Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 06 Apr 2020 21:10 WIB

TRAVEL NEWS

Berkaca Corona di Belgia, Risa Suseanty Ingatkan Risiko Mudik

Femi Diah
detikTravel
Risa Suseanty
Risa Suseanty khawatir dengan mudik lebaran berkaca pengalaman libur musim semi di Belgia. dok. pribadi
Jakarta -

Mantan atlet balap sepeda Risa Suseanty yang kini tinggal di Belgia menitikkan air mata saat mengingat mudik lebaran. Dia khawatir virus Corona menyebar cepat pada periode itu.

Risa mengikuti suaminya sesama mantan atlet balap sepeda downhill, Steven Wong, untuk menetap di Belgia. Risa merasakan periode lockdown (penguncian wilayah) di negara tersebut sejak 14 Maret dan direncanakan hingga 15 April.

Hingga saat ini, virus Corona di Belgia telah menyebar dan membuat 20.814 warga terinfeksi. Sekitar 3 ribu orang di antaranya sembuh dan 1.632 orang meninggal dunia.

Kasus virus Corona muncul kali pertama di Belgia pada 1 Maret yang kemudian direspons pemerintah dengan menyatakan darurat tingkat 2 corona. Kemudian, satu pasien corona meninggal dunia pada 11 Maret. pemerintah setempat menyatakan lockdown.

"Berhubung 24 Februari hingga 1 Maret itu liburan musim semi, banyak sekali keluarga mengunjungi Italia atau Prancis untuk berski. Jadi, peta awal penyebaran dimulai dari liburan keluarga itu," karta Risa dalam perbincangan dengan detikTravel, Senin (6/4/2020).

"Saya paham di Indonesia kita akan mendekati bulan Ramadan dan akan ada mudik lebaran semoga masyarakat Indonesia bisa bersabar kalau kondisinya tidak memungkinkan untuk bisa melepas rindu ke kampung halaman," ujar dia.

Risa juga berpesan agar warga dan pemerintah Indonesia bekerja sama menghadapi virus Corona. Dia berharap tak ada PHK besar-besaran karena virus Corona.

Risa juga memberikan dukungan kepada pekerja harian yang terpaksa harus bekerja di luar rumah saat wabah corona melanda. Dia berharap pemerintah juga mengambil kebijakan paling pas agar virus Corona tidak berkembang cepat.

"Semoga Indonesia tetap kuat. Saya memahami dan banyak di Indonesia yang harus bekerja setiap hari dan hanya bisa mendapatkan uang kalau keluar rumah. Semoga Indonesia tetap aman, pemerintah juga bisa lebih sigap," ujar dia.

"Semoga kalau saya lihat dilema antara ketahanan nasional dengan corona, kalau ditotal lockdown dan ditutup tidak ada ekonomi yang bagus, tidak ada penghasilan dan bersamaan dengan itu penyebaran corona akan tambah parah. Jadi, semoga kita semua bisa saling membantu dan tidak ada tidak ada PHK di setiap perusahaan," Risa menambahkan.

"Semoga pemerintah bisa membantu warga Indonesia menjadikan Indonesia aman, I love you Indonesia, stay safe, dan saya harap semua tetap patuh agar corona bisa segera berlalu di Indonesia," ujar Risa sambil meneteskan air mata.

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Cerita Risa Suseanty Soal Lockdown di Belgia Karena Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA