Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Apr 2020 17:17 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan untuk Wisata, Pantai Australia Jadi Klinik Tes Corona

Putu Intan
detikTravel
Pantai Bondi Australia
Ilustrasi Pantai Bondi Australia. Foto: (Wahyu/detikTravel)
Sydney -

Pemerintah Australia membuka klinik pop-up untuk tes virus Corona di Pantai Bondi, Sydney pada Rabu (1/3/2020). Tes seperti ini terus dilakukan kendati telah terjadi penurunan jumlah kasus baru di negara tersebut.

Diwartakan Reuters, Rabu (1/4/2020) pantai Bondi tak lagi dipadati turis-turis yang asyik berlibur melainkan tenaga medis yang mengenakan masker dan sarung tangan plastik yang siap menyambut warga untuk dites. Pemerintah New South Wales mengatakan bahwa di warga di sekitar pantai ini kemungkinan terinfeksi Corona dari turis backpacker yang tidak sadar bahwa ia telah terjangkit Corona dan menularkannya pada orang lain.

"Bondi adalah salah satu tempat terjadinya transmisi lokal (local transmission), dan kami sudah melihat adanya kasus Corona di antara para backpacker akhir-akhir ini," ujar Direktur Kesehatan New South Wales, Jeremy McAnulty.

Sebelumnya diberitakan pada Maret bahwa ribuan orang di Pantai Bondi tak mengindahkan aturan mengenai menjaga jarak sosial (social distancing) karena pantai ini merupakan salah satu yang terpopuler di dunia.

Pemerintah Australia mencatat, infeksi Corona di negara itu justru didominasi oleh anak muda berusia 20-29 tahun, baru setelahnya adalah orang tua berusia 60-an. Ahli menjelaskan, penularan itu bisa terjadi karena dua hal. Pertama karena orang melakukan perjalanan atau bersosialisasi dalam kelompok. Sementara yang kedua adalah infeksi dari penumpang kapal pesiar.

Pemerintah juga berencana untuk mendirikan 100 klinik pop-up lainnya di seluruh Australia agar dapat mengetes lebih banyak orang. Klinik itu akan ditempatkan di titik-titik paling rawan penyebaran Corona.

Saat ini pertumbuhan infeksi Corona baru telah perlahan menurun di Australia. Selama tiga hari terakhir, kasus infeksi ini hanya berkisar 10 persen sedangkan sebelumnya mencapai 25-30 persen. Melihat tren tersebut, kurva infeksi Corona di negara tersebut diprediksi akan menjadi rata, bukan lagi naik.

Berdasarkan laporan terkini, terdapat 4.828 kasus Corona di Australia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 345 orang dinyatakan sembuh sementara 20 orang meninggal dunia.



Simak Video "Australia Kucurkan USD 11,39 Miliar Untuk Melawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA