Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Feb 2020 18:05 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Indonesia Bikin Wisata Singapura Makin Makmur

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Ini Jumlah Turis Indonesia yang Berbondong-bondong ke Singapura di 2019
Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom
Jakarta -

Turis Indonesia berbondong-bondong ke Singapura di tahun lalu. Ya, negara kita adalah pangsa pasar terbaik bagi Negeri Singa selepas China.

Dalam pemaparan Year-In-Review 2019: Media & Trade Gathering, Selasa (18/2/2020), dijelaskan bahwa jumlah kunjungan dan pendapatan dari wisatawan Indonesia ke Singapura mencapai rekor tertinggi di 2019. Namun di awal tahun, negara itu menghadapi tantangan dengan mewabahnya COVID-19.

"Sektor pariwisata Singapura mencatat pertumbuhan dalam jumlah kunjungan wisatawan dan pendapatan pariwisata di 2019. Sebuah tren baik yang terjadi selama empat tahun berturut-turut," kata Mohamed Firhan Abdul Salam, Area Director Singapore Tourism Board Indonesia.

"Tingkat kunjungan wisatawan (visitor arrivals) secara global ke Singapura naik 3.3% pada 2019 mencapai 19,1 juta wisatawan, dengan total penerimaan pariwisata 1 (Tourism Receipts) bertumbuh 0,5% sebesar S$27,1 miliar," imbuh dia.

Ini Jumlah Turis Indonesia yang Berbondong-bondong ke Singapura di 2019Mohamed Firhan Abdul Salam, Area Director Singapore Tourism Board Indonesia. (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Lalu, berapakah jumlah wisatawan Indonesia yang mengunjungi Singapura pada tahun 2019? Dan berapa duit yang mereka keluarkan ketika berada di sana.

"Angka kunjungan wisatawan leisure dari Indonesia (+3%) tercatat sebagai salah satu yang memiliki pertumbuhan absolut tertinggi di 2019, bersama Tiongkok (+6%) dan Amerika Serikat (+13%)," ujar Firhan.

"Pada Januari hingga September 2019, angka pendapatan pariwisata dari Indonesia mencapai SGD 2,26 miliar dengan pertumbuhan (6%), pertumbuhan absolut tertinggi secara year-on- year dalam devisa sektor pariwisata," imbuh dia.

Berikut ini negara-negara yang menjadi sumber utama pariwisata Singapura. Penghitungannya dimulai dari angka pertumbuhan kunjungan wisatawan pada 2019, yakni China, Indonesia, Australia, Filipina, Amerika Serikat, Korea Selatan, Inggris, Vietnam, dan Jerman.



Simak Video "Pemerintah Enggan Buka Riwayat Plesiran Pasien Positif Corona, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA