Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Apr 2020 12:14 WIB

TRAVEL NEWS

Turis dari Negara Mana Sih yang Rajin Memberi Review Online?

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Ilustrasi Turis China
Ilustrasi turis China (Reuters)
Jakarta -

Ketika akan mencari penginapan, tak jarang traveler lebih dulu membaca review online. Usut punya usut, traveler dari negara ini paling suka memberi review.

Berdasarkan press release yang diterima detikcom dari situs booking online Agoda, Jumat (17/4/2020), secara global 84% wisatawan membaca ulasan online sebelum memilih tempat menginap ketika mereka bepergian.

Demikian menurut Studi Usage & Attitude 2019 yang dikumpulkan Agoda mulai dari tanggal 1 Januari 2013 hingga 31 Desember 2019 di 62 negara asal dengan lebih dari 10.000 ulasan yang terkumpul.

Agoda, yang memiliki lebih dari 34 juta ulasan peer to peer untuk properti hotel dan Agoda Homes pada platform perjalanan digitalnya pun membagikan data terbarunya perihal review dari para traveler dunia.

Seperti diketahui, review yang baik menjadi kredibilitas dari sebuah penginapan. Selain jadi rekomendasi, penginapan yang reviewnya baik juga kerap dilirik kembali oleh traveler yang pernah menempatinya.

"Ulasan mirip dengan rekomendasi pribadi dari orang-orang yang sepaham dan memiliki tujuan sama, dan ulasan-ulasan tersebut mempengaruhi keputusan pelanggan ketika memilih akomodasi," kata Errol Cooke, vice president of Global Partner Services Agoda.

"Mereka yang bepergian dengan keluarga tertarik pada ulasan tentang layanan, seperti area bermain anak-anak, penitipan bayi, atau fasilitas dalam kamar, seperti dapur atau tempat tidur bayi, serta lokasi terkait perjalanan dan pengalaman ramah keluarga," dia menambahkan.

Menurut Agoda, secara keseluruhan, wisatawan dari China, Meksiko, Hungaria dan Taiwan cenderung memberikan skor tinggi antara 8-10. Traveler dari negara tersebut juga kerap memberi umpan balik yang positif terhadap properti yang ditinggali.

Bahkan, data Agoda menunjukkan 77,1% pelancong dari China memberi skor tinggi terhadap perjalanan mereka (8-10), diikuti oleh Meksiko (76,5%), Hungaria dan Taiwan (75,9%).

Hanya berkebalikan dengan negara di atas, turis dari sejumlah negara ini malah diketahui sering memberi review buruk. Para wisatawan dari India, Turki, dan Arab Saudi berada di peringkat tiga teratas negara yang memberikan skor paling rendah antara 1-3 dalam ulasan mereka.

Meskipun wisatawan dari negara-negara ini merupakan wisatawan paling kritis, masih ada 66,2% wisatawan Turki, 63,2% wisatawan India dan 61% wisatawan Arab Saudi yang memberikan skor 8-10 untuk pengalaman perjalanan mereka.



Simak Video "Usai Tutup 3 Bulan, Hotel di Parepare Mulai Beroperasi Kembali "
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA