Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Mar 2020 18:12 WIB

TRAVEL NEWS

Pariwisata Dunia Merugi USD 400 Miliar karena Corona

Bonauli
detikTravel
Big Ben and Westminster Bridge at sunset, London, UK
Ilustrasi Bigben (iStock)
Madrid -

Tahun 2020 dibuka dengan wabah virus Corona. Tak ada perjalanan wisata, semua negara memilih karantina. Jumlah kedatangan wisata Internasional diperkirakan turun 20-30 persen oleh UNWTO (United Nation World Tourism Organization).

Penurunan ini berdampak pada jutaan pekerjaan yang berkaitan dengan pariwisata. Menurut UNWTO, akan ada kerugian sekitar USD 300-400 miliar di pariwisata internasional. Jumlah ini hampir sepertiga dari nilai yang dihasilkan di tahun 2019.

"Pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terpukul akibat virus Corona, dibandingkan dengan sektor ekonomi," ujar Sekretaris Jendral UNWTO, Zurab Pololikashvili seperti dikutip dari Arabnews, Selasa (31/3/2020).



Penurunan wisata internasional juga pernah terjadi pada tahun 2003, sekitar 0,4 persen setelah wabah SARS. Kemudian pada tahun 2009 karena adanya krisis ekonomi global sebanyak 4 persen.

UNWTO tadinya memperkirakan pertumbuhan pariwisata dunia 3-4 persen di awal tahun. Namun karena adanya wabah pandemi Corona, justru terjadi penurunan 1-3 persen.

Angka itu diyakini akan terus mengalami kenaikan. Apalagi banyak maskapai yang mulai tak beroperasi sementara demi mencegah penyebaran COVID-29.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA