Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Feb 2020 17:47 WIB

TRAVEL NEWS

9 Saran yang Bikin Dunia Penerbangan Jadi Nyaman untuk Traveler

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ilustrasi Bandara
Ilustrasi penumpang di bandara (Foto: iStock)
Jakarta -

Berbagai perubahan mesti dilakukan bandara dan maskapai untuk kenyamanan penumpangnya. Setidaknya, ada sembilan saran agar penerbangan lebih sip.

Dilansir CNN, ada yang mengeluh karena kursi terlalu kecil hingga tak adanya terminal pengisian daya ponsel. Beberapa ahli penerbangan memberi pandangannya untuk perubahan ini.

Apa saran-saran agar penerbangan nyaman untuk traveler?

1. Perbolehkan penumpang sakit tak terbang

Orang sakit tidak boleh dihukum karena tidak ingin terbang, kata seorang pakar. "Dalam hal ini, pihak maskapai memungkinkan pengubahan tiket penerbangannya, terlebih sekarang ada wabah virus Corona," kata travel blogger Johnny "Jet" DiScala.

Beberapa maskapai mau mengubah jadwal tiket dan memberikan keringanan karena virus Corona. Penalti pengubahan jadwal tiket di AS sangat mahal sampai USD 200. Ada yang tak membayar biaya perubahan seperti dari Southwest Airlines, namun harus membayar selisih tarif.

2. Perbanyak penerbangan ke kota-kota kecil

Penerbangan memberi efek positif bagi suatu kota terutama terkait pertumbuhan ekonomi. "Kurangnya layanan tentu saja dapat menghambat kemampuan kota untuk menarik bisnis baru," kata sejarawan penerbangan Janet Bednarek, seorang profesor di University of Dayton Ohio.

Baca juga: Maskapai Ini Minta Penumpang Nyebelin Dilaporkan

3. Tingkatkan keamanan bandara

Di Amerika Serikat, para penumpang yang diwawancarai menginginkan pengalaman keamanan TSA yang lebih baik. "Saya ingin melihat lebih banyak teknologi, seperti tempat sampah otomatis hingga pelayanan yang tak rumit," kata pakar penerbangan Benet Wilson, editor The Points Guy.

9 Saran yang Bikin Dunia Penerbangan Jadi Lebih BaikIlustrasi penumpang di bandara (Foto: iStock)

4. Buat bandara yang nyaman dan tenang

Pelanggan lama United Airlines dengan lebih dari satu juta mil poin, Peter Sasaki, ingin merasakan bandara yang sepi dan tenang. Kata dia, bandara saat ini lebih seperti pusat perbelanjaan karena kebisingan dan stan ritelnya.

5. Perbaguslah konter check in

Bednarek berharap adanya tempat duduk yang lebih nyaman di check in, lebih banyak eskalator hingga pembangunan loker bagi penumpang yang singgah panjang atau delayed.

6. Perluas ruang kaki

Orang-orang yang tinggi harus tersiksa saat duduk di kursi pesawat ekonomi. Kata konsultan keamanan penerbangan, Jeff Price,hal itu tak memungkinkan evakuasi dalam 90 detik karena tidak memiliki cukup ruang.

7. Sediakan colokan listrik

Terminal pengisian daya ponsel di pesawat menjadi hal yang tidak hanya diharapkan tapi diperlukan. Kapan realisasinya?

8. Tingkatkan keamanan

Boeing dan FAA harus menyelesaikan masalah dengan Boeing 737 MAX hingga bisa membuatnya terbang lagi, kata Bednarek. Namun, perbaikannya harus sesuai aturan, karena ketakutan penumpang masih menyertainya.

9. Buatlah penerbangan yang ramah lingkungan

Semua penumpang berharap adanya pembaruan yang berarti terkait isu lingkungan. Penerbangan selalu disorot karena dianggap sebagai salah satu penyumbang emisi karbon terbesar di dunia.



Simak Video "Tiket Pesawat Mahal, KPPU Periksa 7 Maskapai"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA