Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Mar 2020 09:50 WIB

TRAVEL NEWS

Belasan Ribu Triliun Menguap dari Bisnis Travel Seluruh Dunia

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
China semakin pulih
Kasus Corona berkurang, Orang mulai memberanikan diri keluar jalan-jalan di China Foto: (AFP)
Washington -

Bisnis pariwisata disebut-sebut sebagai bisnis yang paling terkena dampak virus Corona. Uang yang hilang dari bisnis pariwisata global diperkirakan mencapai USD 820 miliar atau sekitar Rp 12.486 triliun!

Pelaku wisata di China berkontribusi sekitar setengah dari pendapatan yang hilang tadi seiring banyak perusahaan yang membatalkan rencana bepergian mereka karena pandemi. Secara keseluruhan, bisnis wisata di Asia yang paling merana, sekitar 3 dari 4 perusahaan mengaku membatalkan rencana perjalanan bisnis ke China, Hong Kong, Taiwan dan negara Asia Pasifik lainnya.

Itu merupakan hasil perhitungan dari Global Business Travel Association (GBTA) seperti dikutip dari CNBC, Rabu (18/3/2020). Virus Corona yang pertama kali menyebar di Wuhan, China sudah menewaskan 4.000 orang, dan efek ke ekonomi dunia pun mengerikan.

"Dampaknya ke industri travel dan ekonomi tidak jangan diremehkan," ujar CEO GBTA Scott Solombrino .

Bisnis travel di China mengalami penurunan super drastis sebesar 95 persen dengan kerugian mencapai USD 404,1 miliar dollar, sementara di Eropa diperkirakan mencapai USD 190,5 miliar. Maskapai dan perhotelan yang biasanya diuntungkan juga terkena dampaknya.

Sementara untuk dampak virus Corona ke wisata Indonesia, kerugian ditaksir mencapai USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 21,8 triliun.

"Untuk sementara waktu untuk sektor pariwisata kami menghitung sudah mengalami kerugianUSD 1,5 miliar. Itu dari turis Tiongkok sendiri saja sudah USD 1,1 miliar. Dan ditambah dengan ikutan-ikutan yang lain paling sedikit adaUSD 400 miliar," kata Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Hariyadi Sukamdani dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (12/3/2020).



Simak Video "Bertambah 4.071, Kasus Covid-19 di Indonesia Mencapai 252.923"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA