Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Feb 2020 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Spekulasi Dibangun Hotel di Segara Anak Gunung Rinjani, Ini Kata Gubernur NTB

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Gunung Rinjani
Segara Anak Gunung Rinjani (shutterstock)
Jakarta -

Muncul wacana pembangunan hotel atau glamping di kawasan Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gubernur berpesan agar memilih tempat yang tepat untuk pembangunan itu.

Dalam rilis resmi Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), Kamis (20/2/2020), disebutkan akan ada pembangunan glamping (glamour camping) di sekitar Danau Segara Anak. Pembangunan ini akan dilakukan oleh investor dari PT. Rinjani Glamping Indonesia (RGI).

Audiensi pun telah dilakukan dan dihadiri oleh Dinas Pariwisata NTB, Dinas LHK NTB, Dinas ESDM NTB, BPBD NTB, Basarnas, Dinas Pariwisata Lombok Timur, BP Majelis Adat Sasak, Geopark Rinjani, Forum Porter Guide Rinjani hingga Perwakilan Trekking Organizer (TO). Namun Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, mengaku pesan ini belum sampai kepadanya.

Zulkieflimansyah membenarkan rencana itu. Tapi, ada syaratnya.

"Ya namanya usulan boleh saja namun belum masuk ke kami," kata Gubernur NTB Zulkieflimansyah, saat dikonfirmasi detikcom pada Jumat (21/02/2020).

Gubernur akan selalu mendukung segala saran dan investasi yang akan membuat pariwisata NTB semakin baik. NTB akan terbuka dengan usulan semacam ini.

"Setiap investasi kami akan dukung kami sangat mencoba memastikan NTB daerah yang bersahabat sama investasi," ujar Zulkieflimansyah.

Dia berpesan agar investor memperhatikan kawasan yang dipilih untuk dijadikan tempat investasi. Gubernur NTB wanti-wanti agar memerhatikan lahan yang dipilih, tidak sembarang lahan bisa digunakan.

"Tentu ada daerah daerah yang enggak sembarang juga. Jadi pertimbangannya matang tidak sembarang orang bisa ingin membangun di daerah-daerah tertentu," kata Zulkieflimansyah.

Terkait glamping yang berlokasi di sekitar Danau Segara Anak, perusahaan mengklaim akan menjamin dan memastikan tidak akan mencemari sisi ekologi dan estetika Danau ini. Gubernur NTB berpesan agar memerhatikan lahan yang dipilih, tidak sembarang lahan bisa digunakan.

"Rinjani sekarang akan menjadi Geopark Tambora juga begitu. Jadi, nggak sembarang juga bisa membangun tapi bahwa kita akan memfasilitasi investasi di tempat tempat yg lain iya tapi kalau sampai segara anak tentu ada kearifan lokal yang harus dijaga enggak sembarang semua orang bisa membangun sesuai rencana awalnya," kata Zulkieflimansyah.



Simak Video "Teriakan Gembala Pemanggil Sapi Desa Sembalun Rinjani Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA