Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Apr 2020 06:21 WIB

TRAVEL NEWS

Cara Refund Tiket Pesawat di Traveloka Lengkap dan Mudah

Puti Yasmin
detikTravel
Traveloka
Cara Refund Tiket Pesawat di Traveloka/Foto: Fadhly F Rachman
Jakarta -

Pemerintah memutuskan untuk menghentikan layanan transportasi udara pesawat komersil. Akibatnya masyarakat yang telah memesan tiket pesawat, termasuk di aplikasi Traveloka harus membatalkan atau refund tiket pesawat mereka.

Aturan tersebut berlaku pada penerbangan dalam negeri maupun luar negeri mulai tanggal 24 April 2020 hingga 1 Juni 2020. Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan aturan larangan mudik guna mencegah penyebaran virus COVID-19.

Aturan itu tertuang dalam Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Tata cara refund tiket pesawat Traveloka:

1. Buka E-Tiket

Refund Tiket Pesawat di TravelokaRefund Tiket Pesawat di Traveloka Foto: Traveloka

Pembatalan tiket di Traveloka berlaku pada semua perusahaan pesawat, yakni Citilink, Sriwijaya, Garuda, dan lainnya. Pastikan juga kamu memiliki akun dan telah memesan sebelumnya di Traveloka ya.

Pertama-tama pengguna harus membuka e-Tiket yang telah terbit di menu pemesanan. Kemudian, klik 'Refund' di bagian bawah e-tiket. Kemudian pilih 'Ajukan Refund'.

2. Pilih Penerbangan

Refund Tiket Pesawat di TravelokaRefund Tiket Pesawat di Traveloka Foto: Traveloka

Selanjutnya pilih penerbangan yang ingin kamu refund, klik, dan pilih nama penumpang. Sertakan juga alasan mengapa kamu ingin refund tiket pesawat di Traveloka.

3. Isi Data dan Kirim

Refund Tiket Pesawat di TravelokaRefund Tiket Pesawat di Traveloka Foto: Traveloka


Kemudian, isi data transfer dan dokumen refund yang diminta pihak Traveloka. Jika kamu rasa data yang diisi telah lengkap dan benar, kirim pengajuan refund tersebut dengan klik 'Ajukan Refund'.

4. Cek Status

Refund Tiket Pesawat di TravelokaRefund Tiket Pesawat di Traveloka Foto: Traveloka

Tahap terakhir dari cara refund tiket pesawat di Traveloka dengan cek status. Klik menu 'Refund Saya' di Akun atau dengan membuat e-tiket.

Layar akan menunjukkan status refund milikmu apakah telah ditransfer atau belum. Adapun yang mesti diingat, refund tiket pesawat Traveloka membutuhkan waktu, yakni kurang dari 90 hari kerja.

Selamat mencoba cara refund tiket pesawat di Traveloka!



Simak Video "Refund Tiket Tak Kunjung Cair, Begini Penjelasan Traveloka!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA