Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Mar 2020 19:45 WIB

TRAVEL NEWS

Candi Baru di Dieng Usianya Lebih Tua dari Candi Arjuna

Uje Hartono
detikTravel
Candi baru di Dieng
Suasana ekskavasi Candi Kunti (Foto Istimewa/Kepala UPT Dieng)
Banjarnegara -

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah menyebut Candi Kunti yang baru ditemukan di Dieng usianya lebih tua dari candi lain di komplek Candi Arjuna.

Ekskavasi Candi Kunti sudah mencapai 35 persen. Selain memiliki banyak keunikan, candi ini juga disebut lebih tua dibanding candi-candi yang berada di komplek Candi Arjuna.

Ketua Unit Dieng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah Eri Budiarto mengatakan, melihat dari jenis batuan di Candi Kunti, usianya lebih tua dibanding candi yang berada di komplek Candi Arjuna.

"Kalau dilihat dari jenis batunya, kemungkinan candi yang berada di atas lebih tua. Setidaknya dibangunnya lebih dulu dibanding yang berada di lembah komplek Candi Arjuna," terangnya saat dihubungi detikcom.

BPCB Jateng Sebut Candi Kunti Lebih Tua dari Candi ArjunaSuasana penggalian Candi Kunti (Uje Hartono/detikcom)



Namun, BPCB Jawa Tengah belum bisa memprediksi bagaimana bentuk candi seutuhnya. Pasalnya harus memastikan juga seperti apa bagian tubuh, penampil dan atap candi.

"Untuk ukuran, ketinggian candi juga masih belum dapat diperkirakan, tetapi lebar bangunan sudah dapat diketahui, yakni 5 X 4 meter. Dan itu, termasuk cukup besar untuk ukuran candi di dataran tinggi Dieng," kata dia.


Usai ekskavasi, Eri menjelaskan, proses selanjutnya adalah pengupasan semua yang memendam candi. Namun, hal ini dilakukan harus koordinasi dengan beberapa pihak. Seperti penduduk serta pemerintah kabupaten.

BPCB Jateng Sebut Candi Kunti Lebih Tua dari Candi ArjunaDiperkirakan usia candi lebih tua dari candi lainnya (Foto Kepala UPT Dieng)



"Nantinya untuk pengupasan membutuhkan luasan sekitar 15 meter x 20 meter. jadi harus ada koordinasi dulu, termasuk soal kebutuhan anggaran, nanti akan kami sampaikan ke kantor BPCB," ujarnya.


Nantinya, untuk penjagaan lokasi di Candi Kunti, akan dilakukan oleh petugas BPCB Jawa Tengah yang berada di Dieng. Mengingat saat ini kondisinya sudah terbuka sekitar 35 persen.

"Untuk penjagaan, akan dijaga oleh petugas BPCB Jawa Tengah yang ada di Dieng sampai nanti dilakukan pengupasan secara keseluruhan," tuturnya.

BPCB Jateng Sebut Candi Kunti Lebih Tua dari Candi ArjunaStruktur bangunan candi (Foto Kepala UPT Dieng)



Simak Video "Kala Dieng Dibekap Suhu Minus 9 Derajat Celsius"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA