Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Apr 2020 11:09 WIB

TRAVEL NEWS

Penumpang di Bandara Juanda Turun Drastis, Penerbangan Pindah ke Terminal 1

Amir Baihaqi
detikTravel
Bandara Juanda
Penerbangan di Bandara Juanda dikumpulkan di Terminal 1. (Amir Baihaqi/detikTravel)
Jakarta -

Bandara Internasional Juanda resmi memindahkan operasional penerbangan domestik dari Terminal 2 ke Terminal 1 kemarin. Pemindahan tersebut dilakukan untuk pencegahan penyebaran virus Corona dan mengoptimalkan alat produksi.

"Iya mulai per hari ini penerbangan domestik ini sudah pindah dari T2 ke T1," kata General Manajer Bandara Internasional Juanda Kolonel (P), Heru Prasetyo, kepada detikcom, Kamis (23/4/2020).

"Tapi tadi saya kurang tahu persis berapa jumlah penerbangan domestik yang ada di T1 hari ini. Harus buka dulu laporan lagi. Tapi, yang pasti hari ini tadi lancar-lancar saja," tambahnya.

Heru menambahkan pemindahan penerbangan domestik ke T1 Bandara Juanda karena saat ini jumlah penerbangan internasional di T2 sudah ditiadakan. Tak hanya itu, penerbangan domestik juga mengalami penurunan drastis.

"Penerbangan internasional memang sudah tidak ada. Jadi domestik yang masih ada di T2 dipindah ke T1. Itupun jumlah domestik sangat minim. Tadi pagi saja penerbangan domestik Garuda penumpangnya hanya sekitar 15 orang saja," kata dia.

"Ya masih ada penerbangan internasional atau extra flight atau penerbangan permintaan seperti yang kemarin-kemarin itu pemulangan tenaga kerja migran dari luar," dia menambahkan.

Sebelumnya, Bandara Internasional Juanda akan memindahkan sementara seluruh operasional penerbangan domestik dari Terminal 2 (T2) ke Terminal 1 (T1). Pemindahan akan dilaksanakan mulai Rabu (22/4/2020) sebagai satu upaya mencegah penyebaran virus Corona.

"Pemindahan sementara ini tidak hanya sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 namun juga sebagai bentuk mengoptimalkan kinerja alat produksi," kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Kolonel Laut (P), Heru Prasetyo, dalam keterangan resminya, Senin (20/4/2020).

"Maka dari itu perlu dilakukan hal-hal yang merupakan bagian dari optimalisasi pengendalian pengawasan arus pesawat dan penumpang guna meminimalisir penyebaran COVID-19 serta sebagai upaya efisiensi operasional bandara," dia menambahkan.



Simak Video "Penumpang dari Singapura-Malaysia Diperiksa Thermo Gun di Juanda"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA