Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Mei 2020 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Pakistan Tampung Pengangguran Corona untuk Tanam Semiliar Pohon

Femi Diah
detikTravel
Pakistan
Foto: (Twitter Ten Billion Tree tsunami)
Islamabad -

Munculnya pengangguran saat lockdown karena pandemi virus Corona membuat pemerintah Pakistan membuat terobosan. Mereka yang kehilangan pekerjaan dipekerjakan untuk menanam pohon.

Pakistan menerapkan lockdown sejak 1 April dengan awalnya bakal diakhiri 9 Mei. tapi, kasus virus Corona di negara itu malah melonjak makanya pemerintah memperpanjang penguncian wilayah selama dua pekan.

Situasi itu memicu kenaikan jumlah pengangguran seperti di negara-negara lain. Tapi, pemerintah Pakistan segera mengambil inisiatif untuk membuka lapangan kerja. Setidaknya, lapangan kerja baru itu bisa menampung 63 ribu orang.

Apa itu?


Pemerintah Pakistan mengerahkan pengangguran untuk bergabung dalam program Inisiatif Sepuluh Miliar Pohon Tsunami. Sejatinya, program itu dimulai 2018 dan direncanakan bergulir selama lima tahun. Sejauh ini, baru 30 juta pohon yang berhasil ditanam.



Program tersebut dibuat Pakistan untuk melawan perubahan iklim dan konsekuensinya. Kini, program tersebut malah bisa menjadi penyelamat sementara warga yang kehilangan pekerjaan.

Selama menanam pohon, warga diwajibkan menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari COVID-19. Di antaranya, memakai masker.

Mayoritas warga bekerja di sekitar ibukota Pakistan, Islamabad, dan di wilayah sekitar Punjab. Mereka tak cuma menanam pohon, namun juga ada bagian yang memberikan perawatan.

Pekerjaan inisiatif Sepuluh Miliar Pohon Tsunami itu digaungkan Pakistan melalui Twitter dengan tagar #Plant4Pakistan.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA