Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Apr 2020 05:05 WIB

TRAVEL NEWS

Kenalkan Ini Zonkey, Blasteran Zebra dan Donkey

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Persilangan Zebra dan Donkey
Zonkey, persilangan zebra dan donkey (dok. Sheldrick Wildlife Trust)
Nairobi -

Ada hewan baru lahir di Kenya. Namanya zonkey, hasil persilangan antara zebra dengan donkey alias keledai. Seperti apa penampakannya?

Beberapa hari lalu, ada seekor zebra lahir di Taman Nasional Chyulu Hills di Kenya. Namun, tidak seperti zebra kebanyakan, penampakan zebra satu ini agak aneh.

Dibilang aneh, karena zebra itu hanya memiliki sedikit motif garis-garis di bagian kaki belakang dan pantatnya saja. Sementara, di bagian perut dan muka, zebra ini malah lebih mirip seekor keledai.

Usut punya usut, ternyata bayi zebra itu adalah zonkey alias persilangan antara zebra dan keledai. Induk betinanya seekor zebra, sedangkan ayahnya adalah seekor keledai.

"Bekerja dengan hewan-hewan liar, kamu harus belajar menghadapi situasi tidak terduga seperti ini. Bahkan cerita yang paling terduga pun bisa mengejutkan kita semua," kata juru bicara Sheldrick Wildlife Trust seperti dikutip dari CNN, Rabu (15/4/2020).

Persilangan Zebra dan DonkeyPersilangan Zebra dan Donkey Foto: (dok. Sheldrick Wildlife Trust)

Zonkey tersebut memang lahir di penangkaran milik Sheldrick Wildlife Trust. Semula orang-orang mengira hewan tersebut memang seekor zebra. Tapi, lama-kelamaan kok penampakannya malah lebih mirip seekor keledai daripada seekor zebra.

Sampai saat ini, para pengasuh hewan di Sheldrick Wildlife Trust masih mencari tahu bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Memang sebelum hamil, zebra ini terlihat sering bergaul dengan sekelompok keledai di taman nasional tersebut.

12 bulan kemudian, lahirlah si zonkey. Dari foto yang beredar, tampak si zonkey ini nempel terus dengan ibunya. Ke manapun sang induk pergi, Zonkey akan selalu mengikuti.

"Zonkey adalah perpaduan antara badan keledai dan motif garis-garis zebra. Meski bisa hidup normal, zonkey itu mandul, alias dia tidak akan bisa beranak walaupun sudah mencapai usia matang," ujar dia.



Simak Video "Uniknya Burger Keledai dari Tiongkok"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA