Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Mar 2020 11:22 WIB

TRAVEL NEWS

Donald Trump Tutup Akses Wisatawan Eropa ke AS, Kecuali Inggris

Bonauli
detikTravel
Donald Trump tutup akses wisatawan Eropa
Foto: (Reuters)
Washington -

Amerika Serikat memasuki babak baru dalam pencegahan virus Corona. Demi keselamatan warganya, Donald Trump menutup akses untuk wisatawan Eropa. Wabah virus Corona masih belum selesai. Beberapa negara sudah mengambil langkah serius untuk mengisolasi beberapa wilayah agar dan menutup rute-rute perjalanan.

Amerika Serikat pun mulai terlihat serius dalam menanggapi virus Corona. Lewat pidatonya di Kantor Oval, Donald Trump ini mengumumkan larangan luar biasa untuk wisatawan Eropa.

"Untuk mencegah kasus-kasus baru, kami akan menangguhkan semua perjalanan dari dari Eropa ke Amerika Serikat selama 30 hari ke depan," kata Trump dilansir dari ABC, Kamis (12/3/2020).

Penangguhan ini akan berlaku mulai Jumat (13/3/) tengah malam. Namun Inggris masuk dalam pengecualian. Amerika Serikat dan Inggris telah melakukan beberapa persetujuan. Selain Inggris, mereka yang datang dari Irlandia, Kroasia, dan Ukraina masih bisa lolos ke AS. Trump memasukkan 24 negara Eropa yang mendapatkan larangan masuk. 24 negara ini masuk dalam kategori visa Schengen.



"Kami sedang mengatur kekuatan Pemerintah Federal dan sektor swasta untuk melindungi rakyat," ujar Trump.

Langkah lain yang dilakukan oleh Amerika Serikat adalah menyerukan serangkaian tindakan untuk menopang ekonomi AS dari efek samping yang dihasilkan oleh virus Corona.

"Untuk memastikan bahwa pekerja AS yang terkena dampak virus dapat tinggal di rumah tanpa takut kesulitan keuangan, saya akan segera mengambil tindakan darurat yang belum pernah terjadi sebelumnya, untuk memberikan bantuan keuangan," kata Presiden Trump.

Donald Trump secara khusus memerintahkan Departemen Keuangan untuk menunda pembayaran pajak tanpa bunga atau penalti untuk individu dan bisnis yang terkena dengan dampak virus Corona. Trump juga meminta Kongres untuk memberikan keringanan pajak gaji sesegera mungkin.

"Ini adalah upaya paling agresif dan komprehensif untuk menghadapi virus asing dalam sejarah modern. Saya yakin dengan menghitung dan terus mengambil langkah sulit, kita akan mengurangi ancaman secara signifikan dan kita akan segera mengalahkan virus ini.

Sebelum menutup pidatonya, Trump menegaskan kembali agar warga AS melindungi diri dengan menjaga kebersihan. Mencuci tangan, memakai masker jika batuk dan tinggal di rumah jika sakit adalah hal yang terus dihimbau agar dilakukan. Presiden Trump sendiri membatalkan kunjungannya ke Nevada pada hari Kamis ini (12/3) dengan alasan keselamatan.



Simak Video "Update Global: Kasus Covid-19 di Amerika Tembus 400.549"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA