Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Apr 2020 05:47 WIB

TRAVEL NEWS

Dulu Dicerca, Kini Gaya Hidup 'Hikikomori' ala Jepang Dielukan

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Alodia Gamer
Ilustrasi 'hikikomori' (Instagram)
Tokyo -

Jauh sebelum pandemi corona menyerang, Jepang mempunyai gaya hidup 'hikikomori' atau mengurung diri dan main game di kamar. Dulu dihina, sekarang dielukan.

Tak hanya ramai di Indonesia, pandemi corona juga menjadi perhatian di Negeri Sakura Jepang. Seperti di sini, Pemerintah Jepang pun sudah mengimbau warganya untuk melakukan isolasi diri demi mencegah penyebaran virus corona.

Beragam upaya pun dilakukan, termasuk mempropagandakan kembali gaya hidup 'hikikomori' yang sempat dikritik karena dianggap sangat anti sosial. Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Senin (6/4/2020), dalam bahasa Jepang 'hikikomori' berarti menyendiri atau membatasi diri seperti diberitakan media SoraNews24.

Sedangkan menurut Kementerian Kesehatan, Perburuhan, dan Kesejahteraan Jepang, 'hikikomori' adalah istilah bagi orang-orang yang tidak ingin pergi keluar rumah. Dengan demikian, mengisolasi diri mereka dari masyarakat selama lebih dari enam bulan.

Dalam prosesnya, 'hikikomori' merupakan istilah untuk sebuah masalah sosial yang dipicu oleh gangguan mental (kecemasan dan depresi), wabah trend, kebiasaan berperilaku, lingkungan traumatik, pemasungan dan seterusnya.

Hanya di tengah pandemi corona seperti sekarang, Pemerintah Jepang melalui Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLITT) membuat sebuah dewan khusus gawat darurat bertajuk 'Organisasi Studi Soliter dan Selibat' yang bertugas menerapkan strategi karantina diri.

IlustrasiIlustrasi (Instagram)

Untuk menjalankan dewan khusus itu, Pemerintah Jepang pun menunjuk seorang pelaku 'hikikomori' bernama Dakura Maki asal Tokyo (34). Diketahui, Maki telah menerapkan gaya hidup itu selama 16 tahun lamanya di rumah orang tuanya. Singkat kata, Maki sudah 16 tahun tak keluar rumah.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA