Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Mar 2020 15:46 WIB

TRAVEL NEWS

Penutupan Gunung Gede Pangrango Diperpanjang untuk Cegah Corona

Ismet Selamet
detikTravel
Surya kencana di Gunung Gede Pangrango
Foto: Alun-alun Suryakencana (A. Maulana Nugraha/d'traveler)
Cianjur -

Pengelola Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP) memperpanjang masa penutupan pendakian Gunung Gede Pangrango untuk meminimalkan penyebaran virus Corona.

Semula penutupan jalur pendakian dilakukan mulai 31 Desember 2019 hingga 31 Maret 2020, dengan tujuan untuk mengembalikan ekosistem Gunung Gede setelah selama beberapa bulan dipadati pengunjung. Namun belum dipastikan kapan pendakian dibuka kembali.

"Penutupan selama tiga bulan itu memang rutin dan jadi agenda setiap tahun, untuk memperbaiki ekosistem lingkungan dari Taman Nasional ini," ujar Humas TNGGP, Poppy Oktadiani, kepada detikcom saat dihubungi melalui telepon seluler, Minggu (29/3/2020).

Penutupan itu ditetapkan melalui surat edaran nomor 407/BBTNNGP/Tek.P2/3/2020 yang disampaikan melalui website resmi TNGGP.

Poppy bilang dalam surat tersebut tidak dicantumkan sampai kapan perpanjangan penutupan dilakukan. Pasalnya pihak TNGGP akan melihat kondisi dan situasi terkini perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia.

"Jadi tergantung situasinya, kalau sudah berangsur membaik maka akan segera dibuka. Makanya tidak dicantumkan sampai kapan penutupannya," ujar Poppy.

Selain pendakian, pihaknya juga melakukan penutupan tempat-tempat wisata lainnya di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk meminimalisir risiko semakin meluasnya virus Corona.

Selama perpanjangan penutupan jalur pendakian, taman nasional akan meningkatkan pengawasan dan patroli mulai dari pos masuk hingga sejumlah jalur pendakian. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi pendakian ilegal yang memaksa masuk ke dalam kawasan konservasi.

"Kami libatkan juga para relawan, termasuk masyarakat di sekitar hutan untuk mencegah pendakian ilegal," dia menjelaskan.



Simak Video "Update Positif Covid-19 RI Per 9 Agustus: 125.396 Positif, 80.952 Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA