Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Mar 2020 08:47 WIB

TRAVEL NEWS

Kepulauan Seribu Tutup untuk Turis, Betulkah?

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pulau Tidung di Kepulauan Seribu.
Ilustrasi Kepulauan Seribu (Johanes Randy/detikcom)
Jakarta -

Baru-baru ini KemenLHK mengeluarkan kebijakan penutupan sementara taman nasional untuk menyetop penyebaran virus Corona. TN Kepulauan Seribu pun terdampak, tapi tak semuanya.

Kebijakan itu pertama kali dikeluarkan oleh Dirjen Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Wiratno, Kamis (19/3/2020). TN Kepulauan Seribu merupakan satu dari 26 taman nasional yang ditutup sementara waktu.

"Hingga hari ini, Kamis, 19 Maret 2020, sebanyak 56 kawasan konservasi, terdiri dari 26 Taman Nasional/TN, 27 Taman Wisata Alam/TWA dan 3 Suaka Margasatwa/SM, telah ditutup untuk kunjungan wisata, baik domestik maupun mancanegara," bunyi pernyataan dalam rilis yang diterima detikcom.

Diketahui, berbagai upaya ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, dan arahan Menteri LHK dalam surat edaran nomor SE.1/MENLHK/SETJEN/SET.1/3/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menanggapi hal tersebut, pihak TN Kepulauan Seribu sudah lebih dulu menginformasikan perihal penutupan itu di laman Instagram resminya. Kebijakan itu pun sudah keluar dari Minggu pekan lalu (15/3)

"SobatSeribu, menyikapi pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) pada kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu kami menyampaikan penutupan kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu sejak tanggal 15 Maret 2020 hingga dua minggu ke depan tanggal 29 Maret 2020," bunyi pernyataan yang ditandangani oleh Kepala Balai TN Kepulauan Seribu, Badi'ah.

Dikonfirmasi detikcom ke Kadispar DKI Jakarta, Ahmad Cucu Kurnia, penutupan hanya berlaku di kawasan TN Kepulauan Seribu yang berada di bawah kewenangan KemenLHK. Sementara itu, pulau wisata seperti Tidung hingga Pulau Bidadari tetap buka seperti biasa.

"Yang ditutup kawasan balai konservasi, bukan pulau wisata," Cucu, yang juga merupakan mantan Sudinparbud Kepulauan Seribu, menjelaskan.

Traveler tentu masih dapat berwisata di tempat wisata yang terbuka untuk umum. Namun, ada baiknya traveler mematuhi imbauan pemerintah untuk mengisolasi diri demi membantu mencegah penularan virus corona hingga situasi kembali kondusif.



Simak Video "Update Corona di Jakarta: 4.641 Positif, 711 Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA