 2020 20:20 WIB

TRAVEL NEWS

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memesan Tiket Kereta Mudik Lebaran

Femi Diah
detikTravel
lowongan kerja kereta cepat Jakarta-Bandung (Dok KCIC)
Perhatikan lima hal ini saat memesan tiket kereta mudik lebaran ya, jangan sampai salah pesan. (Dok KCIC)
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) membuka pemesanan tiket kereta untuk mudik lebaran 2020 mulai tengah malam nanti. Traveler harus memperhatikan sejumlah hal agar tak salah pesan.

Tiket kereta mudik lebaran dijual melalui website PT KAI (Persero), aplikasi KAI Access, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya mulai Jumat (13/2/2020) pukul 00.00.

Pemesanan tiket pada dini hari tersebut digunakan untuk mudik pada H-10 lebaran. PT KAI menyediakan tiket sebanyak 879.736 lembar tiket untuk periode mudik lebaran 2020 sepanjang 22 hari.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, menyampaikan tips kepada traveler yang akan memesan tiket nanti malam. Selain itu, online travel agent pegipegi juga menyampaikan sejumlah trick. memberi tips supaya calon penumpang bisa mendapatkan tiket sesuai hari dan jam keberangkatan yang diinginkan.

Menurut Edi, para calon penumpang harus lebih teliti dalam menginput tanggal, rute, serta data diri saat melakukan pemesanan. Ada baiknya, kata Edi, calon penumpang bisa merencanakan perjalanan sebaik mungkin sebelum memesan tiket.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat memesan tiket kereta api mudik lebaran:

1. Perhatian Tabel Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Mudik Lebaran

Agar tak salah pilih tanggal mudik lebaran, traveler harus cermat menentukan waktu pesan. Tiket lebaran yang disediakan nanti malam merupakan tiket untuk mudik H-10 Idul Fitri.

Jadi, pastikan untuk memesan di waktu yang tepat agar tak mudik lebaran tak berbuntut masalah di kantor.

2. Koneksi Internet Saat Pesan Tiket Mudik Lebaran

Jangan sampai ada masalah koneksi internet saat pemesanan dibuka. Koneksi internet yang stabil menjadi salah satu penentu keberhasilan traveler untuk mendapatkan tiket mudik lebaran.

Sebab, biasanya pemburu tiket kereta mudik lebaran berkali lipat dibandingkan musim libur lainnya.

3. Pesan Tiket Kereta Mudik Lebaran Melalui Channel Resmi

Tiket mudik lebaran dijual melalui website PT KAI (Persero), aplikasi KAI Access, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. PT KAI memiliki apps yang bisa diunduh melalui smartphone kalian.

Tujuannya, untuk menghindari penipuan, gangguan sistem, atau adanya biaya jasa yang tidak wajar. Lalu, saat akan memesan tiket Lebaran, pastikan koneksi internet stabil, siapkan juga rute atau tanggal alternatif perjalanan, serta cek ketersediaan tiket secara berkala.

4. Jangan Keliru Memasukkan Data Saat Pesan Tiket Kereta Mudik Lebaran

Kesalahan data bisa berakhir runyam, namun justru menjadi masalah yang kerap muncul dalam pemesanan tiket kereta. Termasuk saat musim mudik lebaran. Baik data pemesan sesuai KTP atau data stasiun awal dan akhir, serta tanggal pemesanan.

5. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat Saat pesan Tiket Kereta Mudik Lebaran

Soal pembayaran juga kadang menjadi masalah yang muncul saat memesan tiket. Makanya, cermat mencatat virtual account ataupun pemesanan.

Selain itu, pastikan tersedia dana untuk membeli tiket kereta mudik lebaran.



Simak Video "Catat! Mulai 15 Mei KAI Ubah Jadwal Pengoperasian Kereta Luar Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA