Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Mar 2020 19:51 WIB

TRAVEL NEWS

Kapal Pesiar Rebutan Tempat Bersandar

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kapal Pesiar Terdampak Corona
Queen Victoria dari Cunard kembali ke Southampton (Foto: Naomi Baker/Getty Images/CNN)
Jakarta -

Begitu banyak pesawat yang dikandangkan, berebut tempat parkir karena pandemi Corona. Kapal pesiar pun mengalami hal yang sama.

Diberitakan CNN, Selasa (31/3/2020), ada lebih dari selusin kapal pesiar terkatung-katung di lautan. Sebagian besar kapal pesiar itu masih terdapat penumpang dan sebagian kecil sudah kosong.

Itu terjadi kapal pesiar ditolak berlabuh oleh pelabuhan. Sedang kapal pesiar kosong karena penumpangnya panik lalu kembali ke rumah.

Pada tanggal 13 Maret, seiring meningkatnya virus Corona atau COVID-19 di atas kapal, Asosiasi Internasional Kapal Pesiar (CLIA) membuat keputusan untuk menunda operasi dari pelabuhan-pelabuhan di AS. Kebijakan ini berlangsung selama 30 hari.

Dua minggu kemudian, ribuan penumpang beserta anak buah kapal tetap naik ke geladak. Setidaknya mereka ada di 20 kapal di seluruh dunia.

CLIA menaungi 38 perusahaan pelayaran, dengan total armada sebanyak 277 kapal. Sekitar 5,4% dari total armada saat ini sedang dalam perjalanan pulang.

Pemain pelayaran utama P&O, Cunard, Carnival, dan Royal Caribbean telah memperpanjang larangan berlayar hingga pertengahan Mei. Berikut daftar kapal pesiar yang masih di laut:

1. Kapal pesiar berpenumpang

a. Zaandam - Holland America

Status kapal pesiar ini sedang berlayar ke Fort Lauderdale, Florida. Zaandam dalam pelayaran dari Buenos Aires, Argentina pada 7 Maret dan seharusnya berakhir di San Antonio, Chile pada 21 Maret.

Gejala mirip influenza telah dilaporkan oleh 73 tamu dan 116 anggota awak.
Zaandam melaporkan empat tamunya meninggal di kapal pada hari Jumat, namun tak diketahui penyebabnya.

Terpisah, Zaandam mengatakan bahwa dua orang yang mengalami gejala pernapasan telah dites dan ternyata positif Corona. Tidak ada tamu yang turun sejak berhenti di Punta Arenas, Chile, pada tanggal 14 Maret.

Awalnya mereka diberitahu bahwa bisa turun di Chile dan pindah ke pesawat terbang, tetapi akhirnya dilarang. Begitu gejala mirip flu muncul di geladak, mereka yang mengalami gejalanya diisolasi beserta teman sekamar.

Zaandam berhenti di Valparaiso, Chile untuk mengisi bahan bakar dan sekarang sedang menuju ke Fort Lauderdale, Florida. Semua pelabuhan di sepanjang perjalanan menolak sandar dan Holland America mengerahkan satu kapal, Rotterdam sebagai bantuan.

Kapal Rotterdam bertemu Zaandam di luar Panama pada malam 26 Maret. Kapal ini menyediakan pasokan tambahan, staf, kit uji Corona dan dukungan lainnya.

Holland Amerika memindahkan tamu Zaandam yang sehat ke Rotterdam. Ada 797 tamu dan 645 kru di Rotterdam dan di Zaandam, ada 446 tamu dan 602 anggota awak.

b. Arcadia - P&O Cruises UK

Status kapal ini sedang dalam pelayaran ke Southampton, Inggris. Kapal pesiar Arcadia memulai 100 hari perjalanan pulang-pergi World Cruise pada bulan Januari.

Arcadia dijadwalkan tiba pada 12 April 2020 atau sesuai jadwal. Kapal melewatkan semua pelabuhan setelah ditolak dari Cape Town, Afrika Selatan.

Princess CoralKapal pesiar Coral Princess dilarang bersandar di Argentina. Ada 60 WNI yang jadi ABK di kapal tersebut (dok. Istimewa)

c. Princess Coral - Princess Cruises

Status kapal ini sedang berlayar ke Fort Lauderdale, Florida. Princess Coral berangkat dari Santiago, Chile pada tanggal 5 Maret dan si induk, Princess Cruises mengumumkan bahwa operasi dihentikan satu minggu kemudian.

Princess Cruises mencoba untuk menegosiasikan berlabuh di Brasil untuk para tamunya. Namun, Anvisa (Badan Regulasi Kesehatan Brasil) menolak keinginan mereka.

Sekarang, kapal pesiar Princess Coral masih berada di tengah laut. Sementara, belum ada Corona di kapal ini.

Sara Roberts adalah salah satu dari 374 penumpang dari Inggris, menginginkan penjemputan dari negaranya menggunakan pesawat terbang. Ketidakpastian bikin penumpang semakin cemas.

Princess Cruises mengambil tindakan dengan menggratiskan layanan internet. hal itu guna membantu para tamu tetap berhubungan dengan anggota keluarga. Kapal itu diperkirakan tiba di Fort Lauderdale pada 4 April.

d. Pasific Princess - Princess Cruises

Status kapal ini sedang berlayar ke Los Angeles, California. Pasific Princess berlabuh di Australia pada Sabtu 21 Maret, dengan mayoritas penumpang yang turun akan terbang di tanggal 22 Maret atau 23 Maret.

Mereka yang tidak bisa terbang karena alasan medis tetap berada di atas kapal dan turun di Los Angeles. Princess Cruises mengatakan bahwa ada 115 penumpang dan belum ada kasus Corona.

Pasific Princess akan tiba di Los Angeles pada 24 April. Ia berhenti sebentar di Melbourne, Australia untuk mengisi bahan bakar dan mengisi persediaan pangan.

Kapal itu juga diperkirakan akan berlabuh di Honolulu, Hawaii untuk mengambil kebutuhan lainnya.

e. Victoria Queen - Cunard

Status kapal ini sedang berlayar ke Southampton, Inggris. Victoria Queen dijadwalkan berlayar selama 82 hari dalam perjalanan South America Discovery dari Hamburg pada 8 Januari 2020.

Kapal ini sekarang dalam perjalanan kembali ke Southampton dan akan tiba di akhir pekan ini. Semua tamu akan turun.

Sementara, semua penumpangnya dinyatakan sehat dan tidak ada laporan terkait Corona.

f. Queen Mary 2 - Cunard

Status kapal pesiar ini sedang berlayar ke Southampton, Inggris. Queen Mary 2 dijadwalkan berlayar selama 113 hari perjalanan New York ke New York dari 3 Januari 2020.

"Perjalanan keliling dunia Queen Mary 2 dibatalkan dan kapal saat ini dalam perjalanan ke Southampton dari Australia," kata seorang juru bicara Cunard.

Sebagian besar tamu turun di Perth dan terbang pulang dari sana. Satu-satunya tamu yang tetap berada di kapal karena tak bisa terbang dengan alasan medis.

Sementara, semua penumpangnya dinyatakan sehat dan tidak ada laporan terkait Corona.

g. MSC Magnifica - MSC Cruises

Status kapal pesiar ini sedang berlayar ke Eropa. MSC Magnifica dijadwalkan keliling dunia pada 4 Januari 2020.

Penumpang kapal tidak diizinkan turun ketika kapal berlabuh di Fremantle, Australia, pada 24 Maret. MSC Magnifica mengatakan tidak ada penumpang yang sakit di atas kapalnya.

h. Celebrity Eclipse - Selebriti Cruises

Status kapal ini sedang berada di San Diego, California. Celebrity Eclipse memulai pelayaran pada 1 Maret dari Buenos Aires, Argentina.

Kapal itu kemudian ditolak izin turunnya di Chile. Kapal itu kini telah tiba di San Diego, California, menurut penumpang asal Inggris, Deborah Filgate.

Ia mengatakan bahwa semua penumpang baik-baik saja. Sementara, semua penumpangnya dinyatakan sehat dan tidak ada laporan terkait Corona.

i. Azamara Pursuit - Azamara

Status kapal ini sedang berlabuh di Miami, Florida. Azamara Pursuit berlayar dari Buenos Aires, Argentina, pada 2 Maret.

Ketika virus corona meningkat dan pelabuhan ditutup, kapal ini sempat ditolak masuk di Chile. Sementara, semua penumpangnya dinyatakan sehat dan tidak ada laporan terkait Corona.

j. Costa Victoria - Costa Cruises

Status kapal ini sedang berlabuh di Civitavecchia, Italia. Kapal pesiar Costa Victoria tiba di Civitavecchia, di Italia, pada 25 Maret.

Sebelumnya, dalam perjalanan, seorang penumpang dites positif terkena Corona dan diturunkan di Yunani. Proses berlabuh di Italia sedang berlangsung.

Kapal pesiar ColumbusKapal pesiar Columbus (Foto: Cruise & Maritime Voyages/CNN)

k. Columbus - Cruise & Maritime Voyages

Status kapal pesiar ini sedang berlayar ke Tilbury, Inggris. Pekan lalu, dua kapal milik Cruise & Maritime Voyages, Columbus dan Vasco da Gama, bertemu di 12 mil laut di lepas pantai Phuket, Thailand untuk melakukan operasi pemindahan penumpang dan repatriasi.

Keputusan ini dibuat untuk membantu penumpang di kedua kapal pulang secepat mungkin. Sekitar 239 penumpang dipindahkan antar kapal.

Warga negara Inggris dipindahkan ke Columbus karena sedang menuju ke Inggris, sedangkan warga Australia dan Selandia Baru naik Vasco da Gama. Tidak ada laporan kasus Corona di kedua kapal.

Columbus dijadwalkan tiba di Tilbury pada 13 April.

l. Vasco da Gama - Pelayaran Pesiar & Maritim

Status kapal pesiar ini ada di Australia Barat. Kapal pesiar Vasco da Gama berlabuh di Fremantle, Australia, pada 28 Maret.

Ada 798 warga Australia dan 108 warga Selandia Baru di atas kapalnya. Para tamu Selandia Baru turun dari kapal dan terbang dari Perth pada hari Minggu, 29 Maret.

Pada hari Senin 30 Maret, semua penumpang Vasco da Gama dari Australia Barat dipindah ke Pulau Rottnest. Mereka akan dikarantina selama 14 hari bersama quokka sebelum kembali ke rumah.

Sementara, semua penumpangnya dinyatakan sehat dan tidak ada laporan terkait Corona. Vasco da Gama mengangkat sauh kemarin dan kembali ke Inggris hanya dengan ABK.

m. Artania - Phoenix

Status kapal ini ada di Australia Barat. Kapal pesiar Artania memulai pelayaran dunia selama 140 hari dari Hamburg, Jerman pada 21 Desember 2019.

Kapal itu sekarang telah merapat di Australia Barat. Di awal pelayaran, satu penumpang yang turun dites positif terkena virus Crona.

36 penumpang lainnya dinyatakan positif Corona setelah diperiksa di Fremantle. Si induk apal, Phoenix Reisen mengatakan para penumpang ini kemudian dikarantina di rumah sakit setempat.

Penumpang sehat tetap di atas kapal sampai penerbangan pemulangan mereka pada 29 Maret lalu. Mayoritas penumpang adalah orang Jerman. Orang-orang dari tempat lain di Eropa juga dibawa ke Jerman.

Menurut Phoenix Reisen, 16 penumpang ditambah ratusan anggota kru memutuskan tetap berada di Artania hingga sampai ke Eropa.

2. Kapal pesiar tanpa penumpang

a. Costa Magica - Costa Cruises

Costa Magica berlabuh di dekat Miami, Florida. Minggu ini, enam anggota awak dengan gejala pernapasan dievakuasi ke rumah sakit. Kapal ini tidak memiliki izin untuk memasuki Pelabuhan Miami.

Kapal itu sebelumnya merapat di Guadeloupe dan semua penumpang turun dan berganti naik pesawat.

b. Costa Favolosa - Costa Cruises

Kapal ini juga berlabuh di dekat Miami. Tujuh anggota kru yang sakit dievakuasi dari kapal ini bersama dengan penumpang sakit dari Costa Magica.

Seperti Costa Magica, kapal ini sebelumnya berlabuh di Guadeloupe, dan penumpang turun di sana.

c. Azura - P&O Cruises UK

Azura berlayar kembali ke Southampton tanpa ada tamu di dalamnya. Kapal ini akan berlabuh hari ini, 31 Maret.

d. Hanseatic Nature - Hapag-Lloyd Cruises

Hanseatic Nature berlayar dari Amerika Tengah ke Hamburg, Jerman dan dijadwalkan tiba pada 15 April, namun dibatalkan. Semua tamu Hapag-Lloyd Cruises telah turun.

e. Europa - Hapag-Lloyd Cruises

Kapal sedang berlayar ke Barbados dan dijadwalkan tiba pada 3 April nanti. Kapal ini sedang berlayar ke rumahnya.



Simak Video "60% Penumpang Kapal Pesiar Antartika Positif Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA