Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Apr 2020 22:26 WIB

TRAVEL NEWS

Arti Paskah dan Makna Universalnya di Tengah Corona

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Telur Paskah
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pada hari Minggu besok, umat nasrani akan merayakan Paskah. Selain jadi hari keagamaan, Paskah juga punya makna universal di tengah corona.

Pekan ini umat nasrani di seluruh dunia tengah merayakan rangkaian momen Paskah, mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah yang akan jatuh pada 12 Maret 2020 untuk tahun ini.

Bagi umat nasrani, Paskah menyimbolkan akan proses penyiksaan Yesus, penyaliban hingga kebangkitannya kembali untuk menebus dosa manusia. Menurut Vatikan, Paskah juga menjadi tradisi keagamaan paling penting.

"Paskah merupakan perayaan terbesar dan terpenting bagi gereja. Paskah menandai harapan yang abadi."

Peristiwa sengsara Yesus yang dimaknai dalam momen Paskah ini juga begitu relevan dengan kondisi dunia yang tengah berada di bawah ancaman pandemi corona. Berkaca dari perjuangan dan kebangkitan Yesus dari kematian, turut menjadi contoh bagi umat nasrani untuk berjuang dan menjaga harapan.

Lewat laman Twitter resminya, Paus Fransiskus yang menjadi pemimpin agama Katolik sedunia juga turut menyampaikan pesan Paskah yang bersifat universal dan tak terbatas untuk umat nasrani.

"Dari hati Yesus yang disalib, kasih Tuhan menyentuh setiap orang. Biarkan pesannya sampai pada kita. Kami akan mengerti, bahwa kami tidak sendiri, tapi selalu dicintai, karena Tuhan tak pernah meninggalkan dan melupakan kita," cuit Paus Fransiskus (8/4).

Tak hanya itu, Paus Fransiskus juga menegur setiap orang yang memanfaatkan kondisi di tengah pandemi corona untuk mencari keuntungan. Hanya, teguran itu dilakukan lewat doa.

"Biarkan kita mendoakan orang-orang yang tetap bekerja di tengah pandemi ini, bagi orang-orang yang mencari keuntungan dari kebutuhan orang lain. Semoga Tuhan menyentuh dan menyadarkan mereka," cuitnya.

Yang terpenting, momen Paskah ini juga dimanfaatkan oleh Paus Fransiskus untuk mengajak setiap orang peduli dan membantu siapa pun yang membutuhkan tanpa terkecuali. Pandemi corona sejatinya tak membuat kita terpecah belah, melainkan lebih peduli dengan sesama.

"Pada hari yang suci ini, biarkan kita berdiri di depan Yesus dan meminta roh kudus turun demi melayani. Semoga kita membantu orang yang menderita dan yang paling membutuhkan. Semoga kita tak hanya sadar akan kekurangan kita, tapi juga tentang hal baik yang bisa dilakukan bagi orang lain," cuit Paus Fransiskus sehari sebelumnya (7/4).

Tepat pada hari Minggu Paskah akhir pekan ini, Paus Fransiskus diketahui akan menyiarkan pesan perdamaiannya dari Basilika St Peter. Dilanjutkan dengan berkat Urbi et Orbi atau yang berarti untuk kota dan dunia dalam bahasa latin.

Berkat itu tentunya ditujukan bagi masyarakat di Kota Roma dan juga dunia yang terdampak oleh pandemi corona.



Simak Video "Pemerintah Apresiasi Umat Nasrani Rayakan Paskah di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA