Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 24 Mar 2020 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Bandara Ngurah Rai Bali Setop Operasi di Hari Raya Nyepi

Angga Riza
detikTravel
Hari ini umat Hindu seantero Bali merayakan Hari Raya Nyepi, seluruh aktifitas dihentikan dan jalanan menjadi lengang. Tak terkecuali di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.
Foto: Bandara I Gusti Ngurah Rai (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Denpasar -

Selama perayaan Hari Raya Nyepi Caka 1942, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali akan menghentikan operasional dan tidak melayani penerbangan.

Penghentian operasional bandar udara akan dilaksanakan selama 24 jam, baik penerbangan Domestik maupun International. Perayaan Hari Raya Nyepi sendiri jatuh pada, Rabu (25/3/2020) besok.

Penghentian pelayanan penerbangan di Bandara Ngurah Rai terhitung mulai pukul 06.00 WITA dan akan beroperasi secara normal kembali pada Kamis, (26/3/2020) pukul 06.00 WITA.

"Selama Hari Raya Nyepi, kami akan menghentikan seluruh kegiatan operasional kebandarudaraan selama 24 jam secara penuh. Baik penerbangan rute domestik dan internasional akan sementara dihentikan untuk menghormati ummat Hindu di Bali agar dapat melaksanakan ibadah secara khusyuk pada Hari Raya Nyepi," ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Herry AY Sikado, Selasa (24/03/2020).


Penghentian seluruh kegiatan operasional kebandarudaraan Bandara Ngurah Rai selama 24 jam penuh. Seluruh maskapai yang beroperasi di Bandara Ngurah Rai tentunya sudah menyesuaikan dengan tidak melakukan penjualan tiket dari dan ke Bali.

"Seluruh maskapai yang beroperasi dengan penerbangan terjadwal telah melakukan penyesuaian, tentunya dengan tidak melakukan penjualan tiket penerbangan dari dan ke Bali," tambah Herry.

Selama 24 jam pemberhentian operasional kebandarudaraan, terdapat sedikitnya 386 jadwal penerbangan yang tidak beroperasi. Dari data tersebut, 272 penerbangan merupakan rute domestik, sedangkan 114 penerbangan adalah rute internasional.

"Sebelumnya kami telah berkoordinasi dengan Airnav terkait pengaturan jadwal penerbangan. Notice to Airmen atau NOTAM dengan Nomor A4678/19 NOTAMN yang berisi pemberitahuan kepada seluruh maskapai penerbangan dan bandar udara di dunia, bahwa Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali akan menghentikan sementara operasional penerbangan selama pelaksanaan Nyepi, selama 24 jam," ungkap Herry.


Sementara itu, AP I Ngurah Rai tetep menyiagakan personel yang bersiaga. Untuk melayani penerbangan darurat.

"Meskipun demikian, kami bersama stakeholder lain tetap menempatkan personel yang bersiaga untuk melayani penerbangan yang bersifat darurat, seperti pendaratan darurat atau emergency landing dan evakuasi medis. Sebanyak lebih dari 350 personel lintas unit telah kami siapkan, termasuk personel dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebanyak 20 personel," jelas Harry.



Simak Video "Cegah Corona, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Disemprot Desinfektan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA