Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Mar 2020 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Alami Kerugian Besar, Pengusaha Hotel dan Restoran Menjerit

Wisma Putra
detikTravel
Ilustrasi Hotel
Foto: Ilustrasi booking hotel (iStock)
Bandung -

Pengusaha hotel dan restoran di Jawa Barat semakin menjerit di tengah pandemi Corona (Covid-19). Kerugian besar semakin dirasakan.

"Hotel sekarang ini okupansinya sudah di bawah satu digit, atau di bawah 10 persen," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar Herman Muchtar via sambungan telepon, Kamis (26/3/2020).

Ia berujar, saat ini ada hotel yang sudah tidak memiliki pengunjung, bahkan ditutup sementara. Sehingga keuntungan pun tak bisa didapat. "Di Bandung ada yang nol, saya katakan di bawah satu digit karena ada yang masih isi, satu, dua, tiga," ujarnya

Ia mengungkapkan, imbas dari penutupan ini, ada hotel yang merumahkan bahkan memecat karyawannya. "Kondisinya seperti itu dan sudah banyak hotel yang terpaksa merumahkan karyawan. Ada juga, sudah mem-PHK dan menutup sementara hotelnya," ungkapnya.

Hal serupa dirasakan oleh pengusaha restoran. Banyak restoran yang tutup di Jawa Barat. "Rumah makan apalagi, tiga hari lalu di Bandung saja sudah 250 rumah makan yang tutup. Mungkin hari ini sudah hampir 600, 250 itu yang baru tercatat, banyak yang belum tercatat," jelasnya.

Begitupun dengan obyek wisata. Obyek wisata sudah banyak yang tutup untuk mencegah penyebaran virus corona. "Tempat wisata sudah tidak ada yang buka. Kalau dibuka juga mau siapa yang datangnya," pungkasnya.

Baca juga perkembangan virus Corona di link ini



Simak Video "Tom Hanks dan Istrinya Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA