Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Mar 2020 06:15 WIB

TRAVEL NEWS

Candi Borobudur Buka tapi Terbatas karena Virus Corona

Eko Susanto
detikTravel
Peragaan pemakaian thermal scanner terhadap pengunjung di Manohara, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. (foto: Eko Susanto/detikcom)
Candi Borobudur buka seperti baisa, namun membatasi area kunjungan untuk wisatawan mulai hari ini. (Eko Susanto/detikTravel)
Magelang -

Balai Konservasi Borobudur (BKB) tetap membuka Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, untuk wisatawan, kendati wabah virus Corona meluas di Indonesia. Hanya saja, dibatasi hanya pada zona 1.

Pembatasan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur itu berlangsung selama 14 hari, mulai 16 Maret sampai 29 Maret. Kepala BKB, Tri Hartono, mengatakan pembatasan kunjungan di Candi Borobudur berlaku untuk kunjungan umum, reguler, sunrise/sunset ataupun kunjungan paket Borobudur Manohara.

"Kami akan lakukan pembersihan di Candi Borobudur, pemeliharaan, perawatan, terus kemudian dilakukan penyemprotan disinfektan," kata Tri kepada wartawan di Kantor Balai Konservasi Borobudur, Minggu (15/3/2020).

Kepala Konservasi Borobudur (BKB) Tri HartonoKepala Konservasi Borobudur (BKB) Tri Hartono Foto: Kepala Konservasi Borobudur (BKB) Tri Hartono (Eko Susanto/detikcom)

Tiga hari sebelum berakhirnya pembatasan, pada tanggal 26 Maret, balai konservasi akan mengevaluasi perkembangan virus Corona di Indonesia.

"Pertimbangan awal, virus Corona ini sudah menjadi ancaman nasional. Kedua, kami melihat penyebarannya sangat cepat sehingga kita harus mengantisipasi antarpengunjung. Kalau kita tahu bahwa di atas itu (Candi Borobudur) kan ukurannya sangat sempit sehingga kalau pengunjung berdesak-desakan,mesti mereka akan bersenggol-senggolan, jelas akan mempermudah penularan itu sendiri," ujar Tri.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA