Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Mar 2020 18:57 WIB

TRAVEL NEWS

Tempat Wisata Ditutup, Kadisparekraf DKI Jakarta: Keputusan Berat

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Kadisparekraf DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia
Kadisparekraf DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Sore ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan penutupan sementara 3 tempat wisata untuk cegah virus Corona. Kadisparekraf DKI Jakarta ikut bersuara.

Kebijakan penutupan Ancol, Monas, Ragunan dan museum yang dikelola pemprov itu pun diungkapkan oleh Anies pada sore hari ini di Balaikota DKI Jakarta. Diungkapkan Anies, penutupan akan berlangsung selama dua minggu ke depan.

"Semua destinasi liburan dan tempat wisata ditutup 2 minggu ke depan. Ancol tutup, Ragunan tutup, Monas tutup museum yang dipegang oleh pemprov tutup. Tujuannya meminimalkan kegiatan warga di ruang yang penuh dengan warga," ujar Anies, Jumat (13/3/2020).

Di saat bersamaan, kebijakan untuk mencegah penyebaran virus Corona di DKI Jakarta itu pun kian memperburuk pariwisata yang tengah lesu. Dihubungi terpisah oleh detikcom, Kadisparekraf DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, juga menyuarakan hal yang senada.

"Jadi memang keputusan yang berat, tapi ini kan buat keselamatan semua warga. Jadi kita mengurangi potensi penyebarannya. Jadi ini bisa memberi contoh bagi tempat lain," ujar Cucu.

Selain mengikuti kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Cucu juga berharap agar langkah serupa dapat diikuti oleh seluruh stakeholder pariwisata setempat. Tak terbatas di taman rekreasi, tapi juga tempat seperti hiburan malam, restoran dan lainnya.

Setelah ketiga tempat dan museum di bawah pihak pemprov DKI Jakarta, Cucu menyebut belum ada bakal penutupan di tempat lain. Namun, ia masih menunggu informasi lanjutan dari Kemenkes dan pihak terkait.

"Sejauh ini belum, tapi tim kewaspadaan Covid-19 bisa mendeteksi. Kita menunggu komando dari sana," tutup Cucu.

Selain tempat wisata, Gubernur Anies juga telah lebih dulu meniadakan momen Car Free Day atau CFD selama dua pekan ke depan. Tujuannya untuk menangkal penyebaran virus Corona.



Simak Video "Anies: Masuk Ramadhan, Seakan Ada Gelombang Kedua Covid-19 di DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA