Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Apr 2020 18:43 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Anak Raja Kenalkan Budaya Mangkunegaran Melalui Musik Jazz

Abu Ubaidillah
detikTravel
putra dan putri Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegoro IX
Foto: Mola TV
Jakarta -

Melestarikan budaya nasional merupakan kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia agar di masa depan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang tetap lestari dan punah, termasuk para generasi muda.

Namun yang menjadi tantangan saat ini adalah upaya pelestarian budaya berbenturan dengan kebiasaan modern saat ini. Kendati demikian, putra dan putri Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegoro IX memiliki cara tersendiri untuk menyampaikan budaya kepada generasi muda melalui kombinasi dengan budaya modern.

GRAj. Ancillasura Marina Sudjiwo yang akrab disapa Sura dan GPH. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang akrab disapa Bhre menginisiasi penyampaian budaya Mangkunegaran melalui festival musik jazz.

"Kita mikir cara terbaik, kita bisa ngumpulin orang seenggaknya untuk melihat dan kumpul di Mangkunegaran dengan kita mengadakan event," ujar Bhre.

Kegiatan yang bertajuk Mangkunegaran Jazz Festival berlangsung pada 29-30 Maret 2019 ini mengadakan berbagai acara salah satunya adalah festival untuk memperkenalkan kain dari berbagai penjuru di Indonesia.

Puncaknya, pada malam hari, konser musik Jazz yang dimeriahkan berbagai musisi jazz lokal dan internasional berlangsung sangat meriah. Termasuk Eva Celia dan Lianne La Havas yang membawakan beberapa single populernya.

Meski awalnya diragukan oleh sang ibunda, namun kegiatan Mangkunegaran Jazz Festival ini berjalan dengan baik serta dapat mengumpulkan banyak penonton terutama dari kalangan anak muda.

Sang ayahanda, KGPAA Mangkunegara IX berharap kegiatan ini bisa terus berjalan agar kebudayaan Indonesia tetap bisa dilestarikan. "Saya mengajak generasi muda-muda ini untuk mengenal lebih dalam soal Mangkunegaran," ujar KGPAA Mangkunegara IX.

Keseruan Bhre dan Sura ketika menginisiasi program ini mulai dari perencanaan hingga hari pelaksanaan dapat Anda tonton melalui program Tradisi & Kini: Putro Putri Dalem Mengabdi di Mola TV. Dalam program tersebut Bhre dan Sura juga mengisahkan sedikit sejarah Mangkunegaran yang mungkin belum banyak diketahui kaum muda.

Program tersebut dapat ditonton melalui paket langganan Corona Care Mola TV dengan memberi sumbangan mulai dari Rp 0 hingga Rp 50.000 di Mola TV. Nantinya, hasil sumbangan tersebut akan disalurkan oleh Mola TV ke BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan tenaga medis melawan wabah virus Corona.



Simak Video "Haaland 2 Gol, Dortmund Bekuk Freiburg 4-0 "
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA