Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 06 Mar 2020 23:22 WIB

TRAVEL NEWS

Virus Corona Mewabah, Produsen Soju Sumbang Alkohol untuk Sanitizer

Femi Diah
detikTravel
soju
Foto: Istock
Jakarta -

Produsen soju, minuman beralkohol khas Korea Selatan, ambil bagian dalam memerangi wabah virus Corona. Mereka menyerahkan stok alkohol untuk membuat sanitizer atau cairan pembersih.

Seperti masker medis, stok disinfekan, termasuk handsanitizer, habis atau kalaupun ada harganya sangat mahal seiring merebaknya virus Corona. Khusus di China, angka kematian telah mencapai 3 ribu orang dengan sebanyak 52 ribuan orang sembuh.

Situasi itu membuat produsen soju Korea Selatan turun tangan seiring dengan meningkatnya permintaan etanol sebagai bahan cairan pembersih. Mereka menyumbangkan alkohol untuk hasil distilasi dengan kadar alkohol 17-20 persen dari beras, gandum atau kentang.

"Permintaan etanol untuk membuat disinfeksi meningkat, sementara pasokan terbatas. Kami memutuskan untuk menyediakannya," kata salah satu petinggi Daesun Distilling yang berbasis di Busan seperti dikutip Reuters.

Perusahaan itu berjanji menyumbang 32 ton etanol untuk disinfektan di gedung-gedung dan tempat publik di Busan dan tenggara Daegu, kota yang menjadi pusat wabah di Korea Selatan.

"Kami berencana terus berdonasi sampai wabah virus corona stabil dan akan menyumbang 50 ton lagi," kata sumber anonim itu.

Rata-rata orang Korsel mengonsumsi soju 12 gelas tiap pekan. Etanol untuk minuman alkohol bisa diproduksi dari fermentasi atau distilasi, biasanya dari tumbuhan dan biji-bijian.

Selain beras, gandum, dan kentang, minuman beralkohol itu bisa berasal dari petrokimia. Lee Duchkhwan, profesor kimia di Universitas Sogang, Seoul, menyatakan baik untuk minuman atau pembersih, memiliki struktur kimia sama dan bisa menghancurkan partikel virus.

"Perbedaannya, ada pada pajak minuman keras yang dikenakan untuk etanol produksi pembuat minuman alkohol," Lee menambahkan.

Selain Daesun Distilling, Hallasan Soju yang berbasis di pulau Jeju juga menyediakan 5 ton etanol.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA