Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Apr 2020 15:53 WIB

TRAVEL NEWS

Data Efek Virus Corona ke Wisata RI per 23 April 2020

Tim detikcom
detikTravel
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Jumlah orang yang terjangkit virus Corona di Indonesia terus bertambah. Kini, muncul 7.000 lebih orang yang positif COVID-19 di Indonesia.

detikTravel akan menyajikan live report perkembangan virus Corona dan efeknya ke pariwisata Indonesia:

23 April 2020

Lebih dari 7.000 Pekerja Wisata Arung Jeram Dirumahkan

Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) menyebut ribuan karyawan di industri wisata arung jeram telah dirumahkan. Sebab, tak ada lagi wisatawan di tengah masa pandemi virus Corona.

"Perkiraan kami sekitar 7.804 karyawan (dirumahkan) berdasarkan survei online terhadap 50 operator dari 16 provinsi," kata Ketua FAJI, Amalia Yunita, ketika dihubungi detikcom.

Bantuan Paket Sembako untuk Pedagang di Obyek Wisata

Wakil Bupati Kebumen Arif Sugianto bersama Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) membagikan ratusan paket sembako kepada pedagang di obyek wisata Kebumen, Jawa Tengah. Bantuan tersebut sebagai wujud kepedulian akibat tutupnya obyek wisata karena pandemi virus Corona.

Didampingi oleh Forkopimda Kebumen dan Ketua DPC Hiswana Migas Kebumen, Ir Saat Rachmana, Wakil Bupati Kebumen yang sekaligus Wakil Gugus Tugas Penanganan COVID-19, H Arif Sugiyanto SH mendistribusikan 672 paket sembako kepada para pedagang di obwis Kebumen,

Jumlah Kasus Positif Jadi 7.775 Orang

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia mencapai angka hari ini 7.775 positif. Data itu diakumulasi per pukul 12.00 WIB.

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 357 orang, sehingga totalnya menjadi 7.775 orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan wabah Virus Corona, dr Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan saluran YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (23/4/2020).

Sementara pasien yang dinyatakan sembuh dari virus Corona (COVID-19) di Indonesia bertambah 47 orang menjadi 960 orang. Untuk pasien yang meninggal bertambah 11 orang menjadi total 647 pasien.



22 April 2020

Jumlah Kasus Positif Jadi 7.418 Orang

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia mencapai angka 7.418 hari ini. Data itu diakumulasi per pukul 12.00 WIB.

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 283, sehingga totalnya menjadi 7.418 orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan wabah Virus Corona, dr Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan saluran YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (22/4/2020).

Sementara pasien yang dinyatakan sembuh dari virus Corona (COVID-19) di Indonesia bertambah 71, sehingga total menjadi 913 orang. Untuk pasien yang meninggal ada tambahan 19 orang sehingga akumulasinya menjadi total 635 pasien.


Garuda Siapkan Strategi Hadapi Corona

Garuda Indonesia memprediksi kondisi industri penerbangan akan semakin parah di bulan Mei-Juni mendatang akibat momen high season di mana penerbangan biasanya padat, namun masih diiringi pandemi virus Corona. Perseroan juga memprediksi tak akan ada penerbangan haji tahun 2020 ini.

Dalam menjaga keberlangsungan perusahaan, terdapat 2 aspek penting yakni keuangan dan operasional. Untuk aspek keuangan, Manajemen menyatakan cash flow merupakan hal yang paling penting untuk menjaga going concern Perusahaan.

"Garuda Indonesia mempunyai dua kategori biaya yang sangat berpengaruh terhadap pengeluaran kas yaitu biaya tetap yang meliputi biaya sewa pesawat, pegawai, administrasi kantor pusat dan kantor cabang, serta biaya variabel penerbangan yang meliputi biaya bahan bakar, kestasiunan, catering, navigasi dan tunjangan terbang bagi awak pesawat," tulis Manajemen Garuda yang dikutip detikcom, Rabu (22/4/2020).


Estimasi Kerugian di Sektor Wisata DIY Hampir Rp 81 Miliar

Dinas Pariwisata (Dinpar) DIY menyebut estimasi kerugian sektor pariwisata di DIY hampir menyentuh angka Rp 81 Miliar. Angka tersebut berasal dari pendataan Dinpar yang dimulai sejak bulan Maret hingga tanggal 16 April.

21 April 2020

Magelang Tutup Lapangan Drh Soepardi

Pemkab Magelang menutup sementara fasilitas umum Lapangan Drh Soepardi yang berada di Sawitan, Mungkid, dari segala aktivitas. Penutupan sementara ini guna mencegah dan mengurangi risiko penyebaran COVID-19.

Penutupan sementara yang berlaku mulai hari ini, Senin (21/4) hingga batas waktu yang belum ditentukan. Adapun di jalan masuk menuju Lapangan drh Soepardi dipasang spanduk warna merah dengan tulisan warna putih. Spanduk ini sebagai pengumuman perihal penutupan sementara.

Puluhan Ribu Pekerja Dirumahkan di Yogya

Mewabahnya COVID-19 berdampak pada lesunya sektor pariwisata, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Ada puluhan ribu tenaga kerja yang terdampak, 15 ribu dirumahkan dan 76 di-PHK.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Rahardjo mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan pendataan terhadap 15 jenis usaha pariwisata. Dari pendataan tersebut terkumpul 776 usaha jasa pariwisata baik dalam bentuk formal maupun informal yang terdampak wabah COVID-19.

"Kalau dari tenaga kerja yang terdampak, dari 776 jasa usaha itu ada 29.463 tenaga kerja yang terdampak, itu se-DIY. Terus untuk yang dirumahkan itu separuhnya, jadi sekitar 15 ribu pekerja," katanya kepada detikcom, Selasa (21/4/2020).

Candi Borobudur Cs Tutup Lebih Lama

Penutupan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko diperpanjang. Penutupan kembali dilakukan mulai 22 April- 13 Mei 2020.

Untuk destinasi wisata yang pengelolaannya oleh TWC meliputi Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Kemudian, ada Pentas Sendratari Ramayana. Untuk itu, diperpanjang lagi penutupan sementara yang terhitung mulai 22 April hingga 13 Mei 2020. Penutupan sementara ini untuk membantu pemerintah dalam fokus memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19.

Kasus Positif Corona Jadi 7.000 Orang Lebih

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia per 21 April 2020 pukul 12.00 WIB mencapai 7.135 orang. Hingga hari ini, total pasien sembuh Corona mencapai angka 842 orang. Seluruh provinsi sudah terdampak.

Jokowi Larang Mudik!

Presiden Joko Widodo menyatakan akan melarang mudik Lebaran pada hari raya Idul Fitri 1441 H bagi semua warga. Sebelumnya, Jokowi hanya melarang mudik untuk aparatur sipil negara (ASN), pegawai BUMN, dan TNI-Polri.

"Mudik semuanya akan kita larang," ujar Jokowi membuka ratas di Istana Presiden yang disiarkan langsung lewat akun YouTube Setpres, Selasa (21/4/2020).

Jokowi meminta hal-hal yang berkaitan dengan itu segera disiapkan.

[Gambas:Video 20detik]




Indonesia Kehilangan Rp 140 Triliun

Meski baru 3 bulan mewabah di Indonesia, namun dampak Corona begitu terasa dalam pariwisata. Kehilangan devisa pun harus direlakan.

"Terkait angka kerugian, devisa dari sektor wisata tahun ini diperkirakan hilang sampai separuhnya dari tahun lalu. Hal ini dikarenakan kunjungan wisman yang juga menurun. Untuk angka kerugian pasti, sedang dihitung," ujar Agustini Rahayu, Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kepada detikcom.

Jadi jika tahun lalu devisa dari wisata mencapai Rp 280 triliun maka tahun ini devisa hanya Rp 140 triliun saja.

20 April 2020

Hotel di Pati Disulap Jadi Tempat Karantina

Pemerintah Kabupaten Pati masuk dalam wilayah zona merah COVID-19. Pemkab Pati pun mengubah Safin Hotel untuk dijadikan lokasi karantina.

Pemerintah Kabupaten Pati masuk dalam wilayah zona merah COVID-19. Pemkab Pati pun mengubah Safin Hotel, jadi lokasi karantina.Pemerintah Kabupaten Pati masuk dalam wilayah zona merah COVID-19. Pemkab Pati pun mengubah Safin Hotel, jadi lokasi karantina. Foto: Arif Syaefudin

MRT Tutup 3 Stasiun

PT MRT Jakarta (Perseroda) menutup tiga stasiun mulai Senin 20 April ini. Selain itu, MRT juga menerapkan selang waktu keberangkatan antarkereta menjadi 30 menit sekali.

Tiga stasiun yang setop beroperasi mulai Senin (20/4/2020) itu adalah Stasiun Haji Nawi, Blok A, dan ASEAN.

Kasus Positif Corona Jadi 6.760 Orang

Ada 185 kasus baru positif COVID-19 di Indonesia, sehingga kini total ada 6.760 kasus positif COVID-19 di Indonesia. Dari jumlah total itu ada 8,72% yang telah meninggal dunia.




[Gambas:Video 20detik]



Pramuwisata Alih Profesi Jadi Ojek Online

Pandemi virus Corona memukul telak pramuwisata yang berada di garda terdepan industri pariwisata. Banyak yang sepi job, sampai alih profesi. Nasib pilu para pramuwisata dan tour leader di tengah corona itu pun disampaikan oleh Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia cabang DKI Jakarta, Revalino Tobing, atau yang akrab disapa bang Lino.

"Kalau yang di Jakarta teman-teman karena kebanyakan kami adalah guide honorer atau freelance, jadi kami betul-betul bisa mendapat pemasukan adalah ketika bawa tour. Kalau nggak bawa tur enggak ada pemasukan. Sekarang dengan kondisi nggak ada tur sudah sebulan lebih ini, dan nggak tahu kapan baru ada. Kami benar-benar terpuruk," ujar Lino saat dihubungi detikcom via telepon, Senin (20/4/2020).

Mencoba bertahan di tengah kekosongan job. tak sedikit pramuwisata dan tour leader yang beralih profesi sementara untuk menyambung hidup.

"Ada beberapa teman yang memang alih profesi seperti ojek online, tapi kan ojek online juga nggak buka terus-terusan. Yang bisa dilakukan sementara itu, tapi betul-betul terpuruk karena memang kami freelance. Di pariwisata itu kamilah yang posisinya honorer, nggak ada gaji," Lino mencurahkan isi hatinya.

Bali Belum Berencana Pulihkan Wisata

Pemerintah Provinsi Bali berfokus memerangi virus Corona. Belum ada rencana memulihkan geliat wisata di Pulau Dewata.

Bali, yang bertumpu kepada wisata, babak belur setelah munculnya wabah virus Corona. Tapi, seluruh komponen pariwisata Bali, baik hotel, restaurant, agen travel, maupun lainnya memfokuskan diri untuk terlibat dalam penanganan COVID-19.

"Saat ini pemerintah Provinsi Bali bersama stake holder pariwisata yang ada di Bali masih berfokus untuk menangani pandemi COVID-19 di Pulau Dewata. Upaya untuk melakukan pemulihan pariwisata dengan mendatangkan wisatawan ke Pulau Dewata akan dilakukan kalau pandemi berakhir," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, I Putu Astawa, kepada wartawan, Senin (20/4/2020).

19 April 2020

Jumlah Kasus Positif Bertambah Jadi 6.575 Orang

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia per 19 April 2020 mencapai 6.575. Hingga hari ini, total pasien sembuh Corona mencapai angka 686. Sementara itu, pasien yang meninggal bertambah 47 orang. Total pasien yang meninggal saat ini 582 orang.

Wisatawan Masih Memadati Pantai

Wisatawan yang tidak mengenakan masker memadati pantai wisata Lhoknga di Aceh Besar, Aceh, Minggu (19/4/2020). Hingga kini Aceh sudah ada 7 kasus terkonfirmasi positif Corona, dengan 4 orang sembuh dan 1 meninggal dunia.

Wisatawan yang tidak mengenakan masker memadati pantai wisata Lhoknga di Aceh Besar, Aceh, Minggu (19/4/2020). Warga masih mengabaikan imbauan pemerintah untuk mengenakan masker, menjaga jarak, serta tidak berkumpul di tempat publik sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/aww.Wisatawan yang tidak mengenakan masker memadati pantai wisata Lhoknga di Aceh Besar, Aceh, Minggu (19/4/2020). Warga masih mengabaikan imbauan pemerintah untuk mengenakan masker, menjaga jarak, serta tidak berkumpul di tempat publik sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/aww. Foto: ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA

Raja Ampat Tutup Hingga Akhir April

Terkait pandemi corona, kawasan wisata Raja Ampat juga ikut ditutup. Penutupan pun diperpanjang hingga akhir April. Pemda Raja Ampat menutup akses menuju spot-spot wisata dan pembatasan aktivitas wisata untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Pemerintah Daerah (Pemda) Raja Ampat, Papua Barat, kembali memperpanjang waktu penutupan akses ke seluruh objek wisata hingga 28 April 2020. Aturan ini diberlakukan setelah Pemda menerbitkan Surat Edaran yang ditandatangi Bupati Raja Ampat 440/118/SETDA (SE 440/118/SETDA).

Menutup dan menghentikan sementara kegiatan kunjungan di seluruh objek wisata dalam wilayah Kabupaten Raja Ampat.

18 April 2020

Pilot Batik Air Ditawari Cuti Di Luar Tanggungan

Virus COVID-19 kian berdampak pada maskapai dalam negeri. Kabarnya, pilot Batik Air pun sudah ditawari cuti di luar tanggungan.

Beredar kabar pilot Batik Air, anak usaha Lion Group, ditawarkan cuti di luar tanggungan perusahaan. Kebijakan ini diambil lantaran frekuensi penerbangan turun imbas merebaknya virus Corona.

Corporate Communication Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro membenarkan informasi tersebut. Menurutnya para pilot Batik Air memang ditawarkan cuti di luar tanggungan. Menurut Danang, tawaran tersebut bersifat sukarela dan sebagai upaya manajemen mempertahankan bisnis di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

"Pandemik COVID-19 (Coronavirus disease) ini menyebabkan beberapa/banyak rute domestik dan internasional tidak diterbangi (dioperasikan), sehingga produksi layanan penerbangan menurun signifikan," kata danang saat dihubungi detikcom, Jakarta, Sabtu (18/4/2020).Menurut Danang, tawaran tersebut bersifat sukarela dan sebagai upaya manajemen mempertahankan bisnis di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Kasus Corona jadi 6.428 Orang

Kasus positif Corona di Indonesia hingga hari ini mencapai 6.428, yang tersebar di 34 provinsi. "Konfirmasi positif menjadi 6.248 orang," kata juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah virus Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube BNPB, Jumat (17/4/2020).

Selain itu, pasien sembuh terus bertambah. Hingga hari ini, total pasien sembuh Corona mencapai angka 631. Sementara itu, pasien yang meninggal bertambah 15 orang. Total pasien yang meninggal saat ini 535 orang. "Kasus meninggal 535," ujar Yuri.

KA Batalkan Perjalanan

Meningkatnya penyebaran virus Corona berdampak pada penurunan okupansi pada Kereta Api (KA) Joglosemarkerto dan Kamandaka. Beberapa perjalanan harus dibatalkan. Hingga saat ini, tercatat ada 82 perjalanan KA yang telah dibatalkan PT KAI Daop 5 Purwokerto. Sehingga perjalanan dibatalkan mulai 20 April 2020.

"Pada hari biasa, sebelum merebaknya COVID-19, KA Joglosemarkerto okupansi penumpangnya rata-rata bisa mencapai 150%. Namun, dengan semakin meningkatnya penyebaran COVID-19, berdampak pula terhadap menurunnya okupansi KA Joglosemarkerto dan KA Kamandaka, sehingga PT KAI membatalan perjalanan KA tersebut mulai 20 April 2020," kata Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto ketika dihubungi detikTravel, Sabtu (18/4/2020) malam

33.084 Tenaga Pariwisata di Jabar Nganggur

Disparbud Jawa Barat segara mengambil langkah strategis untuk menanggulangi krisis di sektor pariwisata akibat pandemi COVID-19. Alasannya, sektor ini jadi salah satu yang paling terpukul.

Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik, menyebut data per Tanggal 16 April 2020, terdapat 2.768 usaha pariwisata di wilayahnya yang tutup. Imbasnya, puluhan ribu tenaga kerja pariwisata kehilangan mata pencaharian.

"Ada 2768 usaha pariwisata yang terdiri dari destinasi wisata, hotel, dan ekraf (ekonomi kreatif) yang sudah tutup dengan sumber daya manusia pariwisata di Jabar sekitar 33.084 tenaga pariwisata yang terkena dampak," kata Dedi kepada detikcom, Sabtu (18/4/2020).

17 April 2020

Pasien Positif COVID Rekor Tertinggi Harian

Pada hari ini tercatat penambahan 407 kasus positif, terbanyak untuk kasus harian menjadi sebanyak 5.923. Jumlah pasieh sembuh 607 dan meninggal 520.

"Spesimen yang sudah diperiksa sudah lebih dari 42 ribu," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus COVID-19, Achmad Yurianto, Jumat (17/4/2020).

Jumlah pasien yang mendapat hasil negatif dalam 2 kali pemeriksaan dan dinyatakan sembuh bertambah 59 menjadi 607. Pasien meninggal dunia meningkat 24 kasus menjadi 520.

Tony Fernandes Kangen Bali

Pendiri AirAsia Tony Fernandes berbagi kegelisahan di tengah corona dan sejumlah kerinduannya. Selain bicara kesulitan yang tengah dialami maskapainya, ternyata Tony juga menyatakan kerinduannya untuk berpesta secara langsung di salah satu kelab malam di Pulau Dewata.

"Indonesia punya kelab malam terbaik, tentunya tidak ada Potato Head di Instagram," ujar Tony yang meladeni pertanyaan iseng VJ Daniel.

Tinggal terus di rumah dalam waktu yang lama, segala yang ditawarkan oleh dunia maya tentu tak dapat menggantikan pengalaman yang didapat secara nyata. Termasuk pergi ke kelab malam dan bercengkerama bersama teman-teman atau kekasih.

16 April 2020

Sopir Jip Merapi Banting Setir Jadi Petani

Sektor pariwisata benar-benar babak belur dihajar COVID-19. Dampak inilah yang dirasakan oleh para driver jip Lava Tour Merapi. Mereka banting stir jadi petani.

Kasus Positif Corona Capai 5.516 Orang

Kasus positif virus Corona di Indonesia mencapai angka 5.516 hari ini. Angka itu bertambah 380.

"Konfirmasi positif menjadi 5.516 orang," kata Juru Bicara Pemerintah Terkait Penanganan Wabah Virus Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube BNPB, Kamis (16/4/2020).

Pemerintah merilis data terbaru kasus virus Corona Covid-19 di Indonesia. Angka pasien sembuh kini sudah menyalip jumlah pasien meninggal.Pemerintah merilis data terbaru kasus virus Corona Covid-19 di Indonesia. Angka pasien sembuh kini sudah menyalip jumlah pasien meninggal. Foto: Tim Infografis detikcom

Jokowi: Wisata Kembali Booming Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tahun 2021 terjadi booming di sektor pariwisata di Indonesia. Sebab Jokowi meyakini wabah virus corona (COVID-19) di Indonesia selesai di akhir tahun ini.

[Gambas:Video 20detik]





"Saya meyakini ini hanya sampai akhir tahun. Tahun depan booming di pariwisata. Semua orang pengin keluar semua orang ingin menikmati kembali keindahan pariwisata sehingga optimisme itu yang harus terus diangkat," kata Jokowi dalam pengantar rapat terbatas mitigasi dampak COVID-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kamis (16/4/2020).

Presiden JokowiPresiden Jokowi Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres

Devisa dari Wisata Hilang Setengahnya

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan devisa dari sektor wisata tahun ini diperkirakan hilang sampai separuhnya. "Potensi dari devisa saja kurang lebih, tahun lalu kita dapat devisa 20 miliar dolar dari pariwisata, mungkin tahun ini bisa sekitar separuhnya ya bahkan lebih kalau kehilangan devisa dari pariwisata," kata Wishnutama.

Untuk wisatawan yang datang pun sangat jauh perbandingannya dengan tahun lalu. Hal ini wajar terjadi karena COVID-19, pun tak bisa diprediksi kapan akan pulih.

"Diperkirakan tahun ini, dari tahun lalu kita 16 juta wisatawan, tahun ini mungkin diperkirakan mencapai sekitar 5 juta," kata Wishnutama.

Citilink Tiadakan Penerbangan Malam

Citilink membatasi frekuensi layanan dan kini tak ada penerbangan malam. Hal itu dijelaskan oleh VP Corporate Secretary & CSR, Resty Kusandarina pada detikcom, Kamis (16/4/2020). Perlu dicatat bahwa keputusan ini bukan untuk seterusnya.

"Citilink juga melakukan penyesuaian terhadap jadwal operasional penerbangan dengan membatasi jumlah frekuensi dan waktu operasional penerbangan," kata Resty.

"Adapun penyesuaian dilakukan dengan menghentikan sementara rute-rute penerbangan di mayoritas bandara dengan jadwal keberangkatan di atas pukul 19.00," imbuh dia.

15 April 2020

Kasus Positif Tembus 5.000 Orang

Jumlah kasus positif virus Corona COVID-19 di Indonesia kembali bertambah. Pada Rabu (15/3/2020) tercatat 5.136 kasus positif, 446 sembuh, dan 469 meninggal.

Wisata Selam Berhenti Total

Sektor pariwisata merupakan sektor yang paling terpukul. Tak terkecuali wisata selam. Usaha wisata nyaris berhenti total dan menyebabkan peningkatan jumlah tenaga kerja yang dirumahkan.

Perkumpulan Usaha Wisata Selam Indonesia (PUWSI) dalam siaran persnya menyebutkan sejak merebaknya virus Corona di Wuhan, China, sektor wisata sudah langsung terdampak. Apalagi, turis asal China merupakan salah satu pasar utama wisata bahari, khususnya selam, di Indonesia. Pelaku usaha semakin merasakan dampak virus ini pada periode akhir Februari hingga awal Maret di mana pembatasan perjalanan dan sejumlah penutupan destinasi wisata mulai diberlakukan oleh otoritas nasional maupun setempat.

DivingDiving Foto: (Thinkstock)

Garuda Tunda 26 Penerbangan

Garuda IndonesiaGaruda Indonesia Foto: Ari Saputra

Sudah hampir 1 bulan, pandemi Corona masuk ke Indonesia. Hal ini banyak menunda rute penerbangan di berbagai maskapai Indonesia.

Garuda Indonesia memutuskan untuk menunda sementara 26 rute penerbangan domestik dan internasional. Rute akan dibuka kembali hingga pemberitahuan selanjutnya, mengikuti perkembangan pandemi Corona di Indonesia.

14 April 2020

Positif Corona Bertambah 282 Orang

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia menembus angka 4.839 hari ini. Angka itu bertambah 282 dari hari sebelumnya.

"Totalnya menjadi 4.839 orang," ujar juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah virus Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan saluran YouTube BNPB, Selasa (14/4/2020).

Data tersebut dikumpulkan hingga pukul 12.00 WIB hari ini. Sebelumnya tercatat, kasus positif virus Corona sebanyak 4.557 orang per 13 April 2020

Jadwal Operasional Bandara Berubah

Jam operasional bandara-bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I dan II berubah. Penyesuaian ini terimbas oleh pandemi virus Corona.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi, menyebut penyesuaian kegiatan operasional di 15 bandara dimulai sejak 1 April. Adapun penyesuaian operasional bandara disesuaikan berdasarkan kapasitas dan kondisi trafik aktual di masing-masing bandara. Baca lengkap jadwalnya di sini

Hotel di Bekasi menyalakan lampu kamar berbentuk hati sebagai komitmen dalam memerangi pandemi CoronaHotel di Bekasi menyalakan lampu kamar berbentuk hati sebagai aksi solidaritas dan komitmen dalam memerangi pandemi Corona Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

OTA Kebanjiran Permintaan Refund

Online travel agent seperti tiket.com justru sibuk bukan kepalang saat virus Corona menjadi pandemi. Penyedia tiket itu bahkan sampai harus merekrut sukarelawan untuk melayani pelanggan.

tiket.com bergerak cepat setelah pemerintah mengumumkan adanya kasus virus Corona di Indonesia. Sesuai prediksi, tiket.com, yang melayani tiket kereta api, pesawat, hotel, bahkan tiket tontonan, kebanjiran permintaan refund dari pelanggan.

"Kami, tiket.com punya banyak PR, refund masih banyak banget. Dalam satu bulan corona outbreak, pariwisata pertama menjadi industri pertama yang terkena. Kami sibuk banget, banyak pelanggan melakukan pembatalan karena negara lockdown, juga refund karena batal bepergian," kata Gaery Undarsa, direktur marketing tiket.com dan founder tiket.com, dalam webinar dengan media, Senin (13/4/2020).

13 April 2020

12 Hotel di Solo Tutup, Karyawan Dirumahkan

Pandemi virus Corona (COVID-19) menyebabkan sejumlah hotel di Solo dan sekitarnya mulai tutup. Berdasarkan data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, ada 12 hotel yang telah tutup sementara.

"Dari 160 hotel anggota PHRI, ada 12 hotel yang tutup. Itu hotel yang gede," kata Ketua PHRI Solo, Abdullah Soewarno saat dihubungi detikcom, Senin (13/4/2020).

Akibatnya, ratusan karyawan telah dirumahkan. Hanya sebagian karyawan yang masih bekerja. Itu pun biasanya tidak bekerja penuh sebulan.

4.557 Kasus Positif COVID-19

Pemerintah mengumumkan data terbaru virus Corona COVID-19 di Indonesia. Hingga Senin (13/4/2020), tercatat 4.557 positif, 380 sembuh, dan 399 meninggal. Jumlah kasus positif mengalami penambahan sebanyak 316 kasus menjadi 4.557. Pasien yang mendapatkan hasil negatif dalam 2 kali pemeriksaan dan dinyatakan sembuh bertambah 21 kasus sehingga totalnya menjadi 380.

Sementara itu pasien yang meninggal dunia bertambah 26 kasus menjadi 399 orang.

Penutupan Candi Borobudur Cs Diperpanjang

PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) memperpanjang penutupan sementara destinasi wisata yang dikelolanya hingga 21 April, mendatang. Selama penutupan sementara, TWC akan melakukan pembenahan dan perawatan terkait sarana dan prasarana yang ada.

Adapun destinasi wisata yang dikelola TWC antara lain Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko serta Teater dan Pentas Ramayana. Untuk itu, destinasi yang ada penutupan sementara diperpanjang hingga 21 April 2020.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan, penutupan sementara ini kembali dilakukan sampai tanggal 21 April 2020. Penutupan sementara ini kembali dilakukan dengan melihat perkembangan pandemi COVID-19 khususnya di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Penetapan penutupan sementara TWC ini pun juga setelah melalui koordinasi baik di tingkat pusat maupun pemerintahan daerah. Dengan melihat kondisi tersebut, kami memutuskan untuk melanjutkan penutupan akses wisata TWC," katanya, Senin (13/4/2020).

12 April 2020

Jumlah Kasus Corona Tembus 4.241 orang

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia menembus angka 4.241 hari ini. Angka itu bertambah 399.

Dampak COVID-19, Pedagang di Parangtritis Tak Punya Pendapatan



Mewabahnya COVID-19 membuat Pemkab Bantul menutup seluruh tempat wisata. Pedagang di Pantai Parangtritis terpaksa menjual barang miliknya untuk bertahan hidup.

Salah satu pedagang yang sudah menjual barang-barang miliknya adalah Rina. Perempuan yang merupakan pedagang makanan dan minuman di kawasan Pantai Parangtritis itu telah menutup warungnya sejak tanggal 25 Maret.

"Saya sudah sekitar sebulan ini tutup (warung). Lha gimana mas wong pantainya kan tutup total, jadi pengunjung juga tidak ada," katanya saat dihubungi detikcom, Minggu (12/4/2020).

Akibatnya, Rina tidak memiliki pemasukan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Terlebih, dia menggantungkan rezeki dari berdagang di kawasan Pantai Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pemerintah Belum Larang Mudik

Kian meningkatnya jumlah kasus virus Corona di Indonesia memantik pro dan kontra mudik, apalagi menjelang Ramadan dan Lebaran. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, memastikan pemerintah belum mengeluarkan larangan.

Padahal, mudik kali ini berpotensi ditumpangi virus Corona. Sehingga, mudik bisa membahayakan keluarga di kampung halaman, apalagi bagi mereka yang berasal dari kota-kota zona merah.

"Dinamika perkembangan COVID-19 bergulir terus dan melibatkan semua subsektor dan semua komponen masyarakat, kami terus bekerja dan terkoordinasi, enggak bisa masing-masing mengambil kebijakan sendiri. Kepala daerah mungkin panik dan mengambil keputusan spesifik untuk melindungi daerahnya. Padahal satu daerah mengambil kebijakan, daerah lain kana terdampak," kata Budi dalam diskusi Mudik atau Tidak Mudik yang dibuat oleh Institut Studi Transportasi, Minggu (12/4/2020).

Penutupan Tempat Wisata di Bantul Diperpanjang

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul memperpanjang masa penutupan tempat wisata di Bumi Projotamansari hingga tanggal 31 April. Penutupan itu berlaku kepada semua tempat wisata, baik yang dikelola Pemkab, Desa maupun kelompok masyarakat.

Kepala Dinpar Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menjelaskan, kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) No.440/01615 tentang Perpanjangan Penutupan Sementara Obyek Wisata/Tempat Rekreasi dalam Rangka Mencegah Penularan Infeksi COVID-19. Mengingat saat ini masih dalam masa darurat bencana COVID-19 di Kabupaten Bantul.

"Karena itu, diminta untuk memperpanjang penutupan sementara objek wisata atau tempat rekreasi mulai 1 April 2020 sampai dengan tanggal 30 April 2020," ucapnya kepada detikcom, Minggu (12/4/2020).

Pengusaha Rental Jual Motor untuk Bayar Angsuran

Penutupan tempat wisata karena wabah COVID-19 di Kabupaten Bantul ternyata juga berdampak pada pelaku usaha rental kendaraan bermotor di kawasan Parangtritis. Bahkan, mereka terpaksa menjual motor untuk membayar angsuran.

Salah satu pemilik rental kendaraan bermotor, Rohadi Prasetyo mengatakan, bahwa saat ini dia tidak memiliki pemasukan akibat sepinya pengunjung Pantai. Apalagi, selain memiliki motor dan mobil, dia harus memelihara kuda miliknya agar tetap bertahan hidup.

"Sata usahanya rental motor, mobil sama kuda dan saat ini tidak ada pemasukan karena sepi pengunjung. Kalau masalah motor dan mobil kan tidak dipakai tidak apa-apa, lha ini saya memelihara seekor kuda, kalau tidak diberi makan gimana, padahal aset ini," ucapnya.

"Kalau kita kan bisa makan seadanya, tapi kalau kuda tidak bisa seadanya," imbuh Rohadi.

Pria yang kerap disapa pak Kambil ini melanjutkan, bahwa selain kuda yang disewakan dia juga memiliki 6 unit motor dan 3 mobil. Namun, karena tidak ada pemasukan akhirnya dia menjual 2 unit motornya untuk membayar angsuran mobil.

11 April 2020

Jumlah Pasien Bertambah 330

Jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia terus meningkat, Sabtu (11/4/2020) ada 330 kasus baru sehingga total kasus positif menjadi 3.842 orang. Jumlah pasien yang sudah mendapatkan hasil negatif dan dinyatakan sembuh bertambah 4 orang menjadi 286 orang. Pasien meninggal dunia bertambah 21 orang dengan demikian kasus meninggal total 327 orang.

"Mari lawan COVID-19 kita tida sepenuhnya harus menjadi relawan, namun kita punya peran untuk memutuskan rantai penyebaran, lawan COVID dengan meningkatkan imunitas diri, makan gizi seimbang, hati selalu gembira, istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur, jangan panik jaga jarak, pakai masker, jangan menyentuh mata, mulut sebelum mencuci tangan," ujar Juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah Corona, Achmad Yurianto.

10 April 2020

Tambahan 219 Pasien Positif Corona

Pemerintah kembali memperbarui data kasus positif virus Corona. Per hari ini, ada 3.512 kasus positif di Indonesia. Juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah Corona, Achmad Yurianto, Jumat (10/4/2020) menyebutkan data ini dikumpulkan hingga pukul 12.00 WIB. Dengan total 3.512 kasus, berarti ada tambahan 219 kasus positif Corona dari data sebelumnya.

"Pada hari ini terdapat penambahan 219 kasus baru, artinya bahwa ini diperkirakan infeksinya, terinfeksinya di 5-6 hari yang lalu sebanyak 219 kasus baru," ucap Yuri.

1.542 Hotel Tutup dalam Waktu 2 Bulan

Dalam waktu dua bulan lebih sejak virus Corona masuk ke Indonesia, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat sudah ada 1.542 hotel yang tutup di 31 provinsi di Indoenesia. Tiga provinsi lainnya masih dalam kepengurusan organisasi dengan PHRI

"Sekarang per data tadi pagi (9/4) yg kami terima yaitu sudah 1.542 hotel yang tutup di seluruh Indonesia," kata Ketua Umum PHRI, Haryadi Sukamdani dalam Webinar bertema 'Strategic Management in Uncertainty Facing COVID-19 yang diadakan oleh Indonesian Food & Beverage Executive Association (IFBEC) Kamis kemarin.

Total Dana Rp 1 Triliun dari Sektor Wisata untuk Perangi Corona

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Pendidikan dan Pariwisata, Dede Yusuf dalam Webinar mengatakan selama masa pandemi, ada beberapa fase yang akan masyarakat lalui. Fase yang pertama, yaitu yang sekarang sedang kita alami, yaitu tanggap darurat.

"Untuk tanggap darurat saat ini realokasi untuk anggaran yang diambil pariwisata adalah Rp 500 miliar untuk memberikan pelatihan-pelatihan pekerja pariwisata untuk masa kosong seperti ini dan mendukung kartu pra kerja dari karyawan PHK atau pekerja honorer yang mendapat uang harian," kata Dede.

Total dana yang diambil dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun sejumlah Rp 1 triliun. Namun tak hanya Kemenparekraf, tapi anggaran seluruh kementerian dan DPR pun ditarik.

"Total Rp 1 triliun (Kemenparekraf) lebih itu ditarik," kata Dede.

9 April 2020

Jumlah Pasien Positif Bertambah Jadi 3.293 Orang

Jumlah kasus positif virus Corona COVID-19 di Indonesia terus meningkat. Kamis (9/4/2020) tercatat 3.293 kasus positif, 252 sembuh, dan 280 meninggal.

Kasus positif mengalami penambahan 337 kasus menjadi 3.293. Jumlah pasien yang sudah mendapatkan hasil negatif dalam 2 pemeriksaan dan dinyatakan sembuh bertambah 30 kasus menjadi 252. Pasien meninggal dunia bertambah 40 menjadi 280.

Garuda Hilangkan Beberapa Layanan di Kabin

Untuk mencegah penyebaran virus Corona, Garuda Indonesia menerapkan sejumlah kebijakan sementara pada layanan penerbangan.

"Salah satunya adalah pelaksanaan "physical distancing" untuk penumpang baik mulai dari pre-flight hingga selama penerbangan. Adapun kebijakan physical distancing di penerbangan dilakukan dengan memperhatikan tingkat keterisian penumpang di setiap penerbangannya," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Saputra.

Selain itu sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 melalui cross contamination selama penerbangan, Garuda Indonesia menyajikan makanan terbungkus dalam plastic wrap, sehingga para penumpang dapat membuka pembungkus tersebut secara mandiri, Garuda Indonesia juga untuk sementara meniadakan menu layanan "Book Your Meal" terhitung sejak tanggal 1 April 2020 hingga 31 Mei 2020.

Lebih lanjut Garuda Indonesia juga meniadakan sementara koran dan majalah di dalam pesawat pada seluruh rute untuk menghindari barang atau media yang memiliki kontak langsung dengan orang lain.

Selain itu, untuk memastikan kebutuhan penunjang kebersihan diri bagi penumpang maupun awak pesawat, Garuda Indonesia juga turut menyediakan hand sanitizer yang tersedia di seluruh penerbangan.

90% Hotel di Bali Sudah Rumahkan Karyawan

Virus Corona menghantam keras dunia pariwisata Indonesia, khususnya di Bali. 90% Hotel di Bali sudah merumahkan karyawannya.

Imbas virus Corona atau COVID-19 Pariwisata di Bali menjadi sepi. Hunian hotel di Bali pun juga ikut merasakan imbasnya, 90% lebih hotel yang ada di Bali sudah merumahkan karyawannya.

"Seperti kita ketahui bersama bahwa dampak dari COVID-19 sangat luar biasa menerjang industri pariwisata yang ada di Bali, bahkan Indonesia umumnya, serta dunia. Hotel-hotel di Bali sampai saat ini telah merumahkan lebih dari 90% teman-teman kita merumahkan karyawan mereka dampaknya sangat luar biasa dimana operasional sudah berhenti hampir dari mulai tanggal 1 April kemarin," kata Wakil Ketua Umum DPP IHGMA I Made Ramia Adnyana kepada detikcom saat dihubungi, Kamis (9/4/2020).

Wisata Indonesia Diyakini Akan Pulih Cepat

Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) memprediksi wisata bakal pulih 2022 akibat wabah virus Corona. Menparekraf Wishnutama Kusubandio optimistis pariwisata Indonesia pulih lebih cepat dari perkiraan itu.

Wisata dinilai menjadi sektor paling babak belur setelah Indonesia dihantam virus Corona. Wishnutama menyiapkan sejumlah langkah agar wisata Tanah Air segera pulih.

"Kami yakin pariwisata di Indonesia lebih cepat pulih. Kami menyiapkan tiga tahapan untuk merespons dampak COVID-19, yaitu tanggap darurat, pemulihan (recovery), dan normalisasi," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama kepada pewarta dalam diskusi virtual bersama pewarta, PHRI dan Asita dengan tema 'Langkah Industri Menyikapi Wabah COVID-19, pekan ini.

8 April 2020

575 Hotel di Jabar Tutup dan 25 Ribu Karyawan Dirumahkan

Sektor pariwisata di Jawa Barat terkena imbas gegara penyebaran virus Corona atau COVID-19. Berdasarkan laporan, 575 hotel tutup dan ribuan pegawai dirumahkan.

"Banyak sekarang hampir perhotelan saja 575 hotel tutup di Jabar. Itu tutup dengan sendirinya, bukan bangkrut. Karena marketnya nggak ada," ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Jabar Dedi Taufik saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Rabu (8/4/2020).

Dedi menuturkan dari ratusan hotel yang tutup tersebut, turut berimbas kepada nasib karyawannya. Menurut Dedi, berdasarkan data yang ada total ada 25 ribu karyawan yang dirumahkan.

"Kemudian juga karyawannya hampir 25 ribu itu dirumahkan. Dirumahkan untuk sementara, belum ada PHK," tuturnya.

Pasien bertambah 218 Orang

Pemerintah mengumumkan kembali jumlah pasien kasus positif virus Corona di wilayah Indonesia. Hingga hari ini, tercatat ada 2.956 kasus positif Corona di Indonesia. Jumlah tersebut bertambah 218 dari angka sebelumnya. Sementara total ada 240 pasien Corona yang meninggal dunia.

"Ada penambahan kasus meninggal sebanyak 19 orang sehingga total kasus meninggal adalah 240 orang," kata juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan BNPB di YouTube, Rabu (8/4/2020).

Total pasien sembuh juga bertambah 18 orang, sehingga total pasien sembuh dari virus Corona di Indonesia hari ini menjadi 222 orang. Yuri menyebut pasien yang dinyatakan negatif ini telah dites dua kali. "Jumlah kasus yang sembuh meningkat 18 orang sehingga total menjadi 222 orang," ujar Yuri.

Grafik Corona per 8 AprilGrafik kenaikan Corona per 8 April Foto: Tim detikcom
Grafik kasus baru Corona harianGrafik kasus baru Corona harian Foto: Tim detikcom

7 April 2020

Di Bali Jumlah Karyawan yang Dirumahkan Hampir 20.000 Orang

Perusahaan di Bali terpaksa merumahkan hingga mem-PHK karyawan. Apalagi Bali sangat mengandalkan pariwisatanya.

Data yang diperoleh detikcom dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sumber Daya Mineral Provinsi Bali (Disnaker) sampai hari ini, Selasa (7/4/2020), ada 19.124 orang yang dirumahkan dan 480 orang di-PHK. Data ini masih terus bergerak atau terus bertambah.

Wishnutama Alihkan Dana Kementerian Rp 500 Miliar untuk Hadang Corona

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) turut merealokasikan dana untuk mendukung pemulihan dari wabah virus Corona. Nilainya sebesar Rp 500 miliar, untuk apa saja?

Menraprekarf Wishnutama Kusubandio menentukan sejumlah kebijakan di saat wabah virus Corona dan disetujui oleh DPR RI. Salah satunya, dengan mengalihkan dana untuk menangani virus tersebut.

"Kebetulan hari ini ada perubahan anggaran di seluruh kementerian untuk menghadapi COVID-19. Setelah kami sampaikan kepada DPR, dana yang dialihkan mencapai Rp 500 miliar," kata Wishnutama dalam konferensi pers virtual, Selasa (7/4/2020).

Dana tersebut dialokasikan antara lain untuk mendukung tenaga medis. Kemenparekraf menggandeng sejumlah hotel dan provider transportasi.

"Kemarin kami bersama deputi mengalokasikan dana Rp 500 miliar itu untuk wabah COVID-19 antara lain adalah pendukungan kerja sama hotel, transportasi bagi tenaga medis," ujar Sekretaris Menparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani.

Pekerja Hotel dan Restoran Bisa Dapat Kartu Pra Kerja

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf) bersama Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dikejar waktu untuk mengamankan kartu pra kerja bagi pekerja sektor tersebut. Pengelola hotel dan restoran diminta segera mengirimkan data akurat.

Sektor pariwisata disebut sebagai sektor paling terdampak setelah virus Corona mewabah. PHRI sih menjamin tak akan memberikan pemutusan hubungan kerja (PHK), namun memberikan unpaid leave, cuti yang tidak dibayarkan kepada pegawainya.

Kemenparekraf mengupayakan agar karyawan hotel dan restoran itu bisa menerima kartu pra kerja, yang diluncurkan 6 April. Saat ini, bersama PHRI, Kemenparekraf sedang mendata hotel dan restoran yang terdampak COVID-19.

Jakarta Sudah Berstatus PSBB

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menyetujui usul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk status pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Mulai hari ini, Jakarta sudah berstatus PSBB.

"Iya, sudah ditandatangani malam tadi," ucap Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni saat dihubungi, Selasa (7/4/2020).

DKI Jakarta sudah bisa melakukan tindakan-tindakan yang disebut sebagai PSBB. Namun kebijakan tersebut hanya untuk wilayah DKI Jakarta.

Agent Travel Work From Home

Pariwisata menjadi salah satu bidang yang berdampak karena Corona. Para travel agent pun terpaksa menutup kantor cabang mereka dan bekerja dari rumah..

Seperti yang diungkapkan Duma Asianna, GM Business Strategy Management HIS Travel Indonesia yang dihubungi detikcom. Virus Corona tak hanya menimbulkan banyak pembatalan perjalanan saja, namun juga penutupan kantor cabang.

"Setelah wabah Corona ini, bisnis travel adalah bisnis yang terdampak secara signifikan. Walau begitu HIS tetap melayani customer dari rumah, karena sebagian besar kantor cabang kami tutup sementara," ujar Duma.

Jumlah Pasien Positif Corona Bertambah 247 Orang

Pemerintah kembali mengumumkan ada kenaikan kasus positif virus Corona (COVID-19) di wilayah Indonesia. Per hari ini, kasus positif Corona di RI menjadi 2.738.

"Total kasus menjadi 2.738 orang," ujar juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah Corona, Achmad Yurianto, seperti disiarkan BNPB, Senin (7/4/2020).

Data ini dikumpulkan hingga pukul 12.00 WIB tadi. Dengan total 2.738 kasus, berarti ada kenaikan 247 kasus positif Corona di RI.

"Kita dapatkan penambahan kasus baru confirm pemeriksaan PCR COVID-19 sebanyak 247 orang," jelas Yuri.

6 April 2020

Kemenparekraf Ajak Pemda Aktif Selamatkan Industri Wisata

Kemenparekraf mengajak pemerintah daerah turut aktif melakukan upaya penyelamatan industri pariwisata dari dampak COVID-19.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio terus memastikan pemerintah daerah melakukan upaya penyelamatan industri pariwisata dan ekonomi kreatif dari dampak wabah COVID-19. Menteri mengimbau dinas yang membidangi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif berkonsultasi dan melaporkan perkembangan pelaksanaan antisipasi dan penanganan dampak penularan COVlD-19 di wilayah kewenangan masing-masing secara berkala.

"Laporan disampaikan kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVlD-19 di daerah (Gubernur/Bupati/Walikota) serta membuka mediasi dan layanan pengaduan masyarakat atau call center di level daerah," kata Wishnutama.

Hotel Tawarkan Rapid Test dan Karantina

Atria Residences Gading Serpong tawarkan paket karantina beserta rapid test.Atria Residences Gading Serpong tawarkan paket karantina beserta rapid test. Foto: (dok Parador Hotels & Resorts)

Grup Parador Hotels & Resorts meluncurkan paket 'Fullboard Self-Isolation' yang tersedia secara eksklusif untuk para tamunya. Diketahui, paket karantina tersebut ditawarkan khusus di Atria Residences Gading Serpong. Selain menawarkan servis ala hotel berbintang, kesehatan, kebersihan dan sanitasi juga jadi prioritas.

"Yang membuat paket kami unik adalah kami menyediakan Rapid Test Kit COVID-19 sebagai complimentary, hal ini juga merupakan bagian dari bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kami yang berkolaborasi dengan Bethsaida Hospital," ujar Chief Operating Officer Parador Johannes Hutauruk, dalam keterangan persnya.

Efek Corona Lebih Parah Daripada Bom Bali

Suasana di Bali.Suasana di Bali. Foto: (brigitamaghyn/d'Traveler)

80 Persen ekonomi Bali mengandalkan wisata. Kini hampir semua turus telah meninggalkan Bali. Mereka yang masih terjebak berharap untuk segera pulang. Tak ada turis, artinya para pemandu sepi job. Ada sekitar 7.000 pemandu wisata di Bali. Mereka kini kerja serabutan untuk menyambung hidup.

"Secara ekonomi, ini lebih buruk dibandingkan dengan Bom Bali dan erupsi Gunung Agung di masa lalu," ujar Mangku Nyoman Kandia, seorang pemandu wisata sejak tahun 1984.

Pasien Positif Bertambah 218 Orang

Jumlah kasus positif virus corona COVID-19 di Indonesia terus bertambah. Senin (6/4/2020), tercatat 2.491 kasus positif, 192 sembuh, dan 209 meninggal dunia.

"Kami telah melakukan pemeriksaan spesimen terhadap 11.242 orang, 8 ribu atau 80 persen di antaranya tidak terbukti positif," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona COVID-19, Achmad Yurianto, Senin (6/4/2020).

Kasus positif mengalami penambahan 218 kasus sehingga secara akumulatif menjadi 2.491. Pasien yang dinyatakan sembuh setelah 2 kali pemeriksaan mendapatkan hasil negatif bertambah 28 kasus menjadi 192.

PHRI Kritisi Kebijakan Hotel Jadi Tempat Tinggal Tenaga Medis

Kebijakan Kemenparekraf menjadikan hotel sebagai tempat tinggal tenaga medis dinilai tidak pas karena hanya melibatkan hotel tertentu dan fungsi hotel berbeda dengan rumah sakit.

"Menurut saya melakukan itu oke tapi kalau Kementerian Pariwisata yang melakukan itu, menurut saya ya nggak pas aja," kata Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran.

Maulana menjelaskan sejumlah alasan ketidaktepatan kebijakan yang diambil oleh Kemenparekraf tersebut. Maulana juga mempertanyakan seberapa besar kemampuan Kemenparekraf dalam membantu industri perhotelan dengan cara tersebut.

"Sampai berapa kuat dia akan menolong pelaku usaha yang sudah 1.100 sekian usahanya itu yang tutup dan akan terus bertambah. Toh bukti yang ada kan cuma beberapa hotel saja yang diajak," ujarnya.

Kemenparekraf bekerja sama dengan 4 hotel milik Accor Hotels untuk menampung tenaga medis yang menangani Corona. Yuk lihat fasilitas hotel tersebut.Kemenparekraf bekerja sama dengan 4 hotel milik Accor Hotels untuk menampung tenaga medis yang menangani Corona. Foto: dok. Accor Hotels Grup

Sampai saat ini, sejumlah hotel yang telah bekerja sama dengan Kemenparekraf adalah Novotel Cikini, Mercure Cikini, Ibis Styles Jakarta Sunter, Ibis Senen, dan Swiss-Belhotel Pondok Indah.

Selain itu, Maulana juga mengkritisi sisi keamanan hotel yang awalnya didesain sebagai tempat singgah biasa, bukan sebagai rumah sakit yang sudah punya standar kesehatannya sendiri.

"Hotel itu kan fungsinya bukan seperti rumah sakit. Jadi paramedis dan gugus depan itu, mereka kan bukan tidak mungkin membawa virus. Mereka bila membawa virus, otomatis di hotel itu bisa akan terjangkit virusnya dimana-mana," tukasnya.

Sejumlah alasan tersebut akhirnya membuat PHRI tidak ikut serta dalam kerjasama dengan Kemenparekraf. Namun mereka juga tetap memberikan kebebasan hotel yang ingin bekerja sama langsung dengan Kemenparekraf.

"Jadi pada saat itu kita menyampaikan melalui surat bahwa kita tidak bisa ikut dalam hal tersebut. Jika mereka (Kemenparekraf) ingin melakukan, silakan langsung dengan hotel-hotel tersebut," kata Maulana.

5 April 2020

Jumlah Pasien Positif Corona Bertambah 181 Orang

Pemerintah Indonesia mengumumkan ada penambahan kasus positif COVID-19. Total ada 2.273 kasus positif COVID-19 di 32 provinsi. Di antara jumlah tersebut, 198 kasus berakhir dengan kematian dan 164 kasus sembuh.

[Gambas:Video 20detik]



Relawan Beri Makan Monyet di Taman Wisata Alam Karanganyar

Taman Wisata Alam Grojogan Sewu di Karanganyar terpaksa ditutup sementara akibat virus corona. Relawan pun sukarela memberi makan monyet di sana.

Taman Wisata Alam Grojogan Sewu, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, ditutup sebagai imbas pandemi virus Corona atau COVID-19. Penutupan ini ternyata berdampak pada nasib ratusan ekor monyet penghuni obyek wisata tersebut.

Camat Tawangmangu, Rusdianto mengungkapkan, terdapat sekitar 150 ekor monyet yang hidup di hutan sekitar obyek wisata Grojogan Sewu. Pada hari biasa, kawanan monyet ini banyak mendapatkan makanan dari pengunjung. Namun sejak obyek wisata ini ditutup 18 Maret lalu, praktis tidak ada lagi pengunjung yang memberi makan kawanan monyet tersebut.

Ribuan Hotel Tutup

Ribuan hotel dan ratusan restoran terpaksa tutup karena pandemi Corona. Asosiasi dan pelaku usaha berharap adanya uluran tangan pemerintah agar mereka bisa bertahan.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyampaikan data bahwa jumlah hotel yang tutup dan terpaksa meminta karyawan cuti atau PHK berjumlah 1.174 per 1 April 2020. Masih dari data yang sama, sebanyak 286 restoran dan tempat hiburan juga tutup. Hal ini dilakukan sebab pendapatan yang mereka terima sudah tak mampu menutup biaya utilitas dan membayar gaji karyawan.

4 April 2020

Aksi Solidaritas Hotel Yogya

Puluhan hotel di Yogyakarta akan menyalakan lampu yang membentuk hati nanti malam. Aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap kondisi pariwisata Yogyakarta di tengah pandemi COVID-19.

Jumlah Pasien Positif Corona Bertambah 106 Orang


Jumlah pasien positif Corona pada 4 April 2020 bertambah 106 orang menjadi total 2.092 orang. Pasien yang sembuh bertambah 16 orang menjadi total 150 orang, sementara yang meninggal bertambah 10 orang menjadi total 191 orang.

"Tinggal di rumah adalah solusi yang terbaik untuk menghindari penyebaran," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Pembatalan Pemesanan Pegipegi 4 Kali Lipat

Salah satu pihak yang merasakan efek dari virus Corona adalah travel agent. Adanya larangan bepergian membuat banyaknya pembatalan pesanan pesawat dan hotel.

Dihubungi detikcom, Pegipegi, merupakan salah satu travel yang ada di Indonesia pun turut terdampak akibat pandemi Corona. Banyak pelanggan yang memutuskan untuk menunda dan membatalkan pemesanan mereka.

"Sejauh ini terlihat adanya peningkatan permohonan penundaan dan pembatalan rencana perjalanan pelanggan sebanyak 4 kali lipat. Dan yang paling banyak adalah permohonan untuk pembatalan," ungkap Busyra Oryza, Corporate Communications Manager Pegipegi.

Menparekraf Ingatkan Pelaku Hotel dan Wisata


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020, tentang tindak lanjut Imbauan Pencegahan Penyebaran COVID-19. Pengelola dan staf restoran harus diingatkan untuk:

1. Menerapkan Jaga Jarak Fisik (Physical Distancing) dengan jarak minimum 1 meter sesuai dengan panduan WHO dan UNWTO di ruang-ruang publik.
2. Melakukan pemeriksaan suhu tubuh setidaknya 2 kali sehari
3. Jika sedang dalam keadaan tidak sehat, sebaiknya segera memeriksakan diri ke fasyankes
4. Menggunakan masker jika mengalami batuk atau flu
5. Menerapkan etika batuk/bersin: tutup mulut menggunakan lengan atas bagian dalam atau tisu saat batuk atau bersin dan segera buang tisu yang kotor ke tempat sampah, lalu cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air,
6. Membersihkan toilet secara teratur dan bagi pengguna toilet, siram toilet setelah digunakan
7. Menerapkan kebersihan diri (mencuci tangan dengan sabun dan air) terutama setelah menggunakan toilet, melakukan pekerjaan pembersihan serta sebelum dan sesudah makan
8. Menggunakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan pembersihan dan saat penanganan limbah,
9. Menghindari menyentuh area wajah yang tidak perlu.
10. Melakukan pembersihan menggunakan desinfektan terhadap peralatan setelah digunakan.

3 April 2020

Hotel Gratis untuk Tenaga Medis

Untuk memberikan dukungan dalam perlawanan wabah COVID-19, beberapa hotel menyediakan penginapan gratis bagi tenaga medis yang menangani pasien virus Corona. Red Doorz dengan program terbarunya, Red Heroes menyediakan 102 kamar hotel secara gratis yang tersedia di dua hotel, yaitu RedDoorz Plus Near Plaza Blok M dan RedDoorz Plus @ Thamrin. Dipilihnya dua hotel ini berdasarkan kedekatan lokasi dengan dua rumah sakit yang menangani cukup banyak kasus COVID-19 di Jakarta, yaitu RSPAD Gatot Subroto dan RS Cipto Mangunkusumo.

Kamar RedDoorzKamar RedDoorz Foto: (Reddoorz)

Selain RedDoorz, jaringan akomodasi OYO Hotels and Homes Indonesia juga menyediakan salah satu hotelnya untuk menjadi tempat tinggal bagi tenaga medis. Country Head OYO Hotels menekankan bahwa fasilitas ini diharapkan dapat menjadi solusi di tengah kekhawatiran para medis yang harus menjaga jarak dengan keluarga atau kerabat terdekat.

Jumlah Pasien Positif Bertambah 196 Orang


Kemenkes sudah menguji sampel Corona lebih dari 7.400 orang. Jumlah pasien positif Corona pada 3 April 2020 bertambah 196 orang menjadi total 1.986 orang. Pasien yang sembuh bertambah 22 orang menjadi total 134 orang, sementara yang meninggal bertambah 11 orang menjadi total 181 orang.

"Pertimbangkan kembali kalau ingin bepergian, tempat paling aman di rumah bersama keluarga. Saya menyarankan tidak usah bepergian karena kemungkinan terpapar penyakit akan lebih besar," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

2 April 2020

Jumlah Pasien Positif Bertambah 113 Orang


Jumlah pasien positif Corona pada 2 April 2020 bertambah 113 orang menjadi total 1.790 orang. Pasien yang sembuh bertambah 9 orang menjadi total 112 orang, sementara yang meninggal bertambah 13 orang menjadi total 170 orang.

"Mari kita memutus mata rantai virus ini, kekuatan kita ada di masyarakat untuk konsisten menjaga jarak agar tidak terjadi penularan secara langsung dari orang yang positif COVID-19 kepada yang rentan. Hindari kerumunan," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Pusat Krisis Kemenparekraf

Kemenparekraf mengaktifkan Pusat Krisis Terintegrasi. Ini adalah jalur komunikasi bagi masyarakat di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kemenparekraf Ari Juliano Gema mengatakan komunikasi krisis sangat diperlukan dalam manajemen krisis kepariwisataan sebagai upaya meminimalisasi dampak wabah pandemi COVID-19.

"Kami telah mengaktifkan komunikasi krisis Parekraf sejak 17 Maret 2020, mengikuti SOP manajemen krisis kepariwisataan yang dihasilkan atas masukan bersama praktisi penanganan krisis dan ahli komunikasi sepanjang 2018-2019," kata Ari dalam siaran pers, Kamis (2/4/2020).

1 April 2020

Pekerja Outbound Banting Setir

Asosiasi Experiential Learning Indonesia (Aeli) merilis dampak virus Corona. Ketua Aeli, Nurfahmi, menyebut cukup banyak anggota, termasuk bidang terkait wisata, yang sudah banting setir. Di antara provinsi yang menggantungkan pemasukan dari program capacity building Jawa Barat menjadi provinsi paling terpukul. Sebanyak 22 jumlah provider membatalkan 134-174 program. Kemudian diikuti berturut-turut oleh DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Jawa Tengah, dan Banten.

Sementara itu, berdasarkan nominal uang pada program itu, Yogyakarta menjadi wilayah yang paling terdampak oleh virus Corona. Sebanyak 16 provider di Yogyakarta membatalkan program senilai Rp 29,9 miliar hingga Rp 50,8 miliar. Kemudian diikuti oleh DKI Jakarta, Jabar, dan Bali, Banten dan Jateng.

Indonesia Tertutup untuk Turis Asing Mulai 2 April

Larangan ini akan berlaku esok hari atau di tanggal 2 April. Pemerintah menerbitkan peraturan larangan bagi orang asing masuk atau transit di Indonesia. Aturan ini dibuat untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19 di wilayah Indonesia.

"Mencermati perkembangan wabah COVID-19 yang telah menjadi pandemi di lebih dari 150 negara, pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) menerbitkan larangan bagi orang asing untuk masuk maupun transit di wilayah Indonesia," kata Plt Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi Jhoni Ginting melalui tayangan video di YouTube Ditjen Imigrasi.

Jumlah Pasien Positif Bertambah 149 Orang


Jumlah pasien positif Corona pada 1 April 2020 sampai pukul 12.00 WIB bertambah 149 orang menjadi 1.677 orang. Pasien yang sembuh bertambah 22 orang menjadi total 103 orang, sementara yang meninggal bertambah 21 orang menjadi total 157 orang.

"Oleh karena itu saudara-saudara sekalian, gambaran ini masih memberikan bukti bahwa penularan di luar masih terjadi, kontak dekat masih diabaikan, cuci tangan belum dijalankan dengan baik," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

31 Maret 2020

Industri Hotel Cuma Kuat Sebulan Lagi

Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran mengatakan umur bisnis hotel dan restoran kemungkinan hanya sampai bulan depan. Setelah itu, perusahaan diklaim tak mampu lagi menampung karyawan.

"Situasi ini makin lama makin tidak kondusif. Bulan April adalah bulan yang umumnya terakhir kekuatan dari pengusaha bisa mensupport karyawannya. Setelah itu mungkin kekuatan nggak ada," kata Maulana kepada detikcom, Selasa (31/3/2020).

Jumlah pasien positif Corona Tembus 1.500 orang

Jumlah pasien positif Corona pada 31 Maret 2020 sampai pukul 12.00 WIB bertambah 114 orang menjadi 1.528 orang. Pasien yang sembuh bertambah 6 orang menjadi total 81 orang, sementara yang meninggal bertambah 14 orang menjadi total 136 orang.

Kasus kematian ini adalah kasus kematian konfirmasi positif COVID-19. Patuhi betul cara menjaga jarak dengan siapapun, lebih dari 2 meter, biasakan mencuci tangan dengan sabuk, edukasikan ini sampaikan ini kepada tetangga, keluarga kita agar bisa mematuhi semua, upayakan tetap aman dan produktif di rumah," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

30 Maret

Kasus Positif Corona Bertambah 129 Orang

Jumlah kasus positif Corona pada 30 Maret 2020 sampai pukul 12.00 WIB bertambah 129 orang menjadi 1.414 orang. Pasien yang sembuh bertambah 11 orang menjadi total 75 orang, sementara yang meninggal bertambah 8 orang menjadi total 122 orang.

"Penularan di luar masih terjadi, kasus positif masih bertambah," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Operasional KA Bandara Soetta Berkurang

Untuk mencegah penyebaran virus Corona, mulai hari ini, Senin 30 Maret sampai 30 April 2020, KA Bandara Soekarno-Hatta hanya beroperasi sebanyak 10 perjalanan/hari. Sementara untuk KA Bandara Medan hanya 12 perjalanan/hari.

29 Maret

Jumlah Pasien Positif Corona Jadi 1.285 Orang

Jumlah pasien positif terinfeksi COVID-19 mengalami peningkatan per Minggu (29/3/2020). Jumlah kasus positif corona di Indonesia hari ini mencapai 1.285 kasus. Sementara itu korban meninggal dunia bertambah menjadi 114 orang, pasien sembuh 64 orang.

Infografis Cara mencegah Corona ke Rumah (dok HaiBunda)Infografis Cara mencegah Corona ke Rumah (dok HaiBunda) Foto: Mia Kurnia Sari

Maskapai mulai rumahkan karyawan

Penerbangan semakin sulit karena banyak maskapai mengandangkan pesawatnya. Meski belum ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan, sudah ada beberapa maskapai yang terpaksa harus merumahkan karyawannya.

"Belum (ada PHK), yang sekarang ini ada beberapa maskapai yang merumahkan karena kegiatan operasinya kan menurun. Kalau dilihat banyak pesawat-pesawat parkir di airport, pesawat parkir itu pasti akan sangat tidak efektif bagi perusahaan jika (karyawan) masih harus hadir ke kantor," ujar Ketua Umum INACA, Denon Prawiraatmadja kepada detikcom, Minggu (29/3/2020).

Adapun karyawan yang paling banyak dirumahkan ialah yang terlibat dalam kegiatan produksi maskapai. Mulai dari bagian mekanik pesawat, pilot, hingga pramugari.

28 Maret

Pasien Positif Corona Bertambah 1.155 Orang

Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona kembali mengalami peningkatan per Sabtu (28/3). Jumlah kasus positif corona di Indonesia hari ini mencapai 1.155 orang kasus. Sementara itu korban meninggal dunia bertambah menjadi 102 orang, pasien sembuh 59 orang.

27 Maret

Jumlah Pasien Positif Melonjak Tembus 1.000 Orang

Jumlah kasus positif Corona kini bertambah menjadi 1.046 orang. Dibanding data sebelumnya, ada penambahan yang cukup signifikan tepatnya 153 kasus baru positif Corona.


Emirates Pamit Sementara dari Dunia dan Indonesia


Di tengah meningkatnya aturan larangan perjalanan, Emirates mengumumkan memberhentikan layanan operasional penumpang di seluruh dunia. Emirates akan melanjutkan layanan penumpang segera setelah dimungkinkan untuk melakukannya. Sementara itu, Emirates mengoperasikan armada Boeing 777, memperkuat hubungan kargo udara internasional untuk mengangkut barang-barang penting, termasuk pasokan medis dan makanan, ke seluruh dunia. Di Indonesia, pada 24 Maret 2020, kru Emirates di bandara memberikan salam perpisahan pada penerbangan terakhir dari Jakarta (EK 359) dan dari Denpasar, Bali (EK 451 dan EK 399) menuju Dubai.

Candi Borobudur Tutup Lebih Lama

Balai Konservasi Borobudur (BKB) memperpanjang pembatasan sementara kunjungan wisatawan di Candi Borobudur. Pembatasan kunjungan tersebut dengan lokasi zona 1 dalam (batas pagar) mulai 30 Maret hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Adapun perpanjangan pembatasan kunjungan dalam pengumuman nomor : 0305/F7.14/HK/2020 tentang perpanjangan pembatasan kunjungan sementara Candi Borobudur 30 Maret 2020 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Pembatasan kunjungan ini untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang meluas.

Gunungkidul Tutup Tempat Wisata


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul melalui Dinas Pariwisata (Dinpar) menutup sementara tempat wisata yang pengelolaannya di bawah Dinpar. Penutupan itu berlangsung hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Mulai tanggal 24 (Maret), tempat wisata pantai dan tempat-tempat wisata lainnya di Gunungkidul ditutup sementara," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Harry Sukmono saat dihubungi wartawan, Jumat (27/3/2020).


26 Maret

Jumlah korban positif bertambah menjadi 893 orang

"Kita lihat ada penambahan kasus konfirmasi positif 103 orang, sehingga jumlah totalnya 893 orang. Sebarannya masih banyak di DKI, Sulsel juga banyak 14 orang. Ini hendaknya menjadi atensi kita. Akumulasi sampai hari ini ada 4 kasus yang sembuh, jadi ada 35 orang totalnya yang sembuh sementara kasus kematian bertambah 20 orang sehingga total 78 orang," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Ancol Perpanjang Masa Tutup

Seluruh unit rekreasi, resor dan restoran yang berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol masih akan ditutup sementara sampai waktu yang akan diinformasikan lebih lanjut.

Sebelumnya kawasan Taman Impian Jaya Ancol ditutup sementara mulai 14 - 27 Maret 2020, namun penutupan itu diperpanjang sementara sampai batas waktu yang akan diinformasikan lebih lanjut.

KAI Batalkan 19 Perjalanan KA dari Gambir dan Pasar Senen

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta sejak Senin 23 Maret 2020 melakukan pengurangan jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 atau virus Corona. Terdapat 19 Kereta Api (KA) yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan kurun waktu 23 Maret - 1 April 2020.

Okupansi Hotel di Jabar Sudah 1 Digit

Pengusaha hotel dan restoran di Jawa Barat semakin menjerit di tengah pandemi Corona (Covid-19). Kerugian besar semakin dirasakan.

"Hotel sekarang ini okupansinya sudah di bawah satu digit, atau di bawah 10 persen," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar Herman Muchtar via sambungan telepon, Kamis (26/3/2020).

Sleman Tutup Tempat Wisata

Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman mengambil kebijakan untuk menutup sementara tempat-tempat wisata yang dikelola. Langkah ini diterapkan untuk mencegah penularan virus Corona.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih, mengatakan, beberapa destinasi wisata yang dikelola Pemkab Sleman untuk sementara waktu tidak menerima wisatawan. Pihaknya akan segera melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi. Selain itu, akan ada penambahan fasilitas di destinasi wisata yang ada di Sleman.

25 Maret

Pasien positif Corona Bertambah 790 Orang

Jumlah pasien positif terinfeksi virus Corona bertambah menjadi 790 orang pada Rabu (25/3). Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 58 orang, dengan jumlah yang sembuh 31 orang.


"Koreksi data 686 pasien positif kemarin, menjadi 685 kasus. Ditambah hari ini ada 105, sehingga totalnya 790 kasus," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangan persnya, di Jakarta, Rabu (25/3).

Hotel di Bali Nyaris Kosong

Tingkat okupansi hotel di Bali nyaris mencapai 0%. Hal itu dilaporkan Gubernur Bali kepada Presiden Joko Widodo. Pengusaha hotel yang mengandalkan sektor pariwisata nyaris tidak sepeserpun menerima pemasukan dari tamu hotel. Mereka pun akhirnya merumahkan pekerjanya.

"Presiden (Jokowi) dilaporkan oleh Gubernur Bali bahwa kondisi occupancy rate (tingkat hunian kamar hotel) hampir sekarang mencapai 0%," ujar Juru Bicara Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) dan Kemenko Marves Jodi Mahardi.

24 Maret

WNI Positif Kena Corona Tambah Jadi 686

Hingga hari ini tercatat kasus positif Corona bertambah 107 orang menjadi 686 orang. Dari jumlah itu, korban sembuh mencapai 30 orang, dan meninggal mencapai 55 orang.

"Ada penambahan kasus baru konfirmasi positif sebanyak 107 kasus," ujar juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang ditayangkan BNPB di YouTube, Selasa (24/3/2020).

[Gambas:Video 20detik]



Taman Safari Prigen Pasuruan Ditutup

Taman Safari Prigen di Pasuruan akhirnya menutup kunjungan wisatawan. Penutupan dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

"Penutupan dimulai 23 Maret hingga 3 April 2020, atau hingga perkembangan selanjutnya," kata Dwi Kurniawati, Sekretaris Taman Safari Prigen, kepada detikcom melalui sambungan telepon, Selasa (24/3/2020).

Hotel Surya Paloh Jadi Posko Medis Tim Corona

Surya Paloh meminjamkan hotel miliknya kepada Gugus Tugas Penanganan COVID-19. The Media Hotel yang dimiliki Paloh akan dijadikan posko virus Corona.

23 Maret

579 Kasus Positif

Jumlah kasus positif virus corona COVID-19 di Indonesia kembali mengalami peningkatan. Total tercatat 579 kasus positif dengan 30 kasus dinyatakan sembuh dan 49 meninggal dunia.

"Ada penambahan kasus baru sebanyak 65 orang," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Ahmad Yurianto, Senin (23/3/2020).

Efek Virus Corona ke Wisata RIFoto: Tim Infografis
Efek Virus Corona ke Wisata RIFoto: Tim Infografis detikcom

Jakarta Tambah Tempat Rekreasi yang Ditutup

DKI Jakarta menambah daftar rekreasi yang ditutup gara-gara Corona. Rekreasi atau tempat hiburan yang ditutup adalah:

1. Sarana rekreasi keluarga Amazon, Kidzoona dan Playtopia di Mall Lotte Avenue
2. XXI Cinema di Mall Artha Gading, Setiabudi One dan Lotte Avenue
3. Mayzo Spa Setiabudi
4. Malioboro Gajah Mada
5. Kawasan Melawai
6. Masterpiece Jalan Raden Inten
7. Capella Ujung Menteng
8. Human Balance Artha Gading
9. Bpunce Street Family Zone Artha Gading
10. NAV Karaoke Artha Gading
11. Emporium
12. Grand Paragon
13. Invinite
14. Dynasti Ujung Menteng
15. Viva Cafe Ujung Menteng
16. Permata Cafe Ujung Menteng
17. Bunga Cafe Ujung Menteng
18. Fun World Buaran Plaza

TMII Juga Tutup

Selain itu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) per 23 Maret ini tutup sementara

22 Maret

514 Kasus Positif Corona

Jumlah kasus positif virus corona COVID-19 di Indonesia mengalami penambahan 64 kasus. Total ada 514 kasus hingga saat ini.

"Ada penambahan kasus positif sebanyak 64 orang sehingga totalnya adalah 514 orang," kata Ahmad Yurianto, juru bicara pemerintah terkait penanganan virus corona COVID-19, Minggu (22/3/2020).

Taman Nasional Komodo Ditutup 2 Bulan!

Menindaklanjuti perkembangan dan urgensi pencegahan penyebaran COVID-19, dengan ini Balai Taman Nasional Komodo menutup sementara kawasan dari kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar negeri terhitung sejak tanggal 22 Maret - 29 Mei 2020.

[Gambas:Instagram]



21 Maret

Kasus Positif 450 Orang

Jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) kembali bertambah pada Sabtu (21/3). Kini telah ada 450 orang yang dinyatakan posirif terjangkit virus tersebut, 38 meninggal dunia dan 20 sembuh.

"Ada penambahan kasus baru sebanyak 81 orang. sehingga total kasus adalah 450 orang,," ucap juru bicara pemerintah Achmad Yurianto saat konferensi pers di Jakarta yang disiarkan langsung, Sabtu (21/3).

Bali Putuskan Tak Ada Pawai Ogoh-ogoh

Pawai Ogoh-ogoh dalam perayaan Nyepi di Bali pada tahun ini resmi dibatalkan. Hal itu guna mencegah penyebaran Corona.

Tempat Wisata di Bandung Rugi 80%

Beberapa perusahaan dan pengusaha pariwisata di Kabupaten Bandung merugi 50 persen hingga 80 persen dengan wabah virus Corona. Tapi, tak ada toleransi untuk tetap menutup seluruh kegiatan wisata.

20 Maret

Wali Kota Bogor Positif Corona

Wali Kota (Walkot) Bogor, Bima Arya, positif terjangkit virus Corona. Ia dinyatakan positif Corona usai menerima hasil tes swab kemarin (19/3) sore. Sebelumnya, Bima Arya beserta 4 jajarannya, termasuk istrinya melakukan kunjungan dinas ke Turki dan Azerbaijan sejak 8-15 Maret 2020.

[Gambas:Video 20detik]


Pemerintah Mulai Batasi Turis Asing

Kemenlu mengumumkan untuk membatasi kedatangan orang asing dengan menangguhkan bebas visa (169 negara), visa on arrival, dan bebas visa diplomatik. Itu menjadi lanjutan larangan kedatangan orang dari negara-negara endemi corona, seperti China dan Korea Selatan. Larangan masuk ke Indonesia juga diberikan kepada traveler dari delapan negara lain.

Tapi, Kemenlu juga mencantumkan masih memberikan ruang untuk orang asing masuk dengan visa melalui perwakilan RI sesuai dengan maksud dan tujuan kunjungan.

Dermaga Marina ke Kepulauan Seribu Ditutup

Setelah Ancol dan TN Kepulauan Seribu, Dermaga Marina Ancol juga ikut ditutup sementara. berlaku mulai hari Jumat pekan ini. Mengikuti imbauan Pemprov DKI Jakarta, hari Jumat pekan lalu (13/3) pihak Taman Impian Jaya Ancol juga ikut menutup sementara taman rekreasi tersebut beserta Dufan, Atlantis Water Adentures, Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol.

Kasus Corona Jadi 369 Orang

Pemerintah memperbarui data kasus virus Corona skala nasional. Data terbaru menunjukkan ada penambahan hingga lebih dari 369 kasus.

"Total kasus hari ini 369 orang," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta Timur, Jumat (20/3/2020).

Total kasus WNI kena Corona di Indonesia ini dihimpun pemerintah dari Kamis (19/3/) pukul 12.00 WIB hingga Jumat (20/3) pukul 12.00 WIB. Kasus positif Corona ini tersebar di beberapa titik di Indonesia, terbanyak di DKI Jakarta. Ada penambahan kasus yang sembuh. Kasus yang sembuh secara total adalah 17 kasus. Sementara untuk pasien positif Corona yang meninggal bertambah 7 orang. "Sehingga total kasus yang meninggal menjadi 32 orang," kata Yuri.

19 Maret

Taman Nasional Gunung Leuser Hingga Taka Bonerate Tutup

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menutup 56 kawasan konservasi. "Hingga hari ini, Kamis, 19 Maret 2020, sebanyak 56 kawasan konservasi, terdiri dari 26 Taman Nasional/TN, 27 Taman Wisata Alam/TWA dan 3 Suaka Margasatwa/SM, telah ditutup untuk kunjungan wisata, baik domestik maupun manca negara," ujar Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Wiratno, dalam siaran pers.

LIPI Tutup Kebun Raya

LIPI melakukan penutupan pada 4 Kebun Raya. Di antaranya yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

"Penutupan sementara akan dilakukan mulai Kamis 19 Maret hingga Selasa 31 Maret dan akan dibuka kembali setelah melihat perkembangan situasi," kata Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko

Gunung Rinjani Ditutup

Taman Nasional Gunung Rinjani menutup diri dari wisatawan. Penutupan itu diumumkan di Instagram resminya, gunungrinjani_nationalpark dan dimulai pada Senin (16/3/2020). Penutupan ini juga untuk objek wisata alam yang ada di kawasan Gunung Rinjani.

Wishnutama Minta Konser Musik Ditunda

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio meminta kegiatan kreatif, baik di dalam dan luar ruangan, seperti konser musik, festival, pelatihan, bazar, seminar, pameran, dan konferensi ditunda selama masa darurat bencana Corona.

Dia mengimbau dinas pariwisata yang membidangi pariwisata dan ekonomi kreatif, asosiasi pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif di Indonesia untuk bersama-sama berupaya mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19) di daerah masing-masing. Itu tercantum dalam Surat Edaran yang dikeluarkan di Jakarta, Selasa (19/3/2020).

Jumlah Pasien Corona Melonjak Jadi 309 Orang.

Pemerintah memperbarui data kasus virus Corona (COVID-19) skala nasional. Data terbaru menunjukkan ada penambahan hingga lebih dari 300 kasus. "Total kasus hari ini 309 orang," kata Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Wabah Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta Timur, Kamis (19/3/2020).

Achmad YuriantoAchmad Yurianto Foto: Andhika Prasetia/detikcom

18 Maret

Pasien Positif Corona Jadi 227 Orang

Pemerintah kembali memperbarui data kasus positif virus Corona (COVID-19) serta data penunjang lainnya. Total kasus positif saat ini disebutkan 227, dengan rincian 11 orang negatif dan 19 orang meninggal dunia.

Jatim Park Group Tutup Sebulan

Upaya pencegahan virus Corona terus dilakukan di Indonesia. Jatim Park Group mendukung kebijakan ini dan menutup atraksi wisatanya selama sebulan.

Jatim Park Group memutuskan menutup sementara destinasi wisata yang dikelolanya di Kota Batu. Penutupan berlaku mulai 20 Maret 2020 sampai 20 April 2020 mendatang. Sebelumnya, upaya pencegahan sudah dilakukan dengan penyemprotan disinfektan.

Pangandaran Jawa Barat Juga Tutup

Pemerintah Kabupaten Pangandaran akhirnya mengambil langkah untuk menutup sementara seluruh objek pariwisata yang ada di Pangandaran.

"Kita tutup sementara selama 2 pekan sampai tanggal 30 Maret 2020," kata Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata usai menggelar rapat koordinasi, Rabu (18/3/2020).

Penutupan tempat wisata ini menurut Jeje dilakukan untuk menyesuaikan kebijakan yang telah digariskan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi Jawa Barat.

Lion Air Group Setop Terbang dari dan ke Malaysia

Malaysia mulai lockdown. Mendukung hal tersebut, maskapai Lion Air Group menghentikan sementara penerbangan dari dan ke Malaysia.

Dari rilis yang diterima detikcom, Lion Air Group akan menyetop sementara penerbangan internasional dari dan ke Malaysia mulai hari ini, Rabu (18/3/2020), termasuk dari Indonesia.

Kebijakan ini akan berlaku hingga 31 Maret 2020. Penerbangan ini mencakup Malindo Air, Lion Air, Batik Air, dan Wings Air.

Ganjar Pranowo Tutup 55 Spot Wisata di Jateng

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menambah lagi destinasi wisata yang ditutup sebagai imbas dari wabah Corona. Kini setidaknya ada 55 destinasi wisata yang ditutup di Jateng.

Mengutip data dari Pemprov Jateng, penutupan dimulai dari 14 Maret sampai akhir Maret, namun ada juga yang penutupannya belum ditentukan sampai kapan. Beberapa spot populer seperti Lawang Sewu, Candi Borobudur, Museum Ambarawa dan lainnya.

Gunung Lawu Ditutup

Gunung Lawu mulai mengambil langkah pencegahan virus Corona. Mulai har ini jalur pendakian Gunung Lawu ditutup sementara.

Makam Sunan Gunung Jati Ditutup

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon sepakat menutup sementara komplek pemakaman Sunan Gunung Jati. Makam Sunan Gunung Jati terletak di Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jabar. Begitu banyak wisatawan nusantara mendatanginya untuk wisata religi.

17 Maret

Jumlah Pasien Corona Jadi 172 Orang

Jumlah kasus positif virus Corona (COVID-19) terus bertambah, saat ini telah mencapai 172 orang. Dari jumlah tersebut, tercatat 5 kasus meninggal dunia.

"Terkait dengan data terakhir yang kita rilis adalah 134 orang confirm positif dengan angka kematian 5 orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers yang disiarkan langung melalui akun YouTube, Selasa (17/3/2020).

Wings Air Setop Rute Pontianak-Kuching

Maskapai Wings Air menghentikan sementara rute penerbangan dari Pontianak ke Kuching, Malaysia.

KAI Larang Penumpang Demam Tinggi Naik Kereta

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melarang penumpang dengan suhu badan 38 derajat celsius ke atas untuk naik kereta api. Larangan ini mulai dilakukan sejak 14 Maret 2020.

Wisata Desa Terbersih Dunia di Bali Ditutup

Desa Penglipuran yang sering disebut desa terbersih dunia, tutup gara-gara Corona.

16 Maret

Jumlah Korban Corona Bertambah 17, Total Jadi 134 Kasus

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengkonfirmasi adanya tambahan pasien positif Corona atau COVID-19. Kemenkes menyebut Senin 16 Maret ini ada 17 kasus baru yang terkonfirmasi positif Corona.

Berikut ini data 17 pasien yang terkonfirmasi positif hari Senin ini:

1. Provinsi Jawa Barat (1 kasus)
2. Provinsi Banten (1 kasus)
3. Provinsi Jawa Tengah (1 kasus)
4. Provinsi DKI Jakarta (14 kasus)

Daerah Tutup Objek Wisata

Beberapa daerah mulai menutup objek wisata. Seperti Pemprov NTB menutup Gili Trawangan, Gili air dan Gili Meno yang ada di Kabupaten Lombok Barat, termasuk sejumlah Gili yang dijadikan akses wisatawan luar negeri.

Klaten menutup objek mata air Cokro (OMAC) di Kecamatan Tulung, Bukit Sidoguro di Kecamatan Bayat, Candi Plaosan dan Candi Sojiwan di Kecamatan Prambanan.

Aceh menutup Museum Tsunami, boat di atas rumah di Lampulo dan PLTD Apung. Selain itu, kawasan wisata bahari serta taman-taman wisata di ibu kota Provinsi Aceh ikut ditutup.

15 Maret

117 Kasus Positif Virus Corona di Indonesia

Juru bicara pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto, menyebut ada 21 kasus baru virus corona COVID-19. Total sudah ada 117 kasus yang terkonfirmasi positif di Indonesia.

14 Maret

Kemenparekraf Menunda Insentif untuk Turis Asing

Menparekraf WishnutamaMenparekraf Wishnutama Foto: (dok Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

"Kami terus memantau dan memutuskan untuk menunda promosi dan memberikan insentif untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Sampai pandemi ini berakhir, baru kita siapkan upaya itu kembali," kata Menparekraf Wishnutama Kusubandio.

Sebelumnya, pemerintah menyiapkan insentif untuk wisatawan mancanegara dengan memberikan alokasi tambahan sebesar Rp 298,5 miliar terdiri dari alokasi untuk airlines dan agen diberikan diskon khusus ataupun semacam insentif totalnya Rp 98,5 miliar. Alokasi lainnya diberikan kepada anggaran promosi sebanyak Rp 103 miliar, kegiatan tourism sebesar Rp 25 miliar, serta relasi media dan jasa pemberi pengaruh atau influencer sebesar Rp 72 miliar.

Sementara untuk menggenjot jumlah kunjungan wisatawan domestik yang melemah akibat virus corona, pemerintah memberikan diskon 30 persen untuk di 10 tujuan wisata. Potongan harga itu diberikan dengan kuota 25 persen dari jumlah kursi pesawat setiap penerbangan.

DKI Tutup 23 Tempat Wisata

DKI Jakarta menambah spot wisata yang ditutup, dari 17 menjadi 23 tempat wisata. Penutupan sport wisata di Jakarta itu dimulai 14 hingga 29 Maret 2020. Selama penutupan akan dilakukan pembersihan dan disinfektan.

Berikut daftarnya:

1. Kawasan Monas
2. Ancol
3. Kawasan Kota Tua
4. Taman Margasatwa Ragunan
5. Anjungan DKI di TMII
6. Planterarium Jakarta
7. Taman Ismail Marzuki
8. PBB Setu Babakan
9. Rumah Si Pitung
10. Pulau Onrust
11. Taman Benyamin Suaeb
12. Wayang Orang Bharata
13. Miss Tjitjih
14. Gedung latihan kesenian (5 wilayah kota)
15. Gedung Kesenian Jakarta
16. Museum Taman Prasasti
17. Museum Sejarah Jakarta
18. Museum MH Thamrin
19. Museum Seni Rupa & Keramik
20. Museum Tekstil
21. Museum Wayang
22. Museum Bahari
23. Museum Joang '45

13 Maret

DKI Tutup 17 Spot Wisata

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menutup 17 spot wisata di ibu kota. Yakni:

1. Monas
2. Ancol
3. Kawasan Kota Tua
4. TM Ragunan
5. Anjungan DKI di TMII
6. Taman Ismail Marzuki
7. PBB Setu Babakan
8. Rumah Si Pitung
9. Pulau Onrust
10. Museum Sejarah Jakarta
11. Museum Prasasti
12. Museun MH Thamrin
13. Museum Seni Rupa dan Keramik
14. Museum Tekstil
15. Museum Wayang
16. Museum Bahari
17. Museum Joang '45

WNI Positif Corona Bertambah Jadi 69 Orang

Kasus orang teridentifikasi positif virus Corona Covid-19 di wilayah Indonesia terus bertambah. Kini ada 69 kasus positif corona. Dari 69 kasus ini, total ada 4 orang yang telah meninggal dunia. Sebaliknya, ada 5 orang yang dinyatakan sembuh.

12 Maret

Virus Corona Bikin Wisata Indonesia Rugi Rp 21 Triliun

Virus Corona yang masih menjangkiti dunia termasuk Indonesia telah membuat sektor pariwisata terpukul. Imbasnya, kerugian ditaksir mencapai USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 21 triliun.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Hariyadi Sukamdani dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Live Report: Efek Virus Corona ke WisataFoto: (Intan/detikcom)

"Untuk sementara waktu untuk sektor pariwisata kami menghitung sudah mengalami kerugian USD 1,5 miliar. Itu dari turis Tiongkok sendiri saja sudah USD 1,1 miliar. Dan ditambah denga ikutan-ikutan yang lain paling sedikit ada USD 400 miliar," kata Hariyadi.

Pasien Corona Mulai Sembuh

Juru bicara pemerintah untuk virus corona COVID-19, dr Achmad Yurianto, mengatakan tiga pasien telah sembuh dari virus corona. Tiga pasien tersebut sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur.

"Kami yakin dalam waktu dekat, tidak terlalu lama pasien lain juga akan sembuh," katanya kepada media di RSUP Persahabatan, Kamis (12/3/2020).

Selain itu 9 WNI ABK Diamond Princess yang dirawat di Jepang telah sembuh semuanya. Lima di antaranya sudah tiba di Indonesia.

11 Maret

Pasien Corona Bertambah Jadi 34

Pasien positif Corona (COVID-19) di Indonesia bertambah 7 orang menjadi 34 orang. Semuanya, merupakan imported case atau pasien yang terinfeksi dari luar Indonesia. "Semuanya adalah imported case," kata Jubir Pemerintah untuk Urusan Virus Corona, Achmad Yurianto dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

Yuri mengatakan 5 dari 7 pasien baru tersebut dalam kondisi tampak sakit ringan sedang. Sementara, 2 pasien dalam kondisi sakit sedang. "Ada penambahan sejumlah 7 pasien. Dengan kondisi rata-rata nampak sakit ringan sedang. Kecuali nomor 30 dan 29," ujarnya.

Formula E Jakarta Dibatalkan

Gelaran Formula E di Jakarta resmi ditunda karena sebaran virus Corona (COVID-19). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan risiko terlalu besar jika gelaran internasional tersebut tetap digelar.

"Formula E kegiatan yang dihadiri wisatawan internasional. Risiko yang ada terlalu besar untuk warga Jakarta, bila wisatawan yang datang dari negara memiliki virus Corona," kata Anies dalam jumpa pers di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

10 Maret

Pasien Corona Bertambah Jadi 27 Orang

Pasien yang positif tertular virus Corona Covid-19 di wilayah Indonesia bertambah lagi. Kini ada 27 pasien positif virus Corona di wilayah Indonesia.

"Demikian informasi pasien dari nomor 20 sampai 27," kata Jubir Pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Sejumlah pasien tertular di luar negeri, lalu masuk ke wilayah RI. Namun ada juga tambahan pasien yang tertular di dalam negeri.

Pangandaran Mulai Sepi

Kawasan wisata pantai Pangandaran Jawa Barat mulai terkena imbas virus Corona. Pelaku usaha pariwisata mulai merasakan ada penurunan tingkat kunjungan.

"Tiga hari lalu kami meminta pengelola hotel dan restoran di Pangandaran untuk mengirim data kunjungan. Setelah kami rekap dan analisa, ada penurunan tingkat kunjungan sekitar 30 persen," kata Ketua BPC Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pangandaran, Agus Mulyana, Selasa (10/3/2020).

Wisata di PangandaranWisata di Pangandaran Foto: Faizal Amiruddin

Dia mensinyalir penurunan tingkat hunian hotel ini terdampak oleh isu wabah virus Corona di tanah air. "Indikasinya banyak calon pengunjung hotel yang membatalkan pesanannya," kata Agus.

Hotel Mulai Rumahkan Karyawan

Penyebaran virus Corona di Indonesia telah menurunkan tingkat keterisian hotel atau okupansi hotel di Indonesia sampai ke level bawah. Ada hotel yang okupansinya di bawah 30 persen.

Untuk memangkas kerugian, hotel biasanya memangkas biaya operasional mulai dari biaya tenaga kerja dan listrik yang menjadi penyumbang terbesar biaya hotel. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani, menyebutkan sudah ada hotel yang telah melakukan pembicaraan dengan tenaga kerja soal giliran kerja dan sebagian lagi ada yang sudah merumahkan karyawannya.

"Kalau memang hotel tersebut mengalami penurunan sampai 30 persen mereka rata-rata tidak akan mungkin survive tanpa melakukan pemotongan biaya secara signifikan, salah satu yang biasa lakukan pemotongan adalah tenaga kerja, dan listrik. Biaya tenaga kerja dan listrik ini penyumbang terbesar biaya di sektor perhotelan. Sekarang kondisinya hotel sudah mulai melakukan pembicaraan dengan karyawan untuk mengambil posisi yang terbaik untuk semua pihak khususnya untuk keberlangsungan perusahaan, sebagian dari mereka menyepakati untuk bergiliran bekerja atau sebagian dirumahkan," ujarnya seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Selasa (10/3/2020).

9 Maret

Kapal Pesiar Australia Dilarang Sandar di Sulawesi

Kapal pesiar Australia, Coral Adventure, ditolak masuk ke Pelabuhan Tanjung Ringgit (PTR), Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan ke Pelabuhan Tanjung Bira, Bulukumba. Hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19).

"Konfirmasi sebelumnya kan memang kita mau terima, tapi semenjak ada begini (virus Corona) kita sepakat menolak," ujar Bupati Bulukumba, Andi Sukri Sappewali, kepada detikcom, Senin (9/3/2020).

Kapal Coral Adventure disebut sudah berada di perairan sekitar Pelabuhan Tanjung Bira dan siap merapat sekitar pukul 08.00 Wita. Namun pemerintah dan otoritas pelabuhan setempat akhirnya memutuskan melakukan penolakan.

Pasien Melonjak Jadi 19 Orang

Pemerintah mengumumkan lonjakan jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di wilayah Indonesia. Kini, Pemerintah mengumumkan ada 19 pasien yang positif virus Corona.

"Kasus yang terkonfirmasi positif sebanyak 19," kata Jubir Pemerintah untuk urusan virus Corona, Achmad Yurianto, kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Senin (9/3/2020) pukul 17.45 WIB.

Karyawan di Bali Digaji Setengah

Dampak virus Corona semakin terlihat di Bali. Nyatanya, banyak pelaku usaha yang sepi dan upah karyawan dipotong setengah gaji. Menurunnya pendapatan usaha memaksa Komang Suaryasa, seorang pengelola usaha di Bali untuk memotong gaji pegawai yang kebanyakan bekerja dalam skema paruh waktu. "Kami hanya bisa mengupah karyawan setengah gaji. Itu pun kami kurangi," katanya.

Suaryasa berusaha optimistis jika kondisi ini tidak akan berlangsung lama. "Saya berharap secepatnya (pulih). Apalagi kami di Bali sudah membuat persembahan khusus untuk menolak bala," kata Suaryasa.

Kamar Hotel Kosong 70%

Ketum PHRI Pusat, Hariyadi Sukamdani, mengatakan semenjak ada kasus positif baru corona pada 6 Maret 2020, tak ada perubahan soal tingkat okupansi hotel di Indonesia. Berdasarkan catatan Hariyadi hingga akhir Februari 2020, untuk Batam dan Bintan, tingkat keterisian hotel pada Januari dan Februari 2020 turun jadi 30-40% jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Rata-rata okupansi atau tingkat keterisian saat ini anjlok hanya berkisar 20-30%, itu artinya 70% kamar kosong.

8 Maret

14 Kapal Cruiser Batal Berlayar di Bali

Wabah virus Corona sudah menyebar di beberapa negara termasuk Indonesia. Ada 14 kapal cruise yang sudah membatalkan untuk bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali.

"Sesuai dengan data yang kami terima, ada 14 kapal yang sudah membatalkan kedatangannya di Pelabuhan Benoa," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Benoa, Agustinus Maun, pada Minggu (8/3/2020).

WNI Positif Corona Bertambah Lagi Jadi 6 Orang

Kasus positif virus Corona di Indonesia kembali bertambah. Sebelumnya, empat orang dinyatakan positif, kini dua orang lagi terjangkit virus Corona.

"Hari ini dari hasil (pemeriksaan). 2 kasus positif. Yang pertama kasus 5 laki-laki 55 tahun. Ini adalah hasil pemeriksaan lanjutan dari kasus kluster Jakarta. Yang tadi kita lakukan suspect bahwa yang bersangkutan confirm positif Covid-19," kata Jubir Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto di Istana Kepresidenan, Minggu (8/3/2020).

Achmad YuriantoAchmad Yurianto Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

"Kemudian kasus 6 laki-laki 36 tahun. Imported case dia dapat dari Jepang yang dia dapatkan waktu bekerja ABG ABK di diamond princess," imbuhnya.
Yuri menyebut kondisi pasien kasus 5 dan kasus 6 stabil.

"Stabil, tidak demam, tidak batuk, tidak pilek. Kondisi baik," katanya

7 Maret

Hunian Hotel Turun

Badan Pengurus Daerah Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (BPD PHRI), Sulawesi Selatan (Sulsel), merilis tingkat hunian hotel turun hingga 20 persen sejak maraknya pemberitaan virus Corona di Indonesia.

Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga, yang dihubungi detikcom, mengatakan selain tingkat hunian rata-rata di sejumlah hotel di Makassar hanya 40 sampai 43 persen, dampak virus Corona juga merugikan pihak hotel akibat banyaknya reservasi event (acara) yang dibatalkan karena khawatir dengan virus Corona.

"Gara-gara isu Corona ini, ada event kedokteran internasional yang rencananya digelar di salah satu hotel di Makassar Agustus nanti, di-cancel (dibatalkan), dan manajemen hotel diminta untuk membuat pernyataan kegiatan di-cancel akibat isu corona dan panitia dibebaskan dari biaya pinalti," ujar Anggiat.

Suasana lobi sebuah hotel di CianjurSuasana lobi sebuah hotel di Cianjur Foto: Ismet Slamet

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Cianjur Nano Indra Praja menambahkan virus corona secara otomatis akan melumpuhkan tingkat pariwisata di Kabupaten Cianjur. Bahkan untuk secara keseluruhan hotel yang tergabung di PHRI, tingkat hunian hingga saat ini menurun sampai 35 persen.

"Untuk Februari ini sekitar 35 persen okupansi hotel turun," kata dia.

Wisman ke Borobudur Turun 30%

Wisatawan mancanegara di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, turun 30 persen. Penurunan tersebut terjadi seiring dengan dampak virus corona.

Berdasarkan data yang ada, jumlah kunjungan wisman pada bulan Januari dan Februari tahun 2018, 2019 dan 2020 bisa sebagai bahan perbandingan.

Adapun pada tahun 2018 bulan Januari ada 16.907 wisman dan Februari ada 21.505 orang. Kemudian pada tahun 2019, pada bulan Januari ada 13.398 orang dan Februari ada 16.642 orang wisman. Sedangkan pada tahun 2020 kunjungan wisman bulan Januari ada 15.603 orang dan Februari 11.506 wisman.

Live Report: Efek Virus Corona ke WisataFoto: Eko Susanto

Sekretaris Perusahaan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Emilia Eny Utari mengatakan, terkait virus corona berdampak terhadap jumlah kunjungan wisman menurun. Penurunan yang terjadi sampai 30 persen.

"Ya pasti dampaklah. Kunjungan, pasti jelas wisman menurun. Kalau dibandingkan dengan tahun lalu sampai dengan Februari itu, kita turun sampai 30 persen. Tahun lalu ya, kalau dibandingkan di Borobudur. Semua, Prambanan juga sama, kita semua 30 persen turun," kata Emilia di Candi Borobudur, Sabtu (7/3/2020).

6 Maret

Sabang Marine Festival Ditunda

Event Sabang Marine Festival (SMF) 2020 yang rencananya bakal digelar pertengahan Maret mendatang diputuskan bakal ditunda. Panitia sudah menyampaikan kabar penundaan tersebut ke peserta dari sejumlah negara.

"SMF 2020 ditunda hingga selesai West Sumatra Rally diperkirakan pada bulan September, dan nanti akan diumumkan kembali," kata Deputi Komersial dan Investasi BPKS, Agus Salim saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (6/3/2020).

Imbas Virus Corona, Event Sabang Marine Festival 2020 DitundaImbas Virus Corona, Event Sabang Marine Festival 2020 Ditunda Foto: dok BPKS Sabang

Kegiatan SMF 2020 digelar oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) di Sabang dan rencananya akan berlangsung pada 15-19 Maret. Ada sejumlah agenda yang sedianya dibuat di antaranya yaitu yacht parade, Sabang and Banda Aceh City Tour, Captain Dinner dan lainnya.

12 Ribu Penerbangan Dibatalkan

Sebanyak 12.703 penerbangan periode Januari-Februari 2020 harus ambyar alias dibatalkan gegara virus Corona. Jumlah penerbangan itu ialah penerbangan yang melalui bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I di 15 bandara.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi merinci, penerbangan yang dibatalkan terdiri dari 11.680 penerbangan dometik dan 1.023 penerbangan internasional.

"Dari data statistik kita Januari-Februari saja di 15 bandara yang dikelola AP I ada sekitar 12.703 penerbangan yang dicancel," katanya di Kementerian BUMN Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Pengunjung Tempat Wisata Diukur Suhu Badannya

Berbagai tempat wisata seperti Candi Borobudur dan Ancol mulai menggunakan thermal scanner buat pengunjung. Ancol juga menggelar pemantauan suhu dan deteksi dini penumpang kapal yang akan menuju ke Kepulauan Seribu hari Kamis (5/3) di Dermaga Marina Ancol.

Pengunjung Borobudur dites Suhu TubuhPengunjung Borobudur dites Suhu Tubuh Foto: Eko Susanto

Ribuan Turis Naik Kapal Pesiar Ditolak Masuk Sabang

Wabah virus Corona memukul pariwisata Sabang, Aceh. 7.400 turis asing yang berangkat dengan empat kapal pesiar ditolak masuk ke Sabang.

Empat kapal pesiar yang gagal merapat yaitu MS Artania Cruise (dengan 1.200 penumpang) rencana singgah di Sabang pada 16 Februari lalu, MS.Norwegian Jade yang membawa 2.500 wisman dan 700 orang rencana merapat Selasa 3 Maret lalu.

Kemudian ada MS. Seabourn Sorjoun dengan 1.200 penumpang dan kru 450 orang seharusnya singgah pada Senin 16 Maret mendatang. Terakhir yaitu kapal MS Marella Discovery dengan penumpang 2.500 orang serta crew 750 orang seharusnya berkunjung ke Sabang pada Minggu (29/3) mendatang.

"Bulan ini ada tiga kapal pesiar konfirmasi masuk. Tanggal 3, 16 dan 29 Maret. Namun hasil rapat koordinasi kemarin harus sejalan dengan surat Walikota Sabang," kata Deputi Komersial dan Investasi BPKS, Agus Salim saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (6/3/2020).

5 Maret

RI Tutup Pintu untuk Traveler Iran, Italia dan Korea Selatan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengeluarkan kebijakan sementara pembatasan masuknya warga negara asing (WNA) asal 3 Negara yang memiliki kenaikan signifikan penyebaran virus COVID-19. Ke-3 negara tersebut adalah Iran, Italia, dan Korea Selatan (Korsel) serta para pelancong (travelers) yang pernah mengunjungi wilayah-wilayah di 3 negara itu.

Retno MarsudiRetno Marsudi Foto: Ari Saputra/detikcom

"Sesuai laporan terkini WHO, saat ini terdapat kenaikan signifikan kasus COVID-19 di luar Tiongkok, terutama tiga negara, yaitu Iran, Italia, dan Korea Selatan," Kata Retno di kantornya, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Kapal Viking Sun Dilarang Bersandar

Kapal pesiar Viking Sun ditolak bersandar di Surabaya dan Semarang gegara ada suspect Corona di kapal itu. Kapal pesiar Viking Sun dilarang bersandar di Surabaya oleh Walikota Tri Rismaharini karena di dalamnya diduga ada 2 penumpang yang suspect Corona.

Kapal Viking SunKapal Viking Sun Foto: Angling Adhitya Purbaya

Kapal berbendera Norwegia ini bertolak dari Labuan Bajo. Namun kapal akhirnya bisa bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, usai sebelumnya ditolak Pemkot Semarang. Kapal itu dibolehkan berlabuh tapi dengan syarat.

[Gambas:Video 20detik]

4 Maret

Wisata Lembang Terpengaruh Corona


Wabah virus Corona yang merambah ke Indonesia beberapa hari belakangan turut berdampak pada sektor wisata, termasuk di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sejak adanya dua warga Depok yang positif Corona, wisata Lembang Park and Zoo, mengalami penurunan kunjungan wisatawan sekitar 10 persen dari jumlah pengunjung sekitar 1.000 orang per hari.

Manager Operasional Lembang Park and Zoo Iwan Susanto, mengatakan penurunan tersebut terjadi karena kekhawatiran masyarakat bisa terpapar Corona Virus.

"Setelah adanya penyebaran Virus Corona itu berpengaruh pada penurunan pengunjung, sekitar 10 persen. Tapi itu juga berpengaruh ke wisata lain, buka kami saja," ujar Iwan saat ditemui di Lembang Park and Zoo, Rabu (4/3/2020)

3 Maret

Insentif Turis Asing Ditunda

Menyusul heboh WNI positif Corona, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan pemerintah mengevaluasi atas insentif pariwisata. Diputuskan insentif itu akan ditunda.

"Ditunda, di-review dulu. Sampai lebih jelas lagi kondisinya," tuturnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Sebelumnya pemerintah menyediakan dana total Rp 10,3 triliun untuk sederet insentif di tengah-tengah merebaknya virus corona. Khusus di sektor pariwisata, pemerintah menganggarkan Rp 298,5 miliar untuk wisatawan asing. Secara rinci, dana tersebut merupakan insentif untuk maskapai dan travel agent sebesar Rp 98,5 miliar, anggaran promosi wisata Rp 103 miliar, kegiatan pariwisata Rp 25 miliar, dan influencer Rp 72 miliar.

3 Maret

RS Khusus Corona Dibangun di Pulau Galang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berniat untuk membangun rumah sakit (RS) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Falisitas kesehatan itu akan menjadi RS Khusus virus corona.

Hal itu disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menghadiri rapat dengan Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

"Mau dibikin di Pulau Galang di Batam. ya RS khusus, nggak tau namanya. Jadi seperti keperluan untuk Natuna dan Sebaru. Kalau ada case itu dibawa ke sana. Nanti Pak Menkes yang operasikan," tuturnya.

Untuk membangun RS khusus virus corona ini, Basuki tadi rapat dengan Panglima TNI, Polri, BIN, Menteri Kesehatan, Menteri Keuangan dan dipimpin oleh Jokowi.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA