Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Mar 2020 06:07 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Negara Teraman 2020, Indonesia Terbaik Ke-2 di ASEAN

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Danau di Swiss
Ilustrasi negara Swiss (Foto: Internet)
Jakarta -

Inilah daftar negara teraman di dunia untuk tahun 2020. Namun, tak hanya itu, negara ini juga menyandang gelar termahal di dunia.

Seperti diberitakan Lonely Planet, Swiss jadi negara paling aman sedunia untuk tahun 2020. Negara yang terkenal karena Pegunungan Alpen dan berbagai produknya ini memang sangat menarik banyak wisatawan.

Dalam ranking negara teraman 2020 untuk wisatawan, Swiss diikuti negara tetangga kita Singapura dan Norwegia. Laporan tersebut disusun oleh perusahaan asuransi perjalanan, Insurly.

Sejumlah hal jadi indikator peringkat ini. Adapun faktor-faktor penilaiannya yakni tingkat kejahatan, keselamatan di jalan, kekerasan, terorisme, bencana alam, dan kualitas layanan kesehatan. Ada pula kualitas udara, sanitasi, dan risiko penyebaran penyakit.

Dari 180 negara, Swiss mengantongi skor tertinggi. Rata-rata nilainya sejumlah 90 dari 100 poin untuk semua kategori utama.

Swiss mendapat skor 98 pada ketersediaan transportasi, 92 pada kesehatan, 90 dalam risiko kekerasan, dan 91 bencana alam.

Singapura yang menempati posisi kedua dianggap sebagai negara yang aman bagi para turis dari kejahatan jalanan. Juga jarang ada kekerasan di sana.

Secara keseluruhan, negara-negara Eropa mendapat skor baik dalam laporan ini. Ada Norwegia di posisi ketiga, Luksemburg keempat, Siprus kelima, Islandia keenam, Denmark ketujuh, Portugal kedelapan, dan Finlandia menempati posisi kesembilan.

Jepang ada di urutan ke-10. Inggris, Australia, dan AS masing-masing berada di urutan ke 29, 31, dan 44.

Lalu di peringkat berapa Tanah Air kita, Indonesia? Tenang, kita ada di urutan ke-81 dari 180 negara dengan poin 56,4. Tak terlalu buruk karena kita ada di posisi teratas dari semua negara anggota ASEAN kecuali Singapura.

Catatan, Brunei Darussalam tak terdaftar di laporan ini.



Simak Video "Tentang Alat Tes Kilat Corona yang Didatangkan dari Swiss"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA