Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Feb 2020 08:23 WIB

TRAVEL NEWS

Sama-sama Identik dengan Nomor 24, Hiu Putih Ini Dinamai Kobe Bryant

Femi Diah
detikTravel
hiu putih dinamai Kobe Bryant
Hiu putih dinamai Kobe Bryant. (Instagram Michael Domeier)
Jakarta -

Seekor hiu putih jantan di Laut Pasifik dinamai Kobe Bryant. Hiu putih itu, seperti legenda basket LA Lakers itu, sama-sama identik dengan nomor 24.

Tribute untuk Kobe (41 tahun) terus mengalir. Legenda NBA itu tewas dalam kecelakaan helikopter pada 27 Januari 2020 dini hari WIB di kawasan Calabasas, California.

Termasuk dari Institut Sains Konservasi Laut dan konservasi hiu Shark Diver di San Diego. Presiden dan Direktur Eksekutif Institut Sains Konservasi Laut, Michael Domeier, mengenang Kobe dengan menamai seekor hiu putih dengan nama pemain yang memiliki lima cincin juara NBA itu.

Bukan sembarang hiu yang diberi nama Kobe. Hiu itu dipilih karena selama ini ditandai sebagai hiu nomor 24, yang merupakan nomor Kobe bersama LA Lakers.

Ya, Institut Sains Konservasi Laut mendata hiu-hiu di Pulau Guadalupe sejak 2003. Nah, untuk memonitor hiu yang melewati kawasan itu, mereka menandai dengan penomoran. Sejauh ini, ada 312 hiu putih yang terdata.

"Saat tinggal di California Selatan selama Kobe Bryant menjalani karier di La Lakers. Secara pribadi saya terkejut dengan meninggalnya dia, meskipun faktanya saya sangat jauh sekarang dengan ada di Patagonia," kata Domeier seperti dikutip CCN.

Selain itu, Kobe memang sempat menyelam bersama hiu-hiu di sana. Martin Graf, yang memotret hiu nomor 24 itu, juga memotret Kobe saat menyelam ke habitat hiu pada 2013.

Graf juga pemilik Shark Diver. Dia kerap membawa traveler ke Pulau Guadalupe yang ingin menyaksikan tempat hidup alami hiu-hiu putih. Termasuk Kobe.

"Dia datang ke camp kami dan menghabiskan waktu beberapa hari di sana. Dia naik kapal dan mendatangi tempat penangkaran hiu itu," ujar juru bicara Shark Diver, Cindy Michael, yang mewakili Graf.

Cindy bilang Kobe sudah menyukai hiu sejak kecil saat dia tinggal di Italia. Dia juga terinspirasi hiu saat mendesain sepatu Nike. Dalam artikel di The Player's Tribune Kobe bahkan mempelajari hiu putih itu untuk membantunya menghadapi satu lawan satu dengan pemain Philadelphia 76ers Allen Iverson.

Cindy juga mengungkapkan satu kisah kocak saat Kobe menyelam. Dia tetap memakai sneakers untuk melihat penangkaran.

"Kami enggak memiliki sepatu besar untuknya makanya dia tetap memakai sneakers miliknya," kata Cindy.



Simak Video "Kejutan di Pertandingan Perdana LA Lakers Usai Kepergian Kobe "
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA