Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Feb 2020 23:41 WIB

TRAVEL NEWS

Dear Maskapai, Kursi Anak Harus di Samping Orang Tua Dong!

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Ilustrasi anak naik pesawat
Ilustrasi berpergian dengan anak naik pesawat Foto: iStock
Washington -

Tiket ekonomi pesawat mungkin tak terlalu memusingkan traveler yang pergi sendiri. Tapi untuk mereka yang berpergian dengan anak-anak, tiket ekonomi bisa jadi masalah besar gara-gara kursi yang terpisah.

Tanpa memesan kursi (yang biasanya harus ada tambahan biaya), kursi anak-anak bisa saja terpisah dari orang tuanya saat duduk di kabin pesawat. Mending kalau penumpang lain mau menukar kursinya dengan ayah-ibu, tapi bagaimana kalau penumpang lain malas? Bisa saja jadi drama tambahan di pesawat.

Anak yang duduk terpisah dari orang tua ini merupakan hal yang tidak bisa diterima. Demikian anggapan dari Consumer Reports, sebuah media konsumen paling berpengaruh di Amerika. Consumer Reports pun membuat petisi online yang meminta maskapai penerbangan menempatkan keamanan di atas keuntungan.

"Anak di bawah 13 tahun harus duduk bersama keluarga saat terbang, dan tidak boleh dikenakan biaya tambahan saat meminta kursi yang berdekatan," demikian isi petisi itu seperti dikutip dari CNN.

"Anak-anak harus berada di sekitar orang dewasa, jadi mereka bisa mudah ke toilet atau kalau ada hal-hal darurat. Sangat tidak aman buat seorang anak untuk sendirian di pesawat," ujar Direktur Consumer Reports Anna Laitin.

"Jika ada evakuasi darurat dan anak duduk di kursi yang bedanya 10 baris, mana ada orang tua yang akan tenang," ujar Laitin.

Tiket pesawat ekonomi biasanya kalau ingin duduk berdekatan harus dipesan saat booking tiket, dan ada tambahan biaya yang cukup besar.

Petisi ini dibuat secara khusus untuk maskapai di Amerika seperti American, Delta dan United. Juru bicara United Airlines Charlie Hobart mengatakan selama ini mereka sudah menyesuaikan prosedur kursi untuk keluarga. Nama-nama keluarga yang sama biasanya secara otomatis akan duduk secara berdekatan.

Sementara maskapai Delta mengatakan mereka selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen kasus demi kasus. Sedangkan American Airlines mengembangkan cara untuk memastikan agar anak di bawah 15 tahun duduk bareng keluarga yang dewasa.

"Untuk keluarga yang berpergian dengan anak di bawah 15 tahun, sistem kami dalam waktu 48 setelah tiket dipesan akan bekerja untuk menempatkan anak duduk berdekatan dengan keluarga. Ini memastikan anak-anak tidak duduk sendirian," tulis American Airlines.

Nah bagaimana traveler? Pernah mengalami anak-anak duduk jauh dengan keluarga?



Simak Video "Video Mayat dan Puing Pesawat Ukraina Berserakan Usai Jatuh"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA