Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Mar 2020 15:35 WIB

TRAVEL NEWS

Jembatan Wisata Blue Lagoon Sleman Ambrol, Kerugian Sampai Rp 350 Juta

Jauh Hari Wawan S
detikTravel
Jembatan blue lagoon Sleman ambrol
Foto: Jembatan blue lagoon Sleman ambrol (Jauh Hari/detikcom)
Jakarta -

Jembatan di tempat wisata air Blue Lagoon, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta ambrol pada Senin (30/3). Peristiwa ini tak hanya menyebabkan jembatan rusak, dam yang berada di bawah jembatan juga ikut ambrol.

Jembatan Blue Lagoon ini populer di kalangan wisatawan untuk selfie dan meloncat ke air. Ketua Pengelola Blue Lagoon, Suhadi, menuturkan kejadian ambrolnya dam dan jembatan itu terjadi pada malam hari. Suhadi mengatakan, warga sempat mendengar suara seperti batu ditumpahkan dari truk.

"Kejadiannya Senin malam, saat itu kami zikir bersama, tiba-tiba terdengar gemuruh seperti batu ditumpahkan dari truk. Durasinya sekitar 15 menit," kata Suhadi, Selasa (31/3/2020).

Suhadi menceritakan, setelah zikir, warga langsung mencari lokasi sumber suara. Akhirnya diketahui bahwa dam dan jembatan di Blue Lagoon yang berada di aliran Kali Tepus ambrol.

"Kami lihat ternyata dam di bagian tengah patah dan dam sisi timur juga ambrol. Ambrolnya dam itu juga membuat jembatan ikut roboh," jelasnya.

Dia menduga kejadian itu diakibatkan oleh usia dam yang sudah tua. Selain itu, satu bulan yang lalu, aliran air di Kali Tepus sangat deras dan sering terjadi banjir.

"Jadi waktu kejadian itu tidak ada hujan, tidak ada banjir. Tapi memang sebulan terakhir ini sering sekali banjir hingga lama-kelamaan menggerus pinggiran dam," bebernya.

Akibat kejadian itu, pihaknya menaksir kerugian materi sebesar Rp 350 juta. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Dia pun meminta perhatian pemerintah untuk membantu proses perbaikan.

"Kami menunggu bantuan pemerintah. Kalau kami dari pengelola tidak mampu," ungkapnya.

"Blue Lagoon ini kan salah satu destinasi wisata di Sleman dan DIY, semoga hal ini bisa jadi perhatian dan kami warga sekitar juga menggantungkan hidup dari wisata," lanjutnya.

Pantauan detikcom di lokasi, saat ini lokasi yang biasanya untuk berenang wisatawan sudah tidak ada lagi. Air sudah surut. Padahal saat dam tersebut masih ada, ketinggian air bisa sampai 3 meter. Selain itu, panjang jembatan dan dam yang ambrol sekitar 5 meter.



Simak Video "Olahan Seafood Unik, Sleman"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA