Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Apr 2020 21:04 WIB

TRAVEL NEWS

Takut Kiamat, Pria Ini Kembalikan Artefak yang Dicuri 15 Tahun Lalu

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Artefak batu berusia 2.000 tahun yang dicuri 15 tahun silam
Foto: Batu Baliista (Uzi Rotstein/Israel Antiquities Authority)

Rahasia yang Membuat Hati Resah

Saat itu, Moshe dan beberapa orang teman sedang ikut tur di Jerusalem Walls National Park. Saat itulah, mereka dijelaskan soal artefak Batu Ballista, yang kemudian dicuri oleh temannya Moshe.

"Setelah itu, dia pun menikah dan memiliki keluarga. Dia lalu memberi tahu saya soal rahasia 15 tahun yang lalu yang membuat hatinya resah dan tidak tenang," ungkap Moshe seperti dikutip dari media Israel21c.

Moshe Manies dan Uzi RotsteinMoshe Manies dan Uzi Rotstein Foto: (dok. Facebook)


"Akhirnya, menjelang Paskah ini, berbarengan dengan perasaan seperti mau kiamat gara-gara wabah virus Corona, dia merasa sudah saatnya untuk menghapuskan rasa bersalahnya dan dia meminta saya untuk membantu dia mengembalikan batu ini ke otoritas Israel," imbuh Moshe.


Moshe pun bertemu dengan Uzi Rotstein, salah satu pemeriksa di Unit Tindak Pencegahan Perampokan Barang, Israel Antiquities Authority. Lewat Uzi, Moshe pun mengembalikan Batu Baliista itu ke otoritas yang berwenang.

"Kami menghargai pengembalian benda artefak ini dan memohon kepada mereka yang sudah mengambil benda artefak, untuk segera mengembalikannya kepada negara," kata Uzi.


"Artefak ini, yang sudah berusia ribuan tahun, adalah harta nasional kami, bangsa Israel. Benda-benda ini menceritakan kisah Tanah ini dan para penduduk sebelum kami, sehingga benda-benda ini harus didokumentasikan dan dipajang untuk umum," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA