Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Apr 2020 18:13 WIB

TRAVEL NEWS

#HariBumi Gaduh di Twitter, Google Tandai dengan Google Doodle

Femi Diah
detikTravel
google doodle hari bumi
Foto: Google
Jakarta -

Hari ini, 22 April, diperingati sebagai Hari Bumi. Tagar #HariBumi menjadi trending topic di Twitter, Google menandainya lewat Google Doodle.

Hari Bumi memasuki edisi spesial tahun ini dengan peringatan ke-50. Ya, Hari Bumi diperingati pertama kali pada 1970 setelah muncul kesadaran efek pencemaran lingkungan di tahun-tahun sebelumnya. Di antaranya, polusi udara dan pembuangan limbah dari pabrik.

Senator Gaylord Nelson, seorang senator junior dari Winsconsin, yang terpilih di Senat Amerika Serikat (AS) tahun 1962, mendobrak kenyamanan pemerintah dengan menggaungkan bumi sedang tak baik-baik saja. Nelson menyampaikan gagasan Hari Bumi dalam sebuah konferensi pers di Seattle pada musim gugur 1969.

Pidatonya menjadi embrio bahan kuliah di kampus-kampus dan memancing mahasiswa turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York. Tidak kurang dari 1.500 perguruan tinggi dan 10.000 sekolah berpartisipasi dalam unjuk rasa di New York, Washington, dan San Francisco. Majalah TIME memperkirakan bahwa sekitar 20 juta orang turun ke jalan pada 22 April 1970.

Nelson menyebut fenomena ini sebagai ledakan akar rumput yang sangat mencengangkan dengan masyarakat umum sungguh peduli. Hari Bumi pun menjadi kesempatan pertama sehingga mereka benar-benar dapat berpartisipasi dalam suatu demonstrasi yang meluas secara nasional.

Pemerintah merespons positif kampanye itu. Mulailah diatur undang-undang lingkungan, di antaranya UU Udara Bersih, UU Peningkatan Kualitas Air, UU Spesies Terancam Punah, UU Pengawasan Zat Beracun dan Pertambangan, serta UU Reklamasi.

Selain itu, pada Desember 1970 dibentuk Badan Perlindungan Lingkungan, yang bertugas melindungi kesehatan manusia dan menjaga lingkungan alam, termasuk udara, air dan tanah.

Hari ini #HariBumi menjadi salah satu topik yang paling diperbincangkan di Indonesia. Muncul juga tagar #EarthDay.

Sementara itu, Google membuat Google Doodle dengan tema Hari Bumi. Google berkolaborasi dengan The Honeybee Conservancy dalam menyajikan Google Doodle di Hari Bumi itu.

Pengguna internet dapat memandu lebah Google Doodle untuk menyerbuki bunga sambil mempelajari kekayaan hayati bumi dan peran lebah untuk memeliharanya.



Simak Video "Peringati Hari Bumi, Warga Gelar Teatrikal Bak Pemilu"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA