Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Mar 2020 23:30 WIB

TRAVEL NEWS

Sudah Tahu? Mojang Bandung Jadi Duta Pariwisata Spa Indonesia

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Duta Pariwisata Spa Indonesia 2019
Lima Duta Pariwisata Spa Indonesia 2019 (dok Yayasan Pariwisata Spa Indonesia)
Jakarta -

Di sektor pariwisata, duta pariwisata jadi ujung tombak andalan untuk promosi. Namun, ada juga loh duta pariwisata buat spa.

Ada banyak hal yang bisa diangkat lewat industri pariwisata, sebut saja destinasi, atraksi wisata, wisata bahari, MICE dan lainnya. Salah satu yang termasuk di dalamnya juga adalah industri spa.

Di Indonesia sendiri, salah satu ajang bergengsi untuk merayakan industri spa adalah Spa & Wellness Tourism Award yang diadakan oleh Yayasan Pariwisata Spa Indonesia (YPSI). Eventnya sendiri baru perdana diadakan di Indonesia pada tahun 2019 lalu, bekerjasama dengan Kemenparekraf.

Dilihat detikcom dari siaran pers Kemenparekraf, Jumat (13/3/2020), Spa & Wellness Tourism Award 2019 Indonesia yang lalu dianugerahkan dalam 5 kategori profesi, 17 kategori industri dan 3 untuk duta spa Indonesia.

"Salah satu tolak ukur untuk bisa go internasional adalah membuat awards dan pemilihan duta wisata spa. Para pelaku industri dan terapis ini akan merasa bangga saat menerima penghargaan ini, ujar Ketua Yayasan Pariwisata Spa Indonesia (YPSI) Trisya Suherman di Jakarta beberapa waktu lalu.

Puncak Spa & Wellness Tourism Award 2019 Puncak Spa & Wellness Tourism Award 2019 (dok Yayasan Pariwisata Spa Indonesia)

Terlebih, industri spa masuk dalam 3 bidang industri pariwisata. Standar usahanya diatur sesuai dengan Permenparekraf Nomor 24 Tahun 2014 dimana produk spa memiliki 8 standar pengelolaan spa di dalamnya.

Dalam ajang tersebut, diperebutkan juga posisi Duta Pariwisata Spa Indonesia yang diikuti oleh sekitar 20 wanita cantik dari berbagai daerah yang lolos seleksi. Predikat bergengsi ini pun baru pertama kali ada.

Lewat sejumlah penjurian, nama Zahra Amalina yang sebelumnya merupakan Miss Indonesia Jawa Barat 2016 terpilih menjadi juara 1 Duta Pariwisata Spa Indonesia 2019 atau yang pertama di Indonesia. Zahra menyisihkan empat pesaing lainnya yang juga didapuk sebagai duta pariwisata spa Indonesia.

Zahra dan keempat duta pariwisata spa lainnya pun diharap untuk dapat mempromosikan industri spa Indonesia, terlebih Indonesia kaya akan spa tradisional untuk kecantikan seperti pijat aroma terapi, pemandian air panas dan lainnya yang masuk kategori itu.

Industri spa sendiri juga menyumbang pajak hiburan yang cukup besar di Indonesia, yakni sekitar 75% seusai pajak hiburan daerah. Hingga saat ini, pangsa pasar dari jasa spa masih didominasi usia 35 ke atas yakni sekitar 70 hingga 80 persen.



Simak Video "Nikmati Sensasi Unik Spa dengan Bambu"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA