Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Apr 2020 09:17 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Astronot Mengatasi Diri Saat 'Terkunci' di Luar Angkasa

Syanti Mustika
detikTravel
astronot
Ilustrasi (TIME)
Berlin -

Orang banyak yang stres gara-gara harus tinggal di rumah. Astronot Jerman membagikan tips untuk menghadapi karantina selama krisis Corona. Karena karantina tidak jauh berbeda dengan kegiatan astronot di luar angkasa.

Dilansir detikcom dari Reuters, Kamis (2/4/2020) astronot Jerman pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa Thomas Reiter memberikan tips untuk menghadapi karantina selama Corona. Menurutnya, kondisi sekarang tidak jauh berbeda dengan hal yang dilakukan astronot di luar angkasa.

"Tetap melakukan rutinitas harian, bercengkerama dengan keluarga, dan manjakan diri," ungkap astronot yang telah pensiun itu.

Thomas pun menceritakan bagaimana astronot bisa bertahan di luar angkasa dan menjalani keseharian. Mereka juga punya kebiasaan serta rutinitas yang ketat dan harus menjaga satu sama lain.


Adapun cara mereka memanjakan diri dengan cara memilih makanan yang paling disukai di hari Jumat atau Sabtu. Kemudian mereka menikmati makanan tersebut.

Para astronot juga harus mengalah satu sama lain alias tidak boleh egois. Mereka harus mengatasi permasalahan satu sama lain, misalnya ada yang suka pisang, namun kru lain terganggu dengan aroma pisang. Di sinilah sikap kita diperlukan.

Alexander Gerst, komandan International Space Station mengatakan bahwa kondisi atau kecemasan yang timbul selama epidemi Corona tidak jauh berbeda dengan suasana astronot di luar angkasa. Karena itu perlu pengendalian diri masing-masing.



"Kita merasa kehilangan kendali saat ini. Namun sejatinya kita bisa mengendalikan. Suasana tidak berbeda dengan di luar angkasa, cara menghadapinya adalah dengan tetap di dalam rumah," ungkap Gerst.

Tambahan juga dari Thomas Reiter yang menghimbau kita semua mengendalikan diri selama pandemi virus Corona. Dia meminta untuk bersikap seperti astronot yang pergi karantina sebelum misi.

"Mungkin beberapa orang berpikir dia masih muda, dia tidak dalam bahaya, tidak ada gejala atau merasa tidak perlu diperhatikan. Namun sekarang kita semua sama, kita dikarantina," tutupnya.












Simak Video "Kehidupan di Jerman Tampak Mulai Menggeliat"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA