Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Feb 2020 07:07 WIB

TRAVEL NEWS

Kaldera Gunung Bromo Bisa Dilewati Kendaraan Lagi

Femi Diah
detikTravel
Gunung Bromo
Foto: Ilustrasi naik motor offroad di Bromo (dok. Istimewa)
Jakarta -

Kementerian Lingkungan Hidup mengumumkan car free month (cfm) di kawasan Kaldera Tengger di Gunung Bromo dan wilayah konservasi lainnya usai. Kendaraan roda dua maupun roda empat pun bisa kembali melintas.

Kawasan kaldera lautan pasir Gunung Bromo di Jawa Timur dan wilayah konservasi di sekitarnya memang sempat ditutup untuk kendaraan bermotor. Penutupan itu berlangsung selama satu bulan sejak 24 Januari 2020

Melalui akun Instagram, Kementerian Lingkungan Hidup, mengumumkan kawasan itu bisa dilewati kendaraan bermotor lagi mulai 24 Februari 2020 tepat pukul 00.00.

"Selamat pagi, semangat pagi. #SobatHijau, tepat pukul 00:00 tanggal 24 Februari 2020, pelaksanaan kegiatan Car Free Month (CFM) di kawasan Kaldera Tengger resmi berakhir, sehingga untuk wisatawan yang akan berkunjung sudah dapat menggunakan kendaraan bermotor kembali.

"CFM dilaksanakan sebulan penuh sejak tanggal 24 Januari 2020 untuk menghormati adat wulan kepitu masyarakat Tengger serta dalam rangka pemulihan ekosistem kawasan Kaldera Tengger.

"CFM merupakan salah satu implementasi 10 cara baru pengelolaan kawasan konservasi yaitu penghormatan terhadap adat/budaya (kearifan lokal) masyarakat Tengger, sekaligus merupakan momentum untuk memulihkan ekosistem kawasan Bromo dan sekitarnya.

[Gambas:Instagram]


"Meski aktivitas di Bromo dan sekitarnya sudah mulai berjalan normal kembali, mimin berharap agar Sobat Hijau semua yang ingin berkunjung kesana tetap selalu menjaga kebersihan kawasannya ya, dengan tidak membuang sampah sembarangan, bahkan alangkah baiknya jika sampah tersebut dibawa keluar kawasan oleh Sobat sendiri. .

"Untuk yang bersepeda motor agar tidak membuat jalur baru dengan mengorbankan rumput-rumput yang telah tumbuh asri di savana, dan bagi sahabat yang menggunakan jasa jip, agar dapat menghimbau para supirnya supaya tidak melakukan hal serupa ya.

"Bersama kita jaga alam, jaga lingkungan dan jaga keindahan Bromo.

Salam Lestari."



Simak Video "3 Tempat Sembahyang Umat Hindu di Bromo Rusak, Polisi Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA