Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Feb 2020 16:50 WIB

TRAVEL NEWS

Cegah Corona, India Pindai Penumpang Indonesia dan 9 Negara Lain

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Mewabahnya virus Corona tetap diwaspadai oleh pemerintah Indonesia. Salah satu cara menangkalnya adalah dengan screening pendatang yang masuk dari berbagai pintu ke negara tercinta.
Ilustrasi pemindaian penumpang pesawat (Antara Foto/Aswaddy Hamid)
New Delhi -

India melakukan tindakan preventif untuk mencegah wabah virus Corona di negaranya. Mereka akan memindai penumpang pesawat dari Indonesia dan 9 negara lainnya.

Direktorat Jenderal Penerbangan Komersial India (DGCA) menetapkan sebuah kebijakan baru. Mereka akan memindai (screening) penumpang pesawat dari 10 negara, termasuk Indonesia.


Tindakan itu dilakukan sebagai upaya pencegahan tersebarnya virus Corona di negara mereka. Dirangkum detikTravel, Kamis (27/2/2020), kebijakan tersebut mulai berlaku efektif pada 23 Februari kemarin.

"Pemindaian harus dilakukan sesegera mungkin ketika para penumpang tiba di bandara. Para penumpang juga harus memiliki formulir deklarasi pribadi seperti yang telah diinstruksikan oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India," bunyi pernyataan DCGA seperti dilansir dari Times of India.



Selain penumpang pesawat dari Indonesia, penumpang pesawat dari negara lain seperti Hong Kong, Nepal, Vietnam, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Singapura, dan tentunya China akan dilakukan screening setibanya di India.


Di beberapa bandara, termasuk Bandara Internasional Mumbai dan bandara besar lainnya, kebijakan pemindaian ini sudah dimulai sejak pekan lalu.

DCGA juga mewajibkan seluruh maskapai penerbangan yang melayani rute dari 10 negara tersebut, harus memberitahukan dan mengingatkan para penumpangnya soal pemindaian ini sebelum mereka tiba di India.



Simak Video "Warga India Panik Dilockdown"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA