Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Mar 2020 06:30 WIB

TRAVEL NEWS

Duh, Patung Moai di Pulau Paskah Tertabrak Mobil

Femi Diah
detikTravel
Pulau Paskah
Ilustrasi Pulau Paskah di Chile. (CNN Travel)
Jakarta -

Easter Island atau Pulau Paskah memiliki patung-patung moai yang menawan hati traveler. Tapi, sejumlah patung rubuh usai tertabrak truk.

Salah satu penduduk di Chile ditangkap pada 1 Maret 2020 setelah truk yang dikendarainya, truk pribadi bukan angkutan umum, menabrak patung moai hingga terpisah dari alasnya (ahu). Kepolisian setempat menduga kecelakaan itu terjadi sebagai imbas rem blong sehingga mobil tak bisa dikendalikan.

Insiden itu disayangkan oleh tetua wilayah Hanga Roa. Sebab, patung moai dianggap sakral.

"Kerusakan itu tak bernilai," kata Camilo Rapu, ketua Rapa Nul di Pulau Paskah, seperti dikutip CNN.

"Patung moai itu sakral dan bernilai religi bagi orang Rapa Nui. Makanya, kerusakan patung moi itu dianggap sebagai penghinaan terhadap kultur yang sudah bertahan dan telah menjadi warisan dan arkeologi," dia menambahkan.

Upaya untuk melindungi patung-patung itu dari potensi kecelakaan lalu lintas sudah disuarakan Wali kota Pulau Paskah, Pedro Pablo Petero Edmunds Paoa. Dia meminta adanya aturan tegas dengan melarang kendaraan mendekati kawasan Warisan Budaya UNESCO yang kurang lebih memiliki 1.000 patung moai itu sejak delapan tahun lalu.

Edmunds Paoa bilang sampai saat ini aturan itu belum terlihat efeknya. Dia yakin insiden tersebut bisa menjadi momentum untuk menggaungkan lagi rencana tersebut.

Apalagi, saat ini semakin banyak turis yang kurang memiliki bekal arkeologi dan pemahaman budaya warga lokal berdatangan. Kerap kali turis yang bertingkah konyol karena tak memahami bahwa patung moai itu merupakan benda sakral bagi penduduk setempat.

Selain telah memagari patung-patung moai itu, pemerintah lokal juga mengubah durasi visa kunjungan turis dari 90 hari menjadi 30 hari.



Simak Video "Topi Balon Lucu, Kreatifitas Unik Seniman di Brisbane Square Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA