Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Mar 2020 23:01 WIB

TRAVEL NEWS

Agen Travel Siapkan Bus untuk Antar-Jemput Tim Medis Corona

Putu Intan
detikTravel
Agen Travel Siapkan Bus untuk Antar-Jemput Tim Medis Corona
Foto: Panorama Group
Jakarta -

Agen travel Panorama Group membantu penanganan virus Corona (COVID-19) dengan menyediakan armada bus untuk membantu mobilitas tim medis dari rumah sakit menuju hotel dan sebaliknya. Melalui rilis yang detikcom terima, Selasa (31/3/2020) Panorama Group akan mengerahkan 11 armada bus yang merupakan milik dua unit usaha mereka yakni Panorama Destination dan White Horse.

Dalam mengoperasikan bus ini, Panorama Group mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan aturan WHO. Panorama Group memastikan bahwa kru bus yang total berjumlah 38 orang (pengemudi dan asisten pengemudi) itu dalam keadaan sehat.

Selain itu setiap penumpang juga duduk dengan jarak minimal 1 meter di dalam bus. Mereka juga dilarang membuka jendela selama perjalanan guna meminimalisir penyebaran virus.

Pelatihan kru bus. Pelatihan kru bus. (Foto: Panorama Group)

Para kru ini juga dibekali dengan masker, sarung tangan, alat pengukur suhu, hand-sanitizer, sprayer, desinfektan, kain lap, gunting, dan kantong plastik sampah. Bus juga akan secara rutin disemprot desinfektan, baik sebelum maupun setelah pengantaran tim medis dilakukan.

Pengemudi dan asisten pengemudi juga dilatih sebelum bertugas dan diinapkan di hotel yang sama dengan tim medis selama mereka bertugas.

"Dengan adanya pelatihan ini, kru bus dapat merasa lebih aman karena dibekali knowledge tentang COVID-19 sehingga lebih memahami pula pencegahannya sehingga lebih siap dalam menjalankan tugasnya saat membawa tim medis nanti,"ujar Direktur Transportasi Panorama Destination, Martini Polini.

Pelatihan kru bus.Pelatihan kru bus. (Foto: Panorama Group)

Selaras dengan yang disampaikan Panorama Destination, White Hourse juga melakukan pelatihan pada kru bus mereka sebelum operasi dimulai.

"Kami berharap armada kami dapat memperlancar tugas tim medis, sehingga tim medis dapat fokus bekerja dalam menanggulangi COVID-19. Semoga kita semua bisa memberikan kontribusi yang terbaik bagi bangsa Indonesia agar terlepas dari wabah virus COVID-19. Terima kasih kami ucapkan kepada tim medis yang telah bekerja keras dalam memerangi virus ini," kata Direktur Sales and Marketing White Horse Group, Tiodora Bonardy.

Kru dibekali perlengkapan pencegahan Corona.Kru dibekali perlengkapan pencegahan Corona. (Foto: Panorama Group)

Selain Panorama Group, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah menyediakan 15 bus TransJakarta dan 50 bus sekolah yang akan mengantar tenaga medis dari hotel ke rumah sakit dan sebaliknya. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran Corona dan menjamin kesehatan para tenaga medis.



Simak Video "Nihil Orderan, Pengusaha Bus Pariwisata Ancam Gelar Konvoi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA