Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Feb 2020 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Pendaki Ini Selamat dari Badai Ganas Berkat Aplikasi Ponsel

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pendaki di Gunung Ben Nevis
Pendaki terjebak badai di Gunung Ben Nevis, Inggris (Foto: CNN)
Jakarta -

Persiapan yang matang sangat diperlukan saat mendaki gunung. Nah, para pendaki ini tak siap di peralatan dan terjebak badai.

Beruntung bagi para pendaki itu karena diselamatkan sebuah aplikasi yang mereka pasang di ponselnya. Dilansir CNN, Kamis (13/2/2020), tim penyelamat gunung ini menggunakan aplikasi What3words untuk menemukan empat pendaki yang terjebak dalam badai salju.

Para pendaki itu terdampar di dekat puncak gunung tertinggi di Inggris. Tim penyelamat gunung asal Skotlandia yang melacak mereka.

Para turis terdampar dalam badai salju di Gunung Ben Nevis. Mereka pergi untuk mendaki dan malah tersesat.

Lebih buruk lagi adalah kelompok pendaki itu tidak siap menghadapi cuaca. Mereka hanya mengenakan sepatu kets dan tidak memiliki kapak es, crampon, atau peta.

Namun, kelompok pendaki beruntung karena ponselnya masih terhubung dengan sinyal seluler. Dan, di ponsel itu, ada sebuah aplikasi bernama What3words.

Pendaki Ini Selamat dari Badai Berkat Aplikasi PonselPendaki terjebak badai di Gunung Ben Nevis, Inggris (Foto: CNN)

Tim Penyelamat Gunung Lochaber Skotlandia menggunakan aplikasi itu untuk menemukan para pendaki pada Senin malam. What3words berfungsi sebagai GPS yang ramah pengguna, ada tiga kata sederhana di hampir semua lokasi di planet ini.

Para pendaki yang terjebak badai itu harus menahan suhu dingin -20 derajat tanpa peralatan atau pakaian yang memadai. "Tanpa memiliki perlengkapan musim dingin dan peralatan mendaki lainnya," kata tim penyelamat di Facebook.

"Tiga dari mereka dalam masa pelatihan. Mereka 150 meter di bawah ke Coire Eoghainn di atas es curam dan jika mereka tergelincir maka bisa terjadi hal-hal yang tak diinginkan," imbuh dia.

Keempat orang itu diangkut dengan helikopter ke Rumah Sakit Belford setelah diselamatkan. Tim penyelamat memberi pujian karena para turis itu mampu bertahan di cuaca paling ekstrem sepanjang tahun ini.

Gunung Ben Nevis merupakan destinasi wisata yang populer. Gunung ini yang tertinggi di Kepulauan Inggris, setinggi 1.343 mdpl.

Pada Maret 2019, dua pendaki tewas dan dua lainnya terluka setelah terjadi longsor di Gunung Ben Nevis.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA