Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Mar 2020 05:05 WIB

TRAVEL NEWS

NASA Temukan Bekas Danau Kuno di Gurun Sahara

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Citra satelit NASA di Gurun Sahara.
Citra satelit Danau Mega Chad di Gurun Sahara (earthobservatory.nasa.gov)
Jakarta -

Dunia mengenal Sahara di utara Afrika sebagai gurun terbesar di dunia. Namun, penemuan terbaru olah NASA mengungkapkan keberadaan danau purba di sana.

Fakta itu pun terungkap dalam unggahan foto seri "Image of the Day" (17/2) yang dipotret oleh NASA, United States Geological Survey's (USGS), dan Shuttle Radar Topography Mission (SRTM).

Foto citra satelit tersebut menangkap keberadaan sebuah danau kuno di Gurun Sahara yang bernama Danau Mega Chad. Diketahui, kalau danau tersebut berada di gurun sahara, gurun yang terbentuk sekitar tujuh ribu tahun lalu itu.

Keberadaan danau kuno itu pun tampak lewat warna gurun yang lebih gelap daripada di sekitarnya. Danau kuno itu juga menaungi Danau Chad yang masih ada kini. Bekas antara bibir danaunya dengan gurun juga tampak jelas terlihat.

NASA Temukan Bekas Danau Kuno di Gurun SaharaFoto: (earthobservatory.nasa.gov)

Citra satelit itu pun membuktikan, bahwa dahulu Gurun Sahara merupakan sebuah savana yang ditinggali oleh fauna seperti jerapah, hippo hingga buaya. Luasnya pun diperkirakan lebih besar dari Danau Caspian Sea, yakni sekitar 400 ribu meter persegi.

Sementara itu, Danau Chad yang masih ada kini juga telah mengalami penurunan selama beberapa ratus tahun lalu. Kehadiran Danau Chad sebagai sumber air bagi 40 juta warga di sejumlah negara Afrika memang membuatnya kerap dipakai berlebih.

Apabila langkah penyelamatan tak segera dilakukan, bukan tidak mungkin kalau nantinya Danau Chad juga akan ikut tenggelam dimakan Gurun Sahara.



Simak Video "Melihat Roket NASA Berlogo 'Cacing' yang Bakal Terbang ke Bulan "
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA