Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Apr 2020 16:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kena Dampak Corona, Hotel di Aceh Tutup & Karyawan Dirumahkan

Agus Setyadi
detikTravel
Hermes Palace Hotel Banda Aceh
Foto: Hermes Palace Hotel Banda Aceh (Agus Setyadi/detikTravel)
Banda Aceh -

Pandemi Corona (COVID-19) berdampak besar terhadap dunia perhotelan. Sebagian besar hotel di Aceh memilih tutup karena sepi, karyawan juga dirumahkan.

"Kita tutup karena ikut imbauan pemerintah untuk social distancing. Selain itu juga memang di minggu terakhir Maret, okupansi kita rendah juga sih di bawah 10 kamar," kata General Manager Hermes Palace Hotel, Budi Syaiful saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (11/4/2020).

Hotel bintang lima di Aceh tersebut memilih tutup sejak Senin 6 April lalu. Akibatnya, 130 karyawan dirumahkan sementara namun mereka tetap mendapatkan upah 50 persen gaji.

Selain itu, jelasnya, pihak manajemen juga memberikan uang Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para karyawan. Budi mengaku bakal membuka lagi hotelnya bila suasana sudah normal kembali.

"Untuk bukanya kita tunggu saja nanti informasi dari pemerintah, kalau dinyatakan bebas Corona secepatnya kita langsung buka. Sampai situasinya kembali ke normal," jelas Budi.


Sementara itu, GM Kyriad Muraya Hotel Aceh, Bambang Pramusinto, mengaku pihaknya merugi hingga Rp 1,2 miliar pada Maret karena sepi tamu. Pada bulan itu, tamu yang menginap hanya lima hingga enam kamar.

"Sekarang 80 karyawan sudah kita rumahkan. Penyebabnya karena gak ada pemasukan. Kita di Maret saja rugi Rp 1,2 miliar, di April ini kita bisa rugi hampir Rp 3 miliar," jelas Bambang.

Menurutnya, sebagian karyawan kini harus masuk kerja secara bergantian. Mereka mendapatkan upah 40 persen dari gaji.

"Sebagian besar hotel tutup, kita masih bertahan meski hanya lima kamar," jelas GM hotel bintang empat ini.


Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Aceh Yusri, menjelaskan, pada prinsipnya hampir semua hotel di Aceh saat ini memilih tutup karena efek Corona. Tamu dari luar mulai sepi akibat adanya imbauan social distancing.

"Hampir semua hotel tutup, walaupun ada buka hanya untuk menjaga gedung," kata Yusri saat dikonfirmasi terpisah.

"Sekarang bukan lagi kurang tamu, bisa kita bilang kita layani pengunjung juga satu orang pengunjung," jelas Yusri.



Simak Video "Goweser Perempuan di Aceh Berbaju Ketat Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA