Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 10 Mar 2020 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Mantap! Sistem Tiket Baru Alhambra di Granada Lebih Ramah untuk Backpaker

Femi Diah
detikTravel
View taken of the Alhambra in Granada on June 26, 2019. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP)
Sistem penjualan tiket Alhambra lebih ramah kepada backpaker. (AFP/GABRIEL BOUYS)
Jakarta -

Wisata halal Alhambra di Granada, Spanyol mengubah sistem penjualan tiket. Sekarang, tiket ke Alhambra lebih banyak dialokasikan untuk umum, bukan agen travel.

Alhambra (merah, istana merah) menjadi salah satu destinasi wisata halal favorit di Spanyol dengan menyimpan jejak kerajaan muslim. Dulu, Alhambra merupakan kompleks istana dan benteng yang dibangun pada abad ke-13 oleh Sultan Granada.

Istana itu merupakan istana milik dinasti Bani Ahmar, dinasti Islam terakhir di Andalusia. Istana itu berdiri kukuh di atas bukit berbatu yang dikelilingi oleh hutan belantara.

Setiap hari, Alhambra didatangi 6.000 pelancong dan mencapai 2 miliar setiap tahunnya. Sebelumnya, traveler arus berjudi untuk mendapatkan tiket karena hanya ada 29 persen tiket yang dijual kepada publik, sedangkan 49 persen lainnya disediakan lewat agen travel.

Agen travel itu mendapatkan kemudahan dengan bisa memesan tiket tanpa uang muka dan bisa memberikan konfirmasi hingga menit terakhir. Kebijakan itu pun sering kali membuat slot tiket terbuang percuma.

Alhambra di Granada menggaet 2 miliar pelancong setiap tahunnya.Alhambra di Granada menggaet 2 miliar pelancong setiap tahunnya. Foto: AFP/JORGE GUERRERO

Makanya, pengelola membuat kebijakan baru sejak 1 Maret 2020. Seperti dikutip Lonely Planet, tiket untuk publik ditingkatkan mencapai 70 persen. Tiket tersedia sejak tiga bulan sebelum kedatangan hingga dua jam sebelum memasuki pintu masuk Palacios Nazaries.

Masing-masing traveler bisa membeli 10 tiket di satu waktu, namun masing-masing identitasnya harus jelas. Pengelola menyediakan enam kelas tiket, termasuk tawaran tur malam hari.

Tiket masuk Alhambra itu dibanderol dengan nilai 14 euro atau sekitar 14 euro atau sekitar Rp 230 ribu, ditambah administrasi 0,85 euro (Rp 14 ribu)

Sistem baru itu direspons positif oleh pelancong. Tiket terjual hingga 12.590 lembar dalam tempo delapan jam. Artinya, 1.200 tiket terjual dalam waktu satu jam.

Pengelola Alhambra gembira dengan respons bagus traveler. Mereka bakal terus meningkatkan pelayanan penjualan tiket itu.

"Semua hal penting akan diimplementasikan lebih lanjut untuk meningkatkan pembelian tiket melalui website," kata Rocio Diaz, anggota dewa pemandu wisata Alhambra.



Simak Video "Serunya Belajar Manasik Haji, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA