Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Mar 2020 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

Momen Langka! Ketika Turis Hilang dari Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Borobudur lengang karena pembatasan kunjungan, 16/3/2020
Suasana Candi Borobudur saat ini (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Pasca pembatasan wisatawan, sejak pagi suasana lenggang dan sepi terlihat di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Candi Borobudur tak pernah sesepi ini.

Berdasarkan pantauan detikcom di Candi Borobudur, Senin (16/3/2020), pintu naik menuju candi semua ditutup. Kemudian, petugas keamanan dari BKB menjaga di pintu masuk tersebut.

Adapun di pintu masuk dipasang spanduk bertulis Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Isinya tulisan tersebut 'Perhatian pembersihan dalam rangka pencegahan virus corona dalam progress, Senin (16 Maret 2020) - Minggu (29 Maret 2020)'.

Momen Langka! Ketika Turis Hilang dari Candi BorobudurFoto: Eko Susanto/detikcom

Pintu utama masuk pun terlihat sepi. Pengunjung hanya sampai di zona 2. Untuk itu, pengunjung tidak boleh naik menuju Candi Borobudur.

Salah satu pengunjung, Sunarto, warga Serpong Tangerang mengatakan, baru mengetahui pengumuman tersebut. Ia bisa memahami atas pengumuman pembatasan pengunjung.

"Kami bisa memahami pengumuman ini," katanya saat ditemui detikcom di zona 2 Candi Borobudur, Senin (16/3/2020).

Momen Langka! Ketika Turis Hilang dari Candi BorobudurFoto: Eko Susanto/detikcom

Sebelumnya, Kepala BKB Tri Hartono mengatakan, pembatasan kunjungan di Candi Borobudur baik kunjungan umum, reguler, sunrise/sunset dan kunjungan Borobudur Manohara paket. Luasan yang dibatasi di zona 1 atas Candi Borobudur yang dibatasi oleh pagar itu.

"Pembatasan itu mulai kita laksanakan besok Senin 16 Maret sampai 29 Maret 2020. Kemudian, setelah itu kita akan lakukan pembersihan di Candi Borobudur, pemeliharaan, perawatan, terus kemudian dilakukan penyemprotan disinfektan," katanya kepada wartawan di Kantor BKB, Minggu (15/3/2020).

Terkait kondisi tersebut, traveler yang datang ke Candi Borobudur diharap maklum.



Simak Video "Mulai Hari Ini, Pengunjung Borobudur Cuma Bisa Naik sampai Lantai 8"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA