Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Feb 2020 06:48 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Check In Pesawat Lion Air, Mudah dan Antiribet

Tri Suharyati
detikTravel
beli tiket pesawat
Ilustrasi cara check in pesawat (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Lion Air memberikan opsi kepada traveler untuk check in di pesawat. Cara check in Lion Air baik secara langsung maupun online ini bisa menjadi panduan.

Lion Air merupakan pesawat yang sering dijadikan kendaraan untuk berpergian dengan jarak yang jauh. Untuk kamu yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum keberangkatan.

Check in merupakan hal yang wajib kamu lakukan sebelum kamu melakukan penerbangan. Namun, untuk sebagian orang yg baru melakukan penerbangan akan merasa ribet saat check in.

Cara check in juga bisa dilakukan secara langsung di bandara, dan bagi kamu yang malas antre bisa melakukan check in via online loh! Berikut cara check in Lion Air langsung dan online dirangkum dari beberapa sumber.

1. Datang ke Bandara

Tentu, untuk melakukan check in secara langsung, kamu harus berada di bandara terdekat. Hal itu untuk mempermudah kamu melakukan check in.

2. Siapkan Tiket

Kamu harus menyiapkan tiket, paspor, visa, KTP dan data keterangan kesehatan yang valid. Karena, setelah tiba di bandara, kamu harus menunjukkan semua tanda pengenal agar diizinkan masuk.

3. Membawa Bagasi Secukupnya

Barang bawaan di bagasi itu terbatas. Jadi, bawalah barang yang diperlukan saja. Barang bawaan kamu akan di cek menggunakan metal detector, alat ini berfungsi memeriksa seluruh barang bawaan kamu.

4. Ketahui Maskapai yang Digunakan

Di beberapa bandara, setiap maskapai memiliki konter check-in tersendiri, bahkan di Bandara Soekarno-Hatta setiap maskapai berada di terminal yang berbeda-beda, sehingga kamu harus tahu betul maskapai apa yang digunakan dan di mana posisi konter check-in maskapai kamu.

5. Melakukan Check In

Serahkan tiket yang sudah kamu miliki kepada petugas dan letakkan barang bawaan mu di tempat metal detector. Setelah itu, koper kamu akan diberikan label sebagai bukti penumpang dan kamu akan mendapatkan boarding pass yang berisi informasi nomor tempat duduk beserta informasi gerbang keberangkatan kamu.

Cara Check In Online

1. Buka Website Lion Air

Buka website resmi Lion Air. Kamu akan masuk ke situs resmi dari Lion Air untuk melakukan chekc in.

2. Isi Kode Booking Tiket

Selanjutnya, kamu perlu menuliskan kode booking pesawat yang diperoleh saat membeli tiket. Data yang dibutuhkan 2 yaitu kode booking dan nama akhir kamu. Jika sudah diisi klik search dan kamu akan diberitahu barang yang tidak boleh dibawa, setelah itu kamu bisa klik 'No,Continue to Check in'.

3. Pilih Kursi Check In

Pada tahap ini kamu bisa memilih tempat duduk yang sesuai dengan kemauan kamu dengan klik menu personalize flight. Tapi, kamu perlu memastikan data yang kamu isi sudah sesuai dan benar. Selanjutnya klik check in.

4. Cetak Tiket

Setelah semua tahap kamu lakukan, tahap selanjutnya adalah mencetak tiket keberangkatan kamu. Kamu bisa mencetaknya langsung menggunakan printer atau mengirimnya terlebih dahulu ke email dan cetak. Boarding pass yang sudah dicetak harus kamu bawa sebagai bukti kepemilikan tiket pesawat.



Simak Video "dYouthizen: A New Basecamp for YOU!"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA